Depan keluarga Tips Sederhana Membangun Keluarga Bahagia

Tips Sederhana Membangun Keluarga Bahagia

6 min read
0
407
Tips Sederhana Membangun Keluarga Bahagia

Suatu keluarga yang bahagia bisa dikatakan terbukti dari kelanggengan dalam kehidupannya. Saat memulai, setiap orang menginginkan agar rumah tangga yang dibangun bersama pasangan tercinta berjalan awet hingga akhir usia. Namun dalam perjalanannya, tak jarang dari keluarga ini menghadapi masalah hingga berujung pada hancurnya keharmonisan dalam rumah.

Baca juga : Tips Komunikasi Antara Orang Tua Dengan Anak Usia Dini

Ada beberapa tips sederhana yang bisa coba Anda terapkan dalam rumah tangga untuk membantu mencapai keluarga bahagia. Beberapa tips tersebut pada dasarnya dapat dilakukan melalui komunikasi yang terbuka, memegang komitmen, bisa saling menerima serta kasih sayang. Berikut ini diantaranya;

Kehadiran dalam Kebersamaan

Usahakan untuk selalu hadir dalam berbagai keluarga. Kehadiran Anda sebagai orang tua masih lebih berharga ketimbang hadiah-hadiah yang dikirim. Kualitas momen kebersamaan juga perlu mendapat perhatian khusus daripada sekedar durasi keberadaan Anda bersama keluarga. Bisa dikatakan, kebersamaan bukanlah sekedar Anda ada dalam acara ulang tahun anak, misalnya. Namun kebersamaan yang sebenarnya lebih melibatkan kedekatan emosional antara Anda dan anak.

Ungkapkan Perasaan

Ada kalanya Anda sebagai orang tua, mengungkapkan perasaan pada anak atau pada pasangan. Misalnya “Sayang buat Adik” atau “Kangen sama Mama” walau terkadang rasanya kikuk. Berikan pula sentuhan untuk membuat ungkapan Anda tersebut semakin nyata misal pelukan atau ciuman di kening.

Komunikasi Positif yang Efektif

Komukasi positif menjadi salah satu tips penting dalam mencapai keluarga bahagia. Menjaga komunikasi secara berkesinambungan dan efektif memberikan peluang yang lebih baik dalam upaya meredakan ketegangan serta menenteramkan hubungan.

Kesetaraan

Setiap anak memiliki perbedaan satu sama lainnya. Ada yang lebih cerdas, ada pula yang lebih mahir dalam mengendalikan diri. Nah, dalam suatu keluarga bahagia, tiap individu seharusnya diperlakukan secara setara atau secara adil. Tidak boleh ada kesan pilih kasih.

Jaga Kebersamaan

Untuk mempererat ikatan keluarga, Anda bisa merencanakan dan melakukan berbagai kegiatan bersama. Intinya, kegiatan tersebut harus bisa memupuk rasa kebersamaan seperti beribadah bersama, belanja kebutuhan sehari-hari bersama, nonton bareng, makan malam bersama, olah raga bersama dan lain sebagainya. Kegiatan yang dilakukan bersama dapat menghadirkan kenangan yang melekat di dalam benak.

Lebih Dekat

Sesekali ajaklah anak untuk pergi berdua saja agar terjalin kedekatan yang lebih baik lantaran sepanjang durasi bepergian tersebut hanya untuknya. Misalnya, pada suatu hari, ayah pergi bersama kakak sementara bunda pergi bersama  adik, lakukan bergantian pada lain kesempatan.

Lebih Tulus

Ada kalanya, Anda sebagai orang tua melakukan kesalahan pada anak-anak. Tentu saja, Anda harus mengakui kesalahan dengan meminta maaf dan mulai merubah sikap. Tunjukkan ketulusan Anda sehingga anak akan tertular tentang ketulusan, bahwa tindakan akan lebih bermakna ketimbang sekedar kata-kata.

Berikan Penghargaan

Saat anak melakukan kesalahan, sudah hal wajar jika Anda menegur dan mengoreksinya. Namun ketika ia melakukan hal baik, apakah Anda juga mengapresiasinya? Berikan pujian, ucapan terima kasih atau bahkan hadiah lain seperti 1 jam lebih lama menonton TV atau beberapa keping biskuit lebih banyak.

Bersenang-senang Bersama

Untuk tips yang terakhir ini, mungkin sudah banyak keluarga yang mencoba melakukannya, namun tak jarang pula yang gagal mendapatkan esensi dari kegiatan ini. Ya, untuk merasakan kebahagiaan bersama, maka orang tua akan bermain bersama anak-anak. Anda harusnya bisa menikmati suasana dan menganggap bahwa diri Anda sebagai teman bagi anak, dan bukan sebagai orang tua. Usahakan agar momen indah tersebut menjadi kenangan terindah anak dalam hidupnya.

Bagaimana, sederhana sekali bukan tips untuk membangun keluarga bahagia?

Rasa syukur pada Tuhan atas karunia keluarga yang lengkap sudah sewajarnya diwujudkan dengan menjaganya sebaik mungkin. Tips sederhana di atas tentunya akan memudahkan Anda dalah melakukannya dengan lebih konsisten.

Facebook Comments
Artikel Selanjutnya
Load More By Lucy Anike Putri
Load More In keluarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Cara Mudah Mengatasi Down Syndrome Pada Anak

Merawat down syndrome pada anak dapat dikatakan susah karena membutuhkan kesabaran yang sa…