Depan Artikel Kesehatan Tanda Depresi, Ini 10 Hal Yang Sering Terjadi

Tanda Depresi, Ini 10 Hal Yang Sering Terjadi

6 min read
0
210
10 Tanda-Tanda Depresi

10 Tanda-Tanda Depresi – Emosi yang dapat dikendalikan, tidak mudah lelah, merasa selalu bahagia serta dapat memutuskan sesuatu dengan kepala dingin adalah hal yang semua orang ingin miliki. Tapi sayang, beberapa orang tak kuat dan berujung depresi akibat banyaknya situasi dalam hidup, seperti himpitan ekonomi, deadline, dan berbagai macam hal lainnya.

Penjelasan Depresi

Depresi adalah sebuah hal yanng perlu Anda kendalikan serta penting sekali untuk diketahui. Biasanya, depresi ini ditandai dengan tak ingin keluar dari kamar, dan tidak terlalu senang untuk melakukan berbagai hal. Menurut National Institute of Mental Health, tanda-tanda depresi lebih bervariasi seperti sering merasa sedih, tak ada tujuan, dan cepat merasa lelah.

10 Tanda-Tanda Depresi

Terdapat sebuah kajian seorang psikiater bidang kesehatan jiwa mengatakan bahwa depresi lebih kepada perubahan suasana hati yang cepat, perbedaan pola makan dan tidur. Jika ini terjadi pada Anda, sebaiknya Anda segera menemui seorang konselor dengan segera bisa menjadi keputusan yang baik. Lalu apa saja tanda seseorang dalam keadaan deperesi?

Berikut ini adalah 10 tanda-tanda depresi yang perlu Anda ketahui :

  1. Tempramen.

Depresi lebih pada kemarahan daripada sedih. Jika kamu merasa diri lebih cepat melucut, cranky, dan cepat merasa tersinggung kemudian menyerang orang lain karena hal sepele, hal tersebut bisa mengindikasikan rasa depresi. Biasanya orang yang akan menganggap suatu hal sepele namun bagi orang yang depresi hal tersebut dapat menjadi sesuatu yang besar.

  1. Perubahan pola tidur.

Anda mungkin berpikir bahwa seseorang yang depresi ingin tidur lebih lama. Namun ternyata insomnia atau tidur yang sama sekali tidak membuat Anda menjadi salah seorang yang sedang depresi. Karena mereka akan memikirkan masalah sepanjang malam dan tidak bisa tidur.

  1. Perubahan pola makan.

Hal tersebut bisa terjadi dalam dua arah. Kamu bisa sama sekali kehilangan nafsu makan dan menyebabkan penurunan berat badan yang signifikan. Atau kamu bisa terlalu banyak makan dan membuat berat badanmu naik drastis.

  1. Sulit berkonsentrasi.

Hal ini sangat umum terjadi pada seseorang yang mengalami depresi. Informasi yang sudah tertera jelas, terkadang seringkali dibuat keputusan yang salah.

  1. Rasa sakit yang tak bisa dijelaskan.

Banyak pasien yang pergi ke dokter dengan keluhan rasa sakit yang tak bisa dijelaskan dari sisi medis. Akhirnya, depresi pun menjadi pangkal dari segalanya. Rasa tersebut biasanya terjadi pada sakit pinggang atas kepala.

  1. Menyendiri

Berbagi masalah atau curhat adalah cara yang baik untuk mencegah depresi. Namun, jika seseorang sudah mulai menjauhi lingkungan dan ingin sendirian memikirkan masalahnya bisa jadi Ia akan mengalami depresi dan perlahan menjadi anti sosial.

  1. Tak bisa ambil keputusan

Beberapa orang secara alami membutuhkan waktu lebih lama memutuskan sesuatu. Namun, bila kondisi ini tiba-tiba terjadi, sebaiknya Anda waspada karena bisa jadi lambat berpikir bagian dari tanda depresi.

  1. Berpikir untuk bunuh diri

Wanita lebih mungkin untuk mencoba bunuh diri, tetapi pria empat kali lebih mungkin meninggal jika mereka mencoba bunuh diri. Salah satu alasannya adalah pria cenderung memilih metode yang lebih mematikan.

  1. Mudah lelah

Secara emosi dan fisik, orang yang mengalami depresi akan terlihat perubahannya. Lelah serta kurangnya kemampuan berpikir bisa saja mengenai penderita depresi.

  1. Sakit perut atau punggung

Masalah kesehatan seperti diare atau sembelit sama halnya dengan sakit kepala, merupakan kondisi umum yang terjadi pada orang depresi. Namun, orang-orang seringkali tak menyadari bahwa nyeri kronis dan gangguan pencernaan berhubungan dengan depresi.

Baca juga : 10 Khasiat Minum Kopi Setiap Pagi

Itu dia 10 tanda depresi yang perlu Anda waspadai, sebaiknya jika tanda ini uncul berkonsultasilah dengan psikeater.

Artikel Selanjutnya
Load More By Masroni
Load More In Artikel Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Asuransi Bukan Melawan Takdir, Tapi Berikhtiar Untuk Hari Esok

Saya hanya tersenyum saat membaca beberapa pendapat yang mengatakan bahwa ikut asuransi it…