Artikel Kesehatan

Cara pemulihan otot yang optimal setelah latihan

Cara pemulihan otot yang optimal setelah latihan. Fase pemulihan mungkin tidak diperhatikan oleh kebanyakan orang dibandingkan rutinitas saat angkat beban.

Padahal fase ini juga menjadi bagian penting dalam pembentukan otot yang menentukan keberhasilan setelah latihan. Mempelajari cara pemulihan otot yang optimal tidaklah sulit. Berikan kesempatan pemulihan otot yang benar dan penuhi semua kebutuhan untuk merawat otot-otot agar bisa segera pulih.

Dengan demikian latihan anda tidak akan menjadi sia-sia. Sebab tidak hanya latihan angkat beban saja yang membuat otot menjadi besar, tetapi melainkan waktu pemulihan juga menjadi hal penting yang setiap orang harus perhatikan.

Cara pemulihan otot yang optimal setelah latihan

Anda bisa saja melakukan angkat beban seberat apapun, tetapi jika tubuh tidak mendapatkan asupan protein setelahnya maka itu bukanlah cara pemulihan otot yang benar.

Cara pemulihan otot yang optimal dan efektif dengan mengkonsumsi protein setelah latihan. Protein seperti susu Whey mengandung asam amino esensial yang lengkap untuk membangun kembali jaringan otot yang telah rusak akibat latihan berat.

Kenali jenis dan waktu yang tepat

Selain harus mengkonsumsi makanan tinggi protein, anda juga harus mengetahui kecepatan daya serap dari jenis protein tersebut.

Protein yang berasal dari susu whey sangat cocok sekali diminum setengah jam setelah latihan. Susu whey dapat secara efektif memasok protein yang dibutuhkan tubuh untuk proses pemulihan otot yang lebih optimal.

Dalam 30 menit setelah latihan, jenis protein whey paling cocok untuk dikonsumsi dibandingkan protein casein yang memiliki daya serap lebih lama.

Makan, Latihan, tidur secara teratur

Cara pemulihan otot yang paling efektif dan optimal adalah dengan memperhatikan pola makan, latihan, dan waktu tidur secara teratur.

Apabila salah satunya saja tidak terpenuhi, maka dapat mengganggu proses pemulihan otot. Latihan keras dan teratur memang perlu, namun jangan sampai melewatkan waktu tidur.

Kebanyakan orang sering mengabaikan waktu tidur nya untuk digunakan melakukan aktivitas lainnya. Padahal fase tidur merupakan bagian dari proses pemulihan otot dan tubuh secara keseluruhan.

Kualitas tidur sangat menentukan keberhasilan pembentukan badan dan juga bisa mengusir rasa stres atau mood yang buruk.

Cobalah untuk tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari agar jam biologis anda bisa mengenali kapan harus melepas banyak hormon melatonin.

Jika Anda kesulitan tidur, cobalah mempertimbangkan menggunakan suplemen melatonin agar bisa membantu tidur nyenyak.

Memilih susu yang tepat

Seperti yang sudah kita bahas tadi bahwa jenis susu yang tepat untuk meningkatkan masa otot adalah susu Whey. Sebab susu ini mengandung tinggi protein dengan kualitas yang bagus pula.

Namun ada kalanya apabila tubuh anda masih terlalu kurus kerempeng, maka ada solusi yang lebih tepat lagi. Bagi orang kurus (super kurus) yang ingin membesarkan badannya dengan otot maka butuh usaha ekstra.

Oleh karena itu lebih disarankan untuk minum susu weight gainer atau susu penambah berat badan yang mengandung tinggi kalori.

Barulah setelah berhasil mendapatkan berat badan yang diinginkan maka anda bisa mulai beralih untuk mengkonsumsi susu Whey.

Sebab susu whey hanya mengandung protein tinggi tetapi tidak mengandung karbohidrat sama sekali. Sedangkan orang kurus butuh asupan karbohidrat tinggi agar bisa mendapatkan tinggi kalori untuk membesarkan badan secara cepat.

Selain latihan sesi berat tentunya anda yang masih kurus juga harus bisa memulihkan otot dengan memberikan waktu istirahat yang cukup.

Facebook Comments

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button