Depan keluarga Tips Mengatasi Hama Tikus dari Rumah

Tips Mengatasi Hama Tikus dari Rumah

6 min read
0
17
Tips Mengatasi Hama Tikus dari Rumah

Mungkin beberapa dari Anda memiliki masalah dengan hama tikus di rumah. Usaha membasmi hewan pengerat ini menggunakan racun seringkali tidak membawa hasil positif namun justru menempatkan anggota keluarga dan binatang peliharaan kesayangan pada resiko kesehatan.

Baca juga : Tanaman Pembersih Udara yang Cocok dan Aman di Rumah

Nah, sebagai alternatif penggunaan bahan racun, Anda bisa mencoa mengganti racun tikus yang berbahaya tersebut dengan bahan alami yang mudah didapat dan lebih aman bagi Anda dan keluarga. Berikut ini beberapa bahan yang bisa Anda coba untuk mensubtitusi racun;

Peppermint oil

Ternyata tikus tidak suka dengan aroma yang keluar dari peppermint oil. Anda bisa mencoba meneteskan minyak tersebut pada bola-bola kapas kemudian letakkan bola tersebut pada sudut-sudut rumah, jalan masuknya tikus atau dimana tempat tikus berada. Tak hanya bisa mengusir tikus, minyak yang memiliki efek menenangkan ini juga bisa dijadikan sebagai pengharum ruangan untuk efek aromaterapi.

Bawang

Bumbu dapur yang satu ini ternyata juga memiliki aroma yang tidak disukai oleh tikus. Beberapa irisan rempah ini dapat diletakkan pada tempat-tempat yang biasanya dilewati oleh tikus. Nah, lantaran bawang ini cepat sekali membusuk, maka perlu diganti setiap hari. anda bisa terus melakukan ini hingga tikus tidak lagi lewat jalur tersebut.

Cengkeh

Lagi-lagi, Anda bisa memanfaatkan indera penciuman tikus untuk mengusirnya. Menggunakan cengkeh, Anda dapat membuat tikus enggan mendekat lantaran aroma yang tidak disukainya. Anda dapat menaburkannya pada lokasi tertentu. Minyak cengkeh juga bisa Anda gunakan karena selain menetralisir bau tidak sedap dalam ruangan, ia juga dapat memberikan efek relaksasi.

Baking soda

Berbeda dari bahan-bahan sebelumnya, kali ini Anda akan menggunakan racun yang dapat mematikan tikus. Anda bisa menebar baking soda tersebut pada tempat yang hanya bisa dan biasa diakses oleh tikus tersebut. Usahakan agar binatang peliharaan Anda tidak mendekati area tersebut, karena mereka juga bisa terkena efeknya.

Daun salam

Dengan wangi aromatik, daun salam memang bisa mengundang perhatian para tikus. Akan tetapi, daun salam ini justru bisa dijadikan sebagai racun alami karena di dalamnya terdapat metabolit sekunder seperti yang ada pada racun tikus. Taruhlah beberapa lembar daun salam pada sekitar lubang masuknya tikus di sudut rumah. Aromanya ternyata juga bisa mentralisir bau apek dalam rumah.

Beberapa bahan di atas memang dapat mengeliminir dan mengusir tikus. Namun Anda juga perlu menerapkan beberapa langkah untuk mencegah binatang pengganggu tersebut kembali ke dapur dan rumah Anda. Beberapa cara tersebut antara lain;

Cari jalan masuknya

Dimanakah pertama kali Anda melihat tikus masuk ke dalam bagian rumah? Misal saat Anda melihat tikus melintas dalam ruang tamu, besar kemungkinan ia masuk dari pintu depan. periksa pula berbagai kebiasaan Anda yang bisa meninggalkan celah kecil sehingga tikus bisa masuk.

Selain daro celah pintu rumah dan garasi, tikus ternyata juga sanggup menerobos melalui celah-celah kecil. Maka dari itu usahakan untuk meberikan penutup pada lubang maupun celah yang ada pada rumah.

Usahakan tidak ada makanan tercecer

Seringkali tikus bersembunyi dalam dapur lantaran mudahnya menemukan remah makanan yang berceceran. Maka dari itu, usahakan untuk segera membersihkan sisa makan yang mungkin terjatuh di lantai dapur. Tentu saja dengan cara menyapu lantai atau mengelap meja setelah selesai makan. Juga selalu simpan makanan dengan wadah tertutup kedap udara.

Tikus tak hanya sanggup mengunyah kabel listrik, ia juga bisa memicu kerusakan pada instalasi dan berbagai macam kekacauan lain dalam rumah dan kendaraan Anda. Parahnya lagi, binatang yang menjijikan ini juga sering membawa serta kotoran dan bakteri bersamanya.

Artikel Selanjutnya
Load More By Lucy Anike Putri
Load More In keluarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tips agar tubuh bayi tetap hangat di musim dingin

Di musim dingin, anak sering terinfeksi flu akan menyebabkan banyak penyakit serius dan me…