Depan Artikel Kesehatan Tanda-tanda awal kanker serviks

Tanda-tanda awal kanker serviks

4 min read
0
36
Tanda-tanda awal kanker serviks

Kanker serviks adalah kanker paling umum kedua di dunia, tetapi seringkali tidak terdeteksi sejak dini karena tidak ada gejala yang jelas pada tahap awal. Jangan abaikan tanda-tanda peringatan berikut dan segera cari pertolongan medis sebelum terlambat.

Baca juga : Gejala Kanker Serviks dan Ciri-Cirinya

Perempuan dari segala usia beresiko untuk kanker serviks setelah mereka mulai berhubungan seks. Dan human papillomavirus (HPV) adalah penyebab paling umum dari sel kanker ganas yang mulai berkembang di jaringan serviks. Kanker serviks adalah kanker paling umum kedua di dunia yang sering dihadapi wanita. Meskipun penyakit dapat menyebabkan kematian bagi wanita, itu juga merupakan penyakit yang dapat dicegah dan disembuhkan jika terdeteksi sejak dini, pada waktunya.

Tanda-tanda awal kanker serviks

Tes Pap smear adalah cara terbaik untuk menentukan apakah Anda berisiko terkena kanker ini. Selain itu, jika Anda melihat gejala di bawah ini, Anda juga harus memperhatikan dengan seksama karena itu mungkin merupakan tanda peringatan dini kanker serviks.

Nyeri atau pendarahan setelah berhubungan seks

Bahkan saudara perempuan yang tidak memiliki masalah dalam rahim dapat melihat darah keluar setelah berhubungan seks. Namun, jika rasa sakit dan pendarahan setelah hubungan seksual terjadi lebih sering maka itu mungkin menjadi masalah kesehatan potensial di organ reproduksi seperti kanker serviks. Anda harus memeriksanya lebih awal ketika Anda melihat tanda ini.

Kelainan luar biasa

Ini adalah salah satu gejala umum kanker serviks. Ketika kanker mulai tumbuh di dalam serviks, lapisan rahim mulai melepaskan cairan. Karena itu, pertimbangkan apakah keputihan tidak normal dan lebih dari normal.

Nyeri atau pendarahan

Jika Anda merasa tidak nyaman atau kelainan pendarahan juga khas kanker serviks. Pada saat ini, serviks kering dan pecah-pecah karena perkembangan sel-sel abnormal. Selain itu, rektum atau pendarahan kandung kemih juga bisa menjadi peringatan penyakit, tetapi pada tahap yang lebih berat.

Ini berarti bahwa jika ada perdarahan abnormal di luar siklus menstruasi, segera pergi ke rumah sakit.

Nyeri konstan di kaki, pinggul atau punggung

Pembengkakan leher rahim mempengaruhi ginjal, kandung kemih dan beberapa organ internal. Ini memberi tekanan pada pembuluh darah, menghambat aliran darah ke tulang panggul dan menyebabkan pergelangan kaki membengkak.

Masalah kemih

Kesulitan buang air kecil adalah tanda lain kanker serviks. Pembengkakan leher rahim menyebabkan kandung kemih dan ginjal menghalangi saluran kemih, sehingga buang air kecil adalah tanda yang tidak boleh diabaikan.

Kanker serviks adalah penyebab utama kematian kedua pada wanita. Jika terdeteksi sejak dini, 92% orang dengan kondisi ini dapat disembuhkan.

Artikel Selanjutnya
Load More By Lucy Anike Putri
Load More In Artikel Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Hidung tersumbat ? Inilah cara mengatasinya

Bahkan dalam cuaca, Anda juga bisa memiliki hidung yang tersumbat. Berikut adalah tujuh ti…