Depan Artikel Kesehatan 8 Penyebab sakit kepala di pagi hari dan cara mengatasinya

8 Penyebab sakit kepala di pagi hari dan cara mengatasinya

14 min read
0
173
8 Penyebab sakit kepala di pagi hari dan cara mengatasinya

Beberapa penyebab sakit kepala di pagi hari mungkin banyak yang tidak mengetahuinya, dan banyak yang ingin tahu juga bagaimana mengatasinya. Berikut ini kami berikan informasi tentang 8 Penyebab sakit kepala di pagi hari dan cara mengatasinya.

Sakit kepala pagi mungkin mengacu pada sesuatu yang serius. Jika ada kondisi yang terjadi memburuk, rasa sakit kepala yang menuakitkan, Anda haru segera mengobatinya.

Baca juga : Tanda Depresi, Ini 10 Hal Yang Sering Terjadi

Bangun dengan sakit kepala di pagi hari tidak hanya membuat Anda lelah tapi juga mempengaruhi banyak aktivitas lainnya di siang hari. Lantas apa yang biasanya Anda lakukan saat sakit kepala menyerang?

Ternyata, ada banyak penyebab yang bisa menyebabkan masalah ini. Berikut adalah 8 penyebab sakit kepala di pagi hari, dan apa yang harus Anda lakukan untuk menghindari kondisi ini.

8 Penyebab sakit kepala di pagi hari dan cara mengatasinya

  1. Tidak cukup tidur

Setiap orang membutuhkan 7 sampai 8 jam tidur sehari untuk bisa berfungsi normal esok harinya. Karena itu, saat Anda kurang tidur (tidur tidak cukup), tubuh akan menganggap bahwa itu salah.

“Bila Anda tidak cukup tidur, serangkaian hormon ‘respons stres akut’ di tubuh mulai bekerja, menghasilkan peningkatan ritme,” kata Salvatore Napoli, seorang Neurologist New England. penyakit jantung, tekanan darah tinggi dan stres. “Dan semua itu bisa menyebabkan sakit kepala.

Dr. Napoli menambahkan: “Pereda nyeri over-the-counter seperti ibuprofen atau naproxen dapat membantu Anda mengatasi kondisi ini di pagi hari.” Obat tersebut akan mengurangi rasa sakit dengan mengurangi rangsangan.”

Solusi: Jika Anda masih merasa lelah dan letih, Anda bisa tidur sedikit lebih lama atau tidur siang selama 20-30 menit untuk beristirahat, maka penting bagi tubuh untuk bekerja normal. Waktu tidur siang bukan tidur nyenyak karena bisa membuat Anda lelah, sakit kepala bertambah parah. Anda harus menjaga jadwal tidur yang stabil sehingga Anda tidak akan merasa sakit keesokan harinya.

  1. Tidur terlalu banyak

Jika Anda tidak cukup tidur dapat menyebabkan sakit kepala, dan jika Anda terlalu banyak tidur juga memiliki efek yang sama.

“Tidur lebih dari sembilan jam di malam hari juga dapat menyebabkan penurunan kadar hormon.” Tingkat serotonin yang rendah dapat mengurangi aliran darah ke otak dan menyebabkan sakit kepala, “jelas Dr. Napoli.

Sakit kepala cenderung menyerang pada akhir pekan, saat Anda bisa tidur lebih banyak – itu hanya salah satu alasan mengapa Anda merasa sangat tidak enak saat tidur lebih lama dari biasanya.

Solusi: Dr. Napoli mengatakan bahwa Ibuprofen atau naproxen dapat menenangkan ketidaknyamanan Anda, tapi cara terbaik untuk menghentikannya adalah bangun setelah tidur 7-8 jam. Banyak orang sering mengalami sakit kepala pada akhir pekan tanpa mengetahui alasannya, pada dasarnya karena mereka telah terlalu banyak tidur. Jadi membuat alarm untuk akhir pekan bisa membantu.

  1. Tubuh menghasilkan lebih sedikit hormon endokrin

Endorfin adalah hormon yang baik dan biasanya diproduksi oleh tubuh setiap hari di pagi hari. Bagi beberapa orang, tingkat endorfin yang terlalu rendah bertanggung jawab atas sakit kepala migrain.

Dr Mark Khorsandi, yang bekerja di Pusat Bantuan Migrain di Dallas dan Fort Worth, menjelaskan: “Tingkat endorfin yang rendah dapat mempengaruhi tingkat neurotransmiter lainnya (seperti serotonin) yang menyebabkan pembuluh darah berkontraksi. Penyempitan pembuluh darah mengurangi aliran darah ke otak, yang bisa menyebabkan sakit kepala. “Sayangnya, para ahli belum bisa menjelaskan mengapa beberapa orang memiliki kondisi ini, tapi tidak semuanya.”

Solusi: Dr. Mark Khorsandi merekomendasikan latihan pagi untuk mencegah sakit kepala karena berolahraga akan membantu merangsang pelepasan endorfin lebih banyak.

  1. Minum alkohol sebelum tidur

Minum alkohol terlalu banyak bisa menyebabkan sakit kepala keesokan harinya.  Beberapa minuman beralkohol seperti alkohol dapat menyebabkan dehidrasi, mengurangi aliran darah ke otak Anda, menyebabkan kerusakan otak, menurut Dr. Khorsandi. Dan itu bisa juga menjadi pencetus penyebab sakit kepala. Alkohol juga bisa membuat Anda tidak bisa tidur nyenyak.

Solusi: “Cara terbaik untuk mulai merasa lebih baik adalah dengan meminum banyak air atau elektrolit) untuk mengurangi efek alkohol. Ini membantu hati untuk memproses alkohol dengan lebih efektif, mendorongnya keluar dari tubuh lebih cepat dan secara signifikan mengurangi sakit kepala, “kata Dr. Khorsandi.

  1. Mendengkur

“Mendengkur seperti bengkel” adalah salah satu gejala sleep apnea – suatu kondisi yang bisa membuat Anda tercekik, terengah-engah, kekurangan udara, bahkan berhenti bernafas sepanjang. Sepanjang malam sambil tidur. Gangguan ini hanya berlangsung selama beberapa detik, tapi bisa menyebabkan kekurangan oksigen masuk ke otak.

Para ahli tidak sepenuhnya yakin mengapa hal ini bisa menjadi penyebab sakit kepala, namun beberapa ahli berpendapat bahwa oksigen yang memasok otak dapat menyebabkan vasodilatasi di otak, meningkatkan aliran darah. Dan tekanan di kepala Anda bisa menyebabkan sakit kepala.

Solusi: Anda mungkin tidak menyadari bahwa Anda memiliki sleep apnea, terutama jika Anda tidur sendiri. Jadi, bicarakan dengan dokter Anda untuk pemeriksaan kesehatan penuh dan kontrol situasi yang lebih baik.

  1. Sering meminum kopi

Kafein adalah stimulan ringan yang merangsang sistem saraf Anda. Jadi, jika Anda sering minum kopi dan tidak “memperbaiki” pada waktu normal (seperti saat tidur atau mencoba menyingkirkan kafein), Anda bisa merasakan gejala sakit kepala saat bangun tidur.

“Kafein tiba-tiba menyebabkan pelebaran pembuluh darah di otak, mengakibatkan lebih banyak darah mengalir ke otak Anda dan tekanan yang lebih besar, yang menyebabkan sakit kepala,” kata Dr. Napoli.

Solusi: Anda lebih mungkin mengalami sakit kepala jika Anda peminum berat atau minum kopi pada waktu yang sama setiap pagi. Jika begitu, mengurangi secangkir kopi adalah cara terbaik untuk membuat Anda merasa lebih baik. Dan jika Anda mencoba menyingkirkan kebiasaan minum kopi, kurangi perlahan satu atau dua minggu, sebelum benar-benar berhenti minum kopi.

  1. Suasana hati tertekan

Penyebab sakit kepala yang berhubungan dengan depresi bisa terjadi kapan saja. Itu karena kesedihan terkait dengan kadar hormon serotonin yang lebih rendah. Serotonin adalah neurotransmiter utama yang ditemukan di saluran cerna dan sistem saraf pusat. Penipisan serotonin bisa menyebabkan perasaan bosan, menurunnya libido, berkurang perhatian atau mudah marah.

Dr. Napoli berkata: “Penyakit yang sangat umum di pagi hari karena siklus tidur yang tidak teratur adalah apa yang dialami orang-orang yang depresi. Jika Anda berpikir bahwa Anda berurusan dengan depresi, Anda harus segera menemui dokter. ”

Gejalanya bisa mengganggu jam tidur normal Anda, dan terlalu banyak atau terlalu sedikit tidur bisa menyebabkan sakit kepala. Rasa sakit juga bisa mempengaruhi mood Anda, menciptakan sirkulasi yang buruk.

Solusi: Penghilang rasa sakit over-the-counter dapat membantu Anda dalam waktu singkat. Tapi cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan menemukan dan memperbaiki akar permasalahan. Jika Anda merasa depresi, bicarakan dengan dokter Anda. Antidepresan atau pengobatan dapat membantu Anda kembali normal dan mengatasi masalah yang menyebabkan sakit kepala.

  1. Tekanan darah tinggi

Menurut Dr. Khorsandi, bila Anda memiliki tekanan darah tinggi – yang didefinisikan sebagai 140 / 90mmHg atau lebih tinggi – darah Anda benar-benar memberi tekanan pada kepala Anda. Dan tekanan itu adalah penyebab umum sakit kepala.

Banyak orang dengan tekanan darah tinggi tidak mengetahuinya, karena kondisi ini tidak memiliki banyak gejala eksternal. (Selain sakit kepala, Anda mungkin memiliki masalah lain.) Jadi, pergilah ke dokter jika sakit kepala Anda sering dan tidak bisa dijelaskan. Dalam kasus tekanan darah tinggi, dokter Anda akan merekomendasikan perubahan gaya hidup seperti diet dan olahraga, atau obat tekanan darah yang sesuai.

Kesimpulan dari penyebab sakit kepala di pagi hari

“Seringkali, sakit kepala pagi mudah diatasi, namun dalam kasus yang jarang terjadi, mereka dapat menunjukkan masalah mendasar yang sangat serius, seperti tumor otak atau aneurisma. Jadi, bicarakan dengan dokter Anda jika Anda sering sakit kepala (baik di pagi hari atau siang hari) – lebih dari dua kali seminggu selama tiga sampai enam bulan. Dokter Anda akan memberi Anda rejimen pengobatan yang paling sesuai. ”

Dr. Khorsandi juga menyarankan untuk menemui dokter jika sakit kepala membuat Anda lebih atau kurang melemahkan atau mempengaruhi hidup atau pekerjaan Anda. Dokter Anda mungkin melakukan MRI atau EEG (tes aktivitas listrik di otak Anda) untuk mengetahui lebih banyak tentang apa yang terjadi di otak Anda atau memberikan pemeriksaan mata, karena sakit kepala juga bisa disebabkan oleh masalah penglihatan.

Artikel Selanjutnya
Load More By Masroni
Load More In Artikel Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tanda, Gejala dan Penyebab Polio

Polio dalam sejarah telah dibagi menjadi beberapa kategori, terutama tergantung pada bagia…