Artikel Kesehatan

Sumber Protein Nabati yang kandungannya tinggi

Ini dia Sumber Protein Nabati terbaik yang memiliki kandungan tinggi dan asam amino esensial lengkap. Tubuh anda akan mendapat protein nabati kualitas tinggi yang dapat memenuhi nutrisi harian untuk diet sehat.

Ada 9 asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh dan bisa anda dapatkan dari protein nabati maupun protein hewani.
Meskipun kebanyakan sumber nutrisi nabati seperti sayuran, buah dan kacang hanya mengandung sedikit protein.

Namun daftar makanan berikut ini dapat anda coba untuk menu diet sehat anda sebagai alternatif pengganti protein hewani khususnya bagi anda yang sedang vegetarian.

Sumber Protein Nabati yang kandungannya tinggi

1. Quinoa

Quinoa termasuk biji-bijian makanan sehat yang mengandung protein nabati lengkap. Makanan ini memiliki tekstur renyah seperti sereal yang lezat dan cocok dikonsumsi untuk sarapan pagi.

Secangkir Quinoa matang atau sekitar 185 gram dapat memberi asupan sekitar 8 gram protein ke dalam tubuh kita. Selain menjadi sumber protein nabati terbaik yang lengkap, Quinoa juga mengandung nutrisi lain seperti mineral dan serat yang tinggi.

2. Tahu

Siapa yang belum pernah mengkonsumsi Tahu ? Makanan yang sudah terkenal ini selain harganya murah juga mengandung protein tinggi.

Tiap 100 gram tahu mengandung sekitar 8 gram protein dan mengandung beberapa mineral penting seperti kalsium 350mg dan kalium 121mg.

3. Edamame

kedelai Jepang atau yang populer disebut Edamame ini merupakan kacang kedelai muda yang masih termasuk makanan polong hijau.

Edamame dapat diolah dengan sangat mudah seperti di kukus, direbus atau bahkan dimakan langsung yang sebelumnya telah dicuci bersih terlebih dahulu.

Edamame mengandung 11 gram protein nabati di setiap porsi 100 gram. Makanan populer khas Jepang ini juga memiliki banyak manfaat kesehatan seperti untuk meningkatkan sistem imun tubuh, kesehatan kulit, tulang, hingga sistem pencernaan.

4. Amaranth

Amaranth mungkin termasuk makanan yang jarang terdengar bagi sebagian orang, namun juga merupakan sumber protein yang lengkap.

Amaranth berwujud butiran serba guna yang bisa direbus untuk lauk atau bubur yang memiliki rasa lembut dan lezat. Tiap 100 gram Amaranth mengandung 14 gram protein nabati.

5. Ragi gizi

Biasanya Ragi gizi dijual sebagai produk makanan alami dalam bentuk remahan atau bubuk kuning. Fungsi Ragi gizi ini untuk menambahkan rasa pada makanan seperti keju, popcorn, pasta, atau kentang tumbuk.

Setiap porsi (15 gram) ragi gizi menyediakan 8 gram protein lengkap yang diperkaya dengan sumber seng, magnesium, dan semua vitamin B kompleks yang sangat baik.

6. Tempe

Tempe merupakan sumber protein nabati terbaik dan termurah. Tempe mudah diolah menjadi banyak masakan yang lezat dan mengandung protein jauh lebih tinggi dibandingkan tahu.

Tiap 100 gram Tempe mengandung 19 gram protein yang sudah lengkap dengan 9 asam amino esensial. Beberapa kandungan asam amino esensial yang dimiliki tempe begitu tinggi seperti Isoleucine 880mg, Leucin 1430mg, Valine 920mg.

Ketiga asam amino esensial ini sering disebut dengan BCAA yang perannya sangat besar untuk pembentukan otot.

7. Nasi dan Kacang

Perpaduan antara nasi dan kacang kacangan dapat memberikan asupan nutrisi protein nabati yang tinggi dan baik bagi kesehatan tubuh.

Nasi mengandung asam amino methionine yang cukup tinggi, sedangkan kacang mengandung methionine rendah. Sebaliknya nasi mengandung asam amino lysine yang rendah, namun kacang mengandung lysine yang tinggi.

Jika kedua makanan ini digabungkan, maka akan menjadi sumber protein nabati terbaik karena telah mengandung asam amino esensial yang terhitung lengkap.

Facebook Comments

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button