Depan Artikel Kesehatan Penyakit yang Mudah Menyerang Wanita, Kenali dan Waspadai Kedatangannya!

Penyakit yang Mudah Menyerang Wanita, Kenali dan Waspadai Kedatangannya!

7 min read
0
341
Penyakit yang Mudah Menyerang Wanita, Kenali dan Waspadai Kedatangannya!

Penyakit memang bisa menyerang siapa saja tanpa pandang bulu. Tua, muda, pria, wanita, semuanya bisa terserang berbagai macam penyakit. Akan tetapi tak perlu dipungkiri bahwa memang ada beberapa penyakit tertentu yang hanya menyerang wanita. Organ reproduksi wanita yang jauh lebih kompleks dibandingkan pria menjadi salah satu alasan dan faktor penyebabnya.

Bagi Anda para wanita, mengenali penyebabnya dan mengetahui ciri – ciri penyakit tersebut mengintai adalah hal yang perlu Anda lakukan. Selain itu lakukan tindakan pencegahan agar penyakit yang mudah menyerang wanita tersebut tidak mengintai Anda. Lantas apa saja penyakit yang mudah menyerang wanita dan harus Anda waspadai kedatangannya? Berikut informasi selengkapnya yang Anda harus simak!

Penyakit yang Mudah Menyerang Wanita

Kanker payudara

Penyakit kanker payudara memang penyakit reproduksi yang sangat identik dengan wanita. Walau beberapa pria juga mengalaminya. Akan tetapi tak dapat dipungkiri bahwa wanita lebih rentan terserang penyakit kanker payudara karena faktor hormon estrogen dan juga faktor hormon progesteron yang ada didalam tubuhnya. Jika Anda sering mengalami keluhan di bagian organ payudara, Anda bisa segera konsultasikan untuk mencegah terjadinya penyakit kanker payudara yang ganas dan mematikan.

Baca juga : Kenali Masalah Umum dan Hal Penting Tentang Kanker Payudara

Kanker serviks

Penyakit yang satu ini merupakan sebuah penyakit ganas yang menyerang wanita dan juga menjadi salah satu pembunuh wanita nomor 1. Gejala yang diberikan ketika seseorang menderita penyakit kanker serviks yang bisa diidentifikasi seperti kulit yang pucat, tubuh yang mengalami penurunan berat badan secara drastis tanpa sebab sehingga terkesan sangat kurus, mengalami keputihan disertai darah secara terus menerus, nyeri dan sesak di organ perut bagian bawah, bengkak yang terjadi pada tungkai kaki, mengalami pendarahan ketika berhubungan intim bersama pasangan dan beberapa gejala yang lainnya. Jika Anda mengalami beberapa gejala dari sekian banyak gejala tersebut sangat dianjurkan agar Anda segera periksakan kondisi kesehatan Anda ke dokter.

Baca juga : Gejala Kanker Serviks dan Ciri-Cirinya

Kanker ovarium

Penyakit kanker ovarium juga dikenal dengan istilah lain yaitu penyakit indung telur. Penyakit ini merupakan salah satu jenis penyakit mematikan yang dapat menyerang wanita dan menjadi penyebab kematian tertinggi wanita. Kanker ini juga menyerang ovarium atau organ reproduksi wanita. Kanker ini sulit dideteksi dan biasanya baru disadari setelah masuk di stadium lanjut.

Jika seseorang mengalami masalah kanker ovarium atau kanker indung telur, ia akan mengalami beberapa gejala seperti nyeri di area perut, perut yang terkesan membesar, kehilangan nafsu makan dan sering merasa kenyang, perut yang mengalami kembung, pendarahan di area vagina, penurunan berat badan, sering mual dan muntah, mengalami lelah dan pusing serta masih banyak gejala lain yang akan dialami. Penyebabnya juga bisa karena berbagai faktor penyebab salah satunya karena terlalu sering terpapar virus, dan penggunaan pil KB yang tidak tepat.

Kista dan miom pada wanita

Kista yaitu suatu kondisi tumor jinak yang ada pada suatu organ reproduksi wanita dan banyak wanita yang mengalaminya. Penyakit ini juga termasuk tumor jinak yang terbungkus oleh selaput jaringan. Kista bisa diangkat dengan tata cara pembedahan dan penyakit ini tidak membahayakan penderitanya. Sementara miom merupakan bungkus otot rahim yang kemudian berubah menjadi kondisi tumor jinak yang tumbuh didalam rahim. Jika miom kemudian menyerang wanita yang sedang hamil, maka miom tersebut tidak dianjurkan diangkat sampai proses melahirkan karena hal ini dapat mengakibatkan potensi keguguran.

Sindrom kelelahan kronis pada wanita

Rasa lelah sebenarnya merupakan hal yang wajar dialami seseorang. Apalagi ketika Anda merasa memiliki banyak aktivitas fisik. Akan tetapi nyatanya tak semua orang lelah karena aktivitas fisik yang dilakukan. Beberapa orang tanpa melakukan aktivitas fisik juga mengalami lelah namun jika hal ini terjadi maka Anda harus waspada. Ya, lelah yang tiba – tiba saja muncul tanpa adanya suatu aktivitas fisik memang menjadi suatu kondisi yang sangat penting diwaspadai. Faktor lain yang kemudian menjadi penyebab sindrom ini yaitu masalah ketidakseimbangan hormon, faktor psikologis, infeksi, masalah kekebalan tubuh dan juga kelainan yang terjadi pada saraf.

Baca juga : Inilah 12 Penyakit Dengan Masa Tunggu 12 Bulan

Itulah berbagai penyakit yang mudah menyerang wanita. Anda harus waspadai kedatangannya. Upayakan segera Anda lakukan tindakan pencegahan dan penanganan jika mengalami beberapa gejala yang mengindikasikan ada suatu penyakit serius didalam tubuh Anda.

Artikel Selanjutnya
Load More By Lucy Anike Putri
Load More In Artikel Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tips Agar Hubungan Cіnta Awet Sampaі Ke Pernіkahan

Ketika dua sejoli memiliki perselingkuhan, tentu saja mereka berharap bisa bertahan hingga…