Artikel Kesehatan

Pengertian Beta Glucan dan Manfaatnya untuk kesehatan

Pengertian Beta Glucan dan Manfaatnya untuk kesehatan. Apa arti Beta Glucan ? Benarkah bisa menurunkan kolesterol secara efektif ?

Berikut ini pengertian dan manfaat Beta Glucan yang tanpa anda sadari sering di temukan pada makanan sehari-hari.

Beta Glucan (β-glucan) dapat membantu mengendalikan Kolesterol secara efektif. Nama ini mungkin masih terdengar asing bagi sebagian orang. Namun sering ditemukan terutama pada sayur dan buah.

Sehingga tidak heran jika banyak riset atau pakar kesehatan yang terus merekomendasikan untuk makan buah dan sayuran setiap hari.

Makan buah dan sayur paling baik jika dimulai sejak kecil yaitu mulai dari anak-anak meskipun mereka susah untuk mengkonsumsinya.

Pengertian Beta Glucan

Apa itu Beta Glucan ? Beta Glucan adalah sejenis serat makanan yang dapat membantu proses pencernaan dalam penyerapan makanan di usus.

Serat pangan mempunyai peran penting bagi kesehatan tubuh terutama dibagian usus. Ketika serat makanan melewati usus bersama dengan makanan lain akan merangsang dinding usus mengeluarkan lendir yang dapat memperlancar buang air besar. Itulah salah satu alasan kenapa para ahli kesehatan selalu merekomendasikan makanan berserat tinggi.

Berdasarkan kelarutannya serat pangan dikelompokkan menjadi dua yaitu serat pangan yang terlarut dan tidak terlarut. Beta Glucan termasuk serat yang terlarut.

Manfaat Beta Glucan bagi kesehatan

Beta Glucan dapat menurunkan kadar kolesterol secara total dan kadar LDL (kolesterol jahat). Serat beta-glucan dapat mengikat kolesterol dan trigliserida di usus.

Proses yang terjadi yaitu serat beta glucan akan mengikat kolesterol di usus. Ini artinya kolesterol tidak akan ikut terserap ke usus yang nantinya menuju ke pembuluh darah.

Kolesterol yang telah terikat bersama beta glucan akan dibuang bersama tinja sewaktu anda buang air besar.

Manfaat lain Beta Glucan yaitu dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh. Cara kerjanya yaitu serat Beta Glucan akan memperlambat laju makanan di usus.

Ini berarti usus mempunyai waktu yang lebih lama untuk menyerap kandungan nutrisi pada makanan secara maksimal. Sehingga tidak ada kandungan nutrisi yang tertinggal dan yang tersisa hanyalah ampas yang akhirnya dibuang menjadi tinja atau feses.

Selain beta glucan masih ada serat lain seperti pektin, galaktomanan, gum, inulin, dan serat yang tidak larut seperti lignin, selulosa, dan hemiselulosa.

Ada banyak manfaat serat pangan bagi kesehatan yang secara keseluruhan mempunyai fungsi sebagai berikut.

– Mengendalikan gula darah
– Memperlancar sistem pencernaan
– Menambah massa ukuran tinja
– Menyeimbangkan pH pencernaan
– Menjaga kesehatan lambung

Bahaya Kolesterol

Sering makan sate kambing, merokok, sea food dan makanan kolesterol lainnya bisa mengancam kesehatan jantung anda dalam jangka panjang.

Memang tidak terasa jika saat makan-makanan enak tersebut seseorang tetap akan merasakan sehat-sehat saja. Namun biasanya baru ketahuan jika sudah melakukan test darah yang menunjukan kolesterol dengan angka di atas 200.

Untuk anda yang sudah berumur khususnya lebih dari 30 tahun atau bahkan mulai dari umur 20 tahunan maka ada baiknya memulai pola hidup sehat.

Caranya yaitu dengan menjadi vegetarian yang mengkonsumsi makanan yang mengandung beta glucan ini. Seperti yang sudah kita bahas tadi bahwa beta glucan dapat membantu menurunkan kolesterol secara signifikan.

Jadi apabila anda tetap ingin mengkonsumsi makanan berkolesterol tinggi seperti sate kambing maka sebaiknya tetap diimbangi dengan mengkonsumsi sayuran saat itu juga.

Namun akan lebih baik lagi jika tidak mengkonsumsinya sama sekali agar pembuluh darah bisa menjadi tetap bersih.

Facebook Comments

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button