Depan Artikel Kesehatan Sembelit Pada Anak? Inilah Cara Mengatasinya

Sembelit Pada Anak? Inilah Cara Mengatasinya

4 min read
0
71
Cara mengatasi sembelit pada anak-anak

Anak-anak kecil sering mengalami sembelit karena kebiasaan mereka tidak makan sayur dan minum banyak minuman ringan. Sembelit adalah overdosis tinja yang terlalu kecil, padat dan kering, atau jarak antara dua lewatan terlalu lama. Tergantung pada konstipasi dan usia anak, orang tua harus berurusan dengan hal-hal yang berbeda.

Baca juga : Kenali Kondisi Medis Yang Sebabkan Anak Tidak Mau Makan

Cara mengatasi sembelit pada anak-anak

Untuk anak-anak di bawah 1 tahun: Biasanya buang air besar 2-3 kali sehari, tetapi jika anak hanya pergi sekali sehari tetapi tinja fleksibel, volume normal tidak disebut sembelit. Pertama dan terutama, orang tua atau pengasuh harus menyesuaikan pola makan mereka dengan: Makan makanan dalam jumlah yang cukup setiap hari, minum banyak cairan. Makan buah dan sayuran berserat tinggi (dilumatkan) termasuk pisang, pepaya, grapefruit, jeruk, tangerine, buah naga, aprikot, pir, prem, peach, ubi jalar, kacang polong , brokoli, bayam atau dapat mencampur jus buah, sayuran yang dihancurkan dengan sereal, bubur bayi. Jangan makan wortel, kesemek, apel saat anak-anak mengalami konstipasi.

  • Pisang

Jika anak Anda mengalami konstipasi karena susu formula, susu encer harus diencerkan sedikit lebih dari biasanya, dapat ditambahkan 1 sendok teh jus (jeruk, tit …) ke dalam susu bayi atau gunakan susu bubur untuk anak-anak 4 bulan atau lebih. Jika menyusui, ibu perlu makan serat, seperti makan lebih banyak sayuran, minum banyak air. Berikan makan pisang 3-4 kali jarak antara dua kali makan untuk merangsang gerakan usus.

  • Pepaya

Untuk anak-anak yang lebih tua: Anak-anak yang lebih tua buang air besar sekali sehari, tetapi kadang-kadang 2-3 kali sehari tetapi padat dan sedikit disebut sembelit. Jika anak Anda menderita konstipasi hanya selama beberapa hari, cukup ubah jenis makanan yang diambil anak untuk membuat tinja yang lunak dan tanpa rasa sakit.

Dorong anak Anda untuk makan lebih banyak sayuran saat makan. Makan lebih banyak buah matang dan jangan minum minuman ringan bersoda.

  • Sayuran

Sayuran dan buah-buahan harus dimakan oleh sembelit.

Atur waktu untuk anak-anak untuk buang air besar waktu, pilih waktu ketika anak tidak terburu-buru, sering memilih setelah makan karena gerakan usus yang aktif, harus menghindari toilet Untuk jangka waktu yang lama, berada ditoilet 5-10 menit setelah makan, 2-3 kali sehari.

Kapan harus ke dokter?

Anak-anak harus segera pergi ke dokter ketika sakit perut yang parah. Sembelit berlangsung selama lebih dari seminggu, ketika mengubah diet dan tidak berhasil. Anak-anak sering mengalami banyak sembelit. Anak-anak dengan tinja berdarah dan rasa sakit. Sembelit mempengaruhi pencernaan seperti nafsu makan yang buruk, penurunan berat badan dan malnutrisi.

Facebook Comments
Artikel Selanjutnya
Load More By Lucy Anike Putri
Load More In Artikel Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Ini Alasannya Mengapa Dehidrasi Sangat Buruk Untuk Tubuh Anda

Pastinya anda sudah tahu bahwa didalam tubuh terdapat kandungan air yang sangat besar yait…