Depan Allianz Syariah Perubahan Iuran Tabarru’ Allianz Syariah

Perubahan Iuran Tabarru’ Allianz Syariah

3 min read
0
354
Perubahan Iuran Tabarru' Allianz Syariah

Pada tanggal 13 Mei 2019 kemaren, setiap nasabah Allianz menerima pemberitahuan melalui email tentang adanya Perubahan Iuran Tabarru’ Allianz Syariah. Dari file berbentuk pdf yang dikirim banyak menimbulkan beberapa pertanyaan penting tentang maksud dari perubahan iuran Tabarru’ tersebut.

Baca juga : Pengertian Manfaat Tambahan Asuransi Allianz

Pertanyan dan Jawaban Seputar Perubahan Iuran Tabarru’ Allianz Syariah

Pertanyaan : Apa yang dimaksud dengan Dana Tabarru’ dan Iuran Tabarru,?

Jawaban : Dana Tabarru’ adalan kumpulan dana yang berasal dari Kontribusi para Peserta asuransi yang akan digunakan sebagai dana tolong menolong sesama Peserta apabila ada Peserta yang terkena musibah sesuai dengan prinsip asuransi syariah sebagaimana tercantum dalam Polis. Iuran Tabarru’ adalah iuran bulanan yang dipotong dari saldo investasi yang akan digunakan untuk memberik perlindungan asuransi kepada nasabah atau biasanya diartikan sebagai biaya asuransi bulanan (COI/COR).

Pertanyaan : Akibat perubahan alokasi atas iuran tabarru’ tersebut, apakah ada pengaruhnya terhadap nasabah?

Jawaban : Perubahan alokasi atas iuran Tabarru’ ini tidak mempengaruhi jumlah konttribusi yang perlu dibayarkan oleh Peserta (termasuk besaran COI/COR bulanan) maupun manfaat asuransi yang akan diterima oleh peserta di masa yang akan datang.

Pertanyaan :Mohon dijelaskan apa maksud perubahan alokasi atas iuran Tabarru’ yang sebelumnya 50% berubah menjadi 40%?

Jawaban : Sebelumnya proporsi iuran Tabarru, (COI/COR) yang dipotong dari saldo nasabah adalah (50%:50%) maksudnya 50% dari iuran Tabarru’ tersebut di alokasikan ke dalam pundi dana Tabarru’ (50% sisanya sebagai ujrah/fee bagi Allianz) sementara ketentuan baru berubah menjadi (40%:60%) artinya 40% dari iuran Tabarru tsb dialokasikan ke pundi Dana Tabarru (sementara 60% sisanya sebagai ujrah/fee bagi pengelola/Allianz)
Bagian Iuran Tabarru’ yang masuk ke pundi Dana Tabarru’ salah satunya akan digunakan sebagai cadangan klaim untuk membayar santunan kepada para Peserta apabila Peserta ybs mengalami musibah dalam hidupnya (seperti meninggal, cacat dll)

Pertanyaan : Kapan efektif perubahan aloaksi atas iuran Tabarru’ tersebut berlaku?

Jawaban : Perubahan tersebut efektif berlaku per 1 Juli 2019 untuk polis Allisya Protection Plus existing sementara untuk polis New Business sudah disesuaikan sebelumnya yang tercantum dalam Polis

Facebook Comments
Artikel Selanjutnya
Load More By Masroni
Load More In Allianz Syariah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Destinasi Instagramable Puncak Gagoan, Wisata Tebing Keraton dari Sumatera Barat

Tebing Keraton menjadi destinasi wisata instagramable yang sangat terkenal di Kota Bandung…