Depan Artikel Kesehatan Hilang Ingatan, Penyebab Utama Dan Mengatasinya

Hilang Ingatan, Penyebab Utama Dan Mengatasinya

12 min read
0
52
Mengetahui Penyebab Utama Hilang Ingatan dan Cara Mengatasinya

Selama ini hilang ingatan selalu identik dengan terjadinya benturan yang mengakibatkan gagar otak. Akan tetapi sebenarnya kondisi hilang ingatan yang dialami oleh seseorang tidak melulu terjadi karena benturan atau kecelakaan. Ada berbagai penyebab lain yang berpotensi mengakibatkan seseorang mengalami hilang ingatan. Lantas apa saja penyebab hilang ingatan selain benturan atau kecelakaan?

Nah, pada part kali ini kita akan membahas informasi selengkapnya tentang penyebab utama hilang ingatan selain benturan atau kecelakaan. Sekaligus akan kita bahas bagaimana cara mengatasi ketika hilang ingatan dialami oleh seseorang. So, check these out!

Mengetahui Penyebab Utama Hilang Ingatan dan Cara Mengatasinya

Obat – obatan tertentu

Obat memang berfungsi untuk mengobati suatu penyakit. Akan tetapi juga ada beberapa jenis obat yang diresepkan dan ternyata dapat menyebabkan hilangnya ingatan jika dikonsumsi dalam jangka waktu yang panjang dan tidak sesuai dengan dosis yang sudah dianjurkan. Beberapa jenis obat yang memiliki sifat demikian diantaranya seperti obat antidepresan, relaksan otot, obat antihistamin, obat tidur, obat penenang dan juga obat untuk membantu meredakan nyeri.

Aktivitas merokok, alkohol dan narkoba

Tak hanya berpotensi buruk pada kesehatan jantung, pada hakikatnya aktivitas merokok juga sangat berbahaya pada ingatan karena aktivitas tersebut dapat mengurangi kadar oksigen yang dialirkan sampai ke otak. Dalam sebuah studi juga ditunjukkan fakta bahwa orang yang merokok merasa dirinya jauh lebih sulit untuk mengenali nama seseorang dibandingkan dengan mereka yang tidak merokok. Hal ini karena terjadinya gangguan untuk mengingat yang dialami oleh seseorang yang bersangkutan. Sementara narkoba dan juga minuman yang mengandung alkohol juga dapat berpotensi merusak daya ingat seseorang karena terdapatnya kandungan zat kimia didalamnya yang akan sangat berpengaruh pada fungsi otak dalam jangka waktu yang panjang.

Kondisi kurang tidur

Baik secara kualitas atau kuantitas, tidur memang penting salah satunya selain untuk mengembalikan stamina juga sangat penting bagi daya ingat seseorang. Orang yang seringkali terbangun di malam hari atau dalam artian memiliki kondisi kurang tidur dapat menyebabkan kelelahan yang tentu hal ini akan sangat mengganggu kemampuan otak seseorang dalam mengingat serta memproses sebuah informasi.

Sleep apnea yang dialami seseorang

Sleep apnea tanpa disadari menjadi salah satu penyebab utama hilang ingatan yang dialami seseorang. Penyakit sleep apnea ini tanpa disadari merupakan suatu penyakit kelainan tidur berupa keadaan seseorang yang berhenti bernafas sejenak ketika terlelap. Nyatanya usut punya usut, sleep apnea terkait dengan kondisi kepikunan atau hilang ingatan.

 

Hal yang semacam ini dapat terjadi utamanya ketika gangguan tidur dibiarkan tanpa adanya langkah pengobatan yang dilakukan. Kondisinya juga akan semakin parah sehingga menimbulkan potensi yang berpengaruh pada memori navigasi spasial pada seseorang. Orang yang sering mengalami sleep apnea kebanyakan memiliki kepikunan spasial dalam mengingat arah atau meletakkan barang.

Kondisi stres atau depresi yang dialami

Depresi atau stres yang dialami oleh seseorang termasuk kesulitan dalam fokus dan berkonsentrasi dimana hal ini dapat berpengaruh pada daya ingat seseorang. Ketika Anda merasa tegang karena faktor stres atau efek dari trauma secara emosional hal ini juga dapat menjadi penyebab utama hilang ingatan Anda alami. Hal tersebut kemudian menjadikan otak Anda terlalu banyak berpikir keras. Inilah yang secara tidak langsung dapat membuat kemampuan Anda dalam mengingat seseorang juga pada akhirnya mengalami suatu gangguan.

Orang yang mengalami stroke

Tak hanya cacat secara fisik saja akan tetapi orang yang mengalami stroke juga berpotensi mengalami suatu gangguan mental. Karena itu jangan Anda heran jika ada beberapa pasien stroke yang kemudian mengalami kondisi hilang ingatan. Secara umum hilang ingatan sendiri dapat bersifat jangka pendek akan tetapi meski begitu tidak menutup hal tersebut menjadikan dorongan kemungkinan jika stroke juga dapat menyebabkan seseorang menjadi hilang ingatan dalam jangka waktu yang panjang. Hal ini terjadi ketika pembuluh darah pasien yang mengalami stroke mengalami potensi kerusakan sehingga menjadi penyebab aliran darah yang terhenti ke otak.

Baca juga tentang : Gejala, Penyebab dan Mencegah Penyakit Stroke

Demensia

Demensia atau kondisi seseorang yang mengalami kepikunan terjadi sebagai suatu kondisi kehilangan daya ingat secara progresif dan cukup parah sehingga kemudian mengganggu kemampuan dalam berpikir dan mengingat. Walau ada banyak penyebab demensia akan tetapi hal yang paling umum adalah akibat penyakit alzheimer. Penyakit ini sebenarnya merupakan suatu penyakit otak secara degeneratif yang kemudian terjadi pada orang yang sudah lanjut usia.

Kondisi kekurangan nutrisi

Percaya atau tidak ternyata kondisi hilang ingatan yang dialami oleh seseorang juga dapat disebabkan karena adanya faktor kekurangan nutrisi. Kekurangan vitamin B1 dan juga B12 secara khusus ternyata dapat berpengaruh pada daya ingat seseorang. Hal ini juga disebabkan pemenuhan asupan nutrisi yang baik seperti halnya lemak dan protein berkualitas tinggi yang sangat penting untuk membantu fungsi otak secara tepat.

Jika diantara Anda ada yang mengalami kondisi hilang ingatan, harusnya segera bawa ke dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan dan pengobatan pertama secara medis. Selain itu Anda juga harus mengatasinya secara mandiri dengan langkah – langkah sebagai berikut :

Melakukan terapi kognitif

Terapi kognitif untuk menyembuhkan dan mengatasi penyebab utama hilang ingatan akan sangat membantu penderita hilang ingatan ringan untuk mengembalikan kemampuan mengingatnya. Pasien akan diajarkan tentang cara berbahasa dengan baik dalam mengembalikan daya ingatnya seperti semula.

Menjalankan terapi psikologi

Kondisi stress atau depresi biasanya menyebabkan beberapa orang mengalami gangguan ingatan. Hal ini jika memang terjadi dan dapat diatasi dengan melakukan suatu langkah terapi psikologi juga dengan mengonsumsi obat antidepresi serta obat gangguan daya ingat. Dengan demikian ingatan akan kembali normal jika prosedurnya benar dan dilakukan secara rutin. Namun biasanya ini juga dilakukan pada orang yang menderita amnesia ringan karena pada penderita amnesia berat kesempatan berhasilnya hanya 35% saja.

Mengonsumsi buah apel

Orang yang mengalami gangguan dengan ingatan bisa memanfaatkan buah apel sebagai buah terbaik untuk mengatasi gangguan hilang ingatannya. Kandungan nutrisi yang dapat Anda temukan didalam buah apel sangat terbukti dapat membantu mencegah berbagai penyakit. Didalamnya juga kaya kandungan nutrisi seperti kalsium, fosfor, vitamin dan mineral yang dapat memperbaiki kerusakan pada jaringan otak.

Baca juga tentang manfaat buah apel : Sayangi Jantungmu dengan 10 Ragam Makanan Sehat untuk Jantung

Mengonsumsi obat penurun tekanan darah

Sebagian orang yang mengalami gangguan dengan ingatan juga mengalaminya karena kerusakan jaringan yang penyebab utama hilang ingatan ini adalah penyakit tertentu yang dialami. Salah satunya seperti Alzheimer atau penyakit lain. Biasanya dokter akan memberikan obat yang memiliki manfaat untuk mengembalikan daya ingat salah satunya adalah obat penurun tekanan darah yang dapat mengontrol dan meminimalisir potensi kerusakan di jaringan otak.

Metode pengobatan dengan hipnotis

Pengobatan dengan hipnotis biasanya akan dilakukan secara medis oleh seorang psikiater. Pengobatan yang satu ini dapat membantu seseorang untuk cenderung merasa aman. Jadi jika ingatannya hilang dengan spontan dan kebutuhan ingatan tersebut sangat mendesak maka hipnotis menjadi salah satu cara untuk mengembalikannya. Dengan metode hipnotis dan wawancara yang dibantu dengan obat infus amobarbital dokter akan mencoba untuk mengembalikan kembali ingatan masa lalu dari penderita.

Itulah apa saja penyebab utama hilang ingatan dan bagaimana cara yang tepat mengatasinya untuk Anda tahu. Semoga informasi diatas menjadi informasi yang inspiratif dan bermanfaat.

Artikel Selanjutnya
Load More By Lucy Anike Putri
Load More In Artikel Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Kebiasaan buruk setelah berolahraga yang sering dilakukan

Anda pikir kebiasaan beristirahat, minum air dingin atau menghisap rokok setelah latihan t…