Depan Artikel Kesehatan Penyebab Kanker Kulit Mengintai, Waspadai Penyebabnya!

Penyebab Kanker Kulit Mengintai, Waspadai Penyebabnya!

7 min read
0
98
Penyebab Kanker Kulit Mengintai, Waspadai Penyebabnya!

Studi membuktikan bahwa sekitar 95% penyakit kanker kulit menyerang wanita. Penyakit ini merupakan suatu kondisi kelainan sel DNA pada kulit yang tidak normal dimana hal tersebut kemudian menyerang sel tubuh sehat secara ganas. Karena adanya suatu kelainan sel DNA tersebut selanjutnya menjadikan sel yang tumbuh berangsur – angsur menjadi tidak terkendali dan kemudian membentuk massa sel kanker.

Baca juga : Kanker Kulit : Waspada Gejala dan Tanda Yang Mematikan

Pada umumnya penyakit kanker kulit pada manusia terdiri atas 3 jenis yaitu karsinoma sel basal, karsinoma sel skuamosa dan juga kanker kulit melanoma. Kanker kulit ini bisa beresiko pada seseorang yang memiliki kulit terpapar zat beracun dan pada mereka yang memiliki kondisi sistem imun lemah. Selain itu ada beberapa penyebab lain mengapa penyakit kanker kulit mengintai. Apa sajakah penyebab tersebut?

Penyebab Kanker Kulit Mengintai yang Harus Diwaspadai

Terkena paparan sinar matahari secara langsung

Didalam sinar matahari terdapat kandungan UVA dan UVB dimana hal ini dapat merusak DNA didalam sel kulit tubuh manusia. Biasanya sinar matahari akan mulai berpengaruh pada DNA gen yang mengontrol pertumbuhan sel kulit manusia. Jika kemudian Anda terlalu lama dan terlalu sering terkena paparan sinar matahari maka Anda akan beresiko jauh lebih besar untuk terserang masalah kanker kulit.

Selanjutnya paparan sinar matahari cenderung berbahaya di hari dan jam – jam tertentu seperti diatas jam 10 sampai dengan jam 5 sore. Jika Anda rutin keluar rumah di jam tersebut tanpa menggunakan krim tabir surya maka hal ini juga akan berpotensi meningkatkan resiko Anda terserang penyakit kanker kulit.

Aktivitas menggelapkan kulit dengan alat UV

Proses tanning atau prosedur penggelapan kulit merupakan salah satu penyebab kanker  kulit yang sering sekali terjadi. Hal ini juga dipercaya karena alat – alat yang digunakan dalam proses tanning kulit memanfaatkan sinar lampu UV yang dapat membuat kulit Anda lebih menggelap. Seperti yang kita tahu selama ini bahwa paparan sinar UV juga secara langsung dan secara terus menerus dapat menjadi penyebab kulit Anda mengalami masalah yang berkaitan dengan penuaan dini.

Jika memang Anda tertarik untuk melakukan tanning, ada baiknya jika metode tersebut tidak dilakukan terlalu sering karena dampaknya akan buruk pada kulit Anda. Jikapun Anda telah melakukannya jangan lupa konsultasikan dengan dokter kulit untuk mengurangi resiko kanker kulit.

Infeksi yang disebabkan oleh paparan atau radiasi bahan – bahan kimia

Kulit yang mengalami luka seperti luka bakar, luka akibat borok atau luka yang baru terjadi kemudian luka tersebut terkena bahan kimia atau sinar UV, bisa hal ini menjadi penyebab kanker kulit dialami. Hal ini karena bahan – bahan kimia yang menyebabkan kulit terkena kanker masuk ke dalamnya. Beberapa bahan kimia yang berpotensi menjadi penyebab kanker tersebut diantaranya seperti zat arsen dan petrolium.

Aktivitas merokok

Merokok memang sangat merugikan kesehatan. Selain merokok dapat mengakibatkan seseorang beresiko terserang kanker paru – paru juga dapat menjadi penyebab kanker kulit. Berdasarkan informasi dari pakar Archieves of Dermatology, jika seorang perokok memiliki tingkat kekebalan tubuh yang lemah mereka akan rentan terserang sel kanker. Bahkan rokok elektrik juga dapat berpotensi menjadi penyebab sel kanker pada seseorang.

Walau rokok elektrik selama ini dianggap sebagai rokok bohongan atau bukan sebenarnya rokok yang menghasilkan asap melainkan menghasilkan uap akan tetapi nyatanya rokok ini juga beresiko menimbulkan kanker. Jadi walau Anda bukan merupakan seorang perokok, Anda masih bisa mendapatkan resiko terserang kanker jika juga merupakan salah satu orang yang termasuk ke dalam penghisap rokok elektrik. Hal ini karena kandungan nitrosamine yang dapat terbentuk ketika asam perut sedang bereaksi dengan nitrat dan juga nitrit didalam beberapa produk makanan yang dikonsumsi seperti halnya hot dog atau daging olahan yang lain.

Baca juga : Gejala Kanker Serviks dan Ciri-Cirinya

Jadi jika Anda merupakan perokok dan ingin berhenti merokok, tak perlu berhenti dengan beralih ke rokok elektrik karena efeknya sama saja. Lakukan saja secara spontan karena hal ini sangat efektif untuk Anda terapkan.

Itulah apa saja aspek yang menjadi penyebab kanker kulit mengintai. Waspadalah dengan penyebabnya dan hindari berbagai aspek penyebabnya agar Anda tidak mengalami masalah kanker kulit.

Artikel Selanjutnya
Load More By Lucy Anike Putri
Load More In Artikel Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Cara Mencegah Kanker Payudara

Upaya pencegahan kanker payudara sangatlah penting untuk diketahui, khususnya bagi perempu…