Depan Artikel Kesehatan Tanaman Pembersih Udara yang Cocok dan Aman di Rumah

Tanaman Pembersih Udara yang Cocok dan Aman di Rumah

6 min read
0
98
Tanaman Pembersih Udara yang Cocok dan Aman di Rumah

Jika Anda pernah berpikir ingin segera pulang untuk menghidari berbagai macam polutan udara di kawasan perkotaan, mungkin Anda perlu mempertimbangkan ulang pemikiran tersebut. Bisa saja udara dalam rumah lebih kotor dibanding udara di tempat terbuka.

Kondisi tersebut dapat dipicu oleh macam perabot rumah modern berbahan sintetis dengan berbagai macam kandungan bahan kimia. Nah, bahan kimia tersebut akan berkontribusi hingga 90% dari total polusi udara dalam rumah. Bahan kimia tersebut antara lain ada di perabot, karpet, oven, produk-produk pembersih hingga pernik barang lain berbahan plastik dan karet.

Baca juga : 7 Manfaat Buah Naga Ungu yang Harus Anda Tahu

Jika Anda enggan menggelontorkan dana untuk membeli AC dengan kemampuan menyaring polutan dengan harga jutaan rupiah, Anda bisa memanfaatkan tanaman hias. Ya, tanaman penunjang interior ini juga menawarkan fungsi lain yang bermanfaat. Hal ini diketahui oleh NASA pada tahun 1989 silam dimana tanaman hias memiliki kemampuan mengeiminir racun berbahaya dari udara utamanya dalam ruangan tertutup yang tak banyak dialiri udara. NASA merekomendasikan peletakan beberapa tanaman hias dengan ukuran sebesar 20-25 cm per 9 meter persegi ruangan. Inilah diantaranya;

Tanaman Laba-Laba (Spider Plant – Chlorophytum comosum)

Tanaman Laba-Laba (Spider Plant - Chlorophytum comosum)
Tanaman Laba-Laba (Spider Plant – Chlorophytum comosum)

Tanaman laba-laba ini bisa tumbuh relatif cepat dan cukup menarik cantik saat digantung dalam pot. Ia dapat menyerap bahan kimia berbahaya seperti formaldehida dan xylene. Tanaman yang hanya butuh disiram 3 kali seminggu ini juga tidak beracun.

Tanaman Karet (Rubber Plant – Ficus elastic)

Tanaman Karet (Rubber Plant - Ficus elastic)
Tanaman Karet (Rubber Plant – Ficus elastic)

Tumbuhan hijau asal India ini memiliki akar yang tumbuh merambat di sekitar batangnya. Tanaman yang tidak membutuhkan perhatian khusus ini juga indah pada pojok ruangan. Ia dapat menyaring karbon monoksida, formaldehida, trikloretilen serta berbagai bahan kimia berbahaya lainnya.

Palem Areca

Palem Areca
Palem Areca

Palem ini menjadi salah satu tanaman yang cantik sebagai material dekorasi untuk interior ruangan Anda. Dengan daun yang indah serta menghadirkan sensasi yang menenangkan dalam ruangan, tanaman hias ini juga tidak terlalu sulit dalam hal penanaman dan perawatannya. Selain indah, tanaman ini juga memiliki kemampuan menghilangkan racun oleh debu yang menumpuk serta berbagai macam partikel berbahaya yang masuk dari lingkungan luar.

Peace Lily

Peace Lily
Peace Lily

Secantik namanya, Peace Lily memang indah untuk ditempatkan dalam ruangan rumah Anda. Tak sekedar cantik, ia juga memiliki fungsi sebagai pembersih udara dari berbagai macam racun misalnya aseton, amonia, bensol, etil asetat, formaldehida, metil alkohol, xylene maupun trikloroetilen. Bunga yang cantik dan kuat ini juga sangat mudah untuk di rawat. Ia juga bisa tumbuh subur pada tempat teduh dengan suhu rendah.

Lidah Mertua

Lidah Mertua
Lidah Mertua

Tanaman yang juga dikenal dengan sebutan tanaman ular sudah cukup terkenal sebagai tanaman dekorasi interior. Memang selain bentuknya yang menarik, ia sanggup bertahan pada hampir segala suhu dengan kemampuan menekan kadar benzena, xylene serta toluena dalam udara ruangan.

English Ivy

English Ivy
English Ivy

Tanaman hias pembersih udara ruangan ini mudah dirawat sebab sanggup bertahan dalam berbagai macam tempat bahkan di dalam rumah sekalipun. English Ivy mudah sekali untuk tumbuh dan dikenal bagus dari segi feng shui. Namun Anda perlu mengetahui bahwa tanaman ini kurang cocok bila ditaruh di tempat dengan suhu yang tinggi.

Anggrek

Anggrek
Anggrek

Mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan nama bunga anggrek. Tanaman hias yang memerlukan perhatian ekstra untuk merawatnya ini ternyata juga memiliki kemampuan menyaring polutan dari udara ruangan Anda.  Anggrek akan membantu memusnahkan xylene (polutan dari cat dinding maupun furnitur).

Itulah beberapa tanaman hias yang bisa dijadikan alternatif penyaring udara dalam rumah Anda. Selain sebagai solusi yang lebih murah, mereka juga bisa menunjang interior rumah sekaligus menjadi hobi Anda.

Facebook Comments
Artikel Selanjutnya
Load More By Lucy Anike Putri
Load More In Artikel Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Hati – Hati! Kutil Berkelompok Ini Bisa Sebabkan Penyakit Kulit Pada Anak

Pada beberapa dekade terakhir ini anomali cuaca terjadi. Cuaca tidak menentu. Terkadang te…