Depan Artikel Kesehatan Gejala, Penyebab dan Mencegah Penyakit Stroke

Gejala, Penyebab dan Mencegah Penyakit Stroke

5 min read
0
566
penyakit stroke

Saat ini banyak sekali seseorang yang menderita penyakit stroke. Rupanya penyakit stroke sendiri terjadi akibat adanya penyumbatan, penyempitan, serta pecahnya pembuluh darah pada bagian otak. Dengan begitu pasokan darah dan oksigen yang menuju ke otak menjadi berkurang, sehingga memicu kerusakan atau matinya sel saraf pada otak.

Stroke merupakan penyakit yang sangat berbahaya karena mampu menimbulkan kelumpuhan bagian tubuh sampai kematian mendadak. Namun jika penderita dapat diselamatkan biasanya akan mengalami gangguan kelumpuhan di sebelah anggota badannya, bahkan hingga kehilangan ingatan dan kemampuan untuk berbicara. Penting bagi kita untuk mengenali gejala, penyebab dan cara mencegah penyakit stroke.

Kenali Gejala, Penyebab dan Cara Pencegahan Penyakit Stroke

penyakit stroke
Gejala penyakit stroke

Gejala Serangan Stroke

  • Rasa bebal atau mati mendadak di bagian muka, tangan, dan kaki
  • Satu mata atau kedua mata mendadak kabur
  • Rasa bingung yang mendadak, sulit bicara dan tidak mengerti
  • Sukar berjalan, terhuyung dan kehilangan keseimbangan
  • Merasa pusing dan sakit kepala tanpa diketahui sebab utamanya
  • Sering pingsan mendadak atau kehilangan kesadaran
  • Rasa mual, panas, dan sering muntah-muntah

Penyebab Penyakit Stroke

  • Faktor Medis

Faktor medis menimbulkan stroke seperti hipertensi, kolesterol, arteriosklerosis (pengerasan pembuluh darah), gangguan jantung, diabetes, riwayat stroke dalam keluarga (faktor keturnan) dan migren (sakit kepelah sebelah).

  • Faktor Perilaku

Faktor resiko perilaku rupanya dipicu oleh gaya hidup dan pola makan yang tidak sehat . Beberapa kebiasaan  buruk seperti merokok, mengkonsumsi minuman bersoda dan beralkohol gemar mengkonsumsi makanan cepat saji sangat tidak baik bagi seseorang. Selain itu, perilaku lainnya adalah kurangnya aktifitas gerak / olah raga dan obesitas.

Cara Mencegah Penyakit Stroke

1. Hentikan Kebiasaan Merokok

Kebiasaan merokok dapat menyebabkan atherosclerosis atau pengerasan dinding pembuluh darah dan membuat darah anda menjadi mudah menggumpal. Maka dari itu, demi menghindari penyakit stroke hindari dan hentikan kebiasaan merokok sejak dini.

2. Periksakan Tensi Darah Secara Rutin

Taukah anda tekanan darah yang tinggi bisa membuat pembuluh darah anda mengalami tekanan yang ekstra. Meskipun  tidak menunjukkan gejala penyakit stroke, namun sebaiknya anda melakukan cek  tensi darah secara teratur.

3. Kendalikan Penyakit Jantung

Jika anda pernah menderita gejala atau gangguan jantung seperti detak yang tidak teratur atau kadar kolesterol tinggi, maka berhati-hatilah karena mampu meningkatkan risiko terjadinya stroke. Paling tidak anda minta saran dokter untuk langkah terbaik agar terhindar dari stroke.

4. Kelola Stres dan Depresi

Rupanya stres dan depresi dapat menggangu bahkan menimbulkan korban fisik. Apabila tidak teratasi dengan baik, maka dua hal ini pun dapat menimbulkan masalah  jangka panjang. Biasakan untuk memiliki kegiatan yang sesuai dengan hobi.

5. Makan dengan Sehat

Penting bagi anda untuk disiplin dalam hal makan, paling tidak  lima porsi buah dan sayuran setiap hari. Hindari makan daging merah terlalu banyak lantaran lemak jenuhnya bisa membuat pembuluh darah mengeras. Sebaiknya Konsumsi makanan berserat agar mampu mengendalikan lemak.

#1YgTerpenting, pastikan anda memiliki perlindungan financial dari 49 penyakit kritis dari Allianz Syariah. Karena setiap orang mempunyai resiko terkena sakit kritis.

Untuk permohonan illustrasi Asuransi klik disini

Artikel Selanjutnya
Load More By Masroni
Load More In Artikel Kesehatan

Tidak Ada Komentar

  1. […] : Gejala, Penyebab dan Mencegah Penyakit Stroke […]

    Balas

  2. […] Baca juga : Gejala, Penyebab dan Mencegah Penyakit Stroke […]

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Inilah Cara Mudah Mengatasi Hidung Tersumbat yang Menganggu

Sebenarnya, ada Cara Mengatasi Hidung Tersumbat yang tersedia dan bisa anda praktekkan sec…