Depan Artikel Kesehatan Sayangi Jantungmu dengan 10 Ragam Makanan Sehat untuk Jantung

Sayangi Jantungmu dengan 10 Ragam Makanan Sehat untuk Jantung

11 min read
0
0
122
Sayangi Jantungmu dengan 10 Ragam Makanan Sehat untuk Jantung

Makanan sehat untuk jantung sangat diperlukan karena perannya sangat vital khususnya bagi manusia. Jantung merupakan salah satu organ tubuh yang perannya sangat besar. Fungsinya sebagai pemompa darah ke seluruh tubuh dan paru-paru merupakan peran yang sangat penting. Kelancaran peredaran darah tak lepas dari peran jantung.

Baca juga : Jangan Sampai Acuh, Perhatikan 8 Tanda Jantung Bermasalah!

Menu sehat adalah yang mengandung nutrisi lengkap, mulai dari karbohidrat, protein, mineral, dan sebagainya. Lemak baik juga diperlukan untuk membantu mengikat dan memecahkan lemak jahat. Setelah mengetahui kelengkapan nutrsi yang baik bagi jantung, Anda harus mengupayakan untuk mengetahuinya.

Anda harus senantiasa memperhatikan pola makan yaitu harus bernutrisi lengkap dan dimakan secara teratur dengan porsi cukup. Jenis makanan minuman juga berpengaruh. Oleh karena itu, berilah makanan sehat setiap hari dan kurangi konsumsi makanan fast food. Secara rinci, simak penjelasan dari beberapa jenis makanan sehat untuk jantug berikut ini.

Inilah 10 Ragam Makanan Sehat untuk Jantung

  1. Biji-Bijian

Salah satu menu sehat untuk jantung adalah biji-bijian. Mengonsumsi biji-bijian secara rutin akan terhindar dari risiko terkena penyakit jantung. Hal tersebut disebabkan oleh kandungan antioksidan dalam biji-bijian. Selain itu, fitoestrogen serta pitosterol yang protektif melindungi kondisi jantung, juga terkandung di dalamnya.

Biji-bijian juga berserat dan bermanfaat untuk menurunkan risiko orang mengalami penyakit jantung. Berdasarkan salah satu penelitian di Harvard, orang yang mengonsumsi biji-bijian akan mempunyai 40% lebih rendah atas risiko penyakit jantung dibandingkan dengan orang yang tidak mengonsumsinya.

  1. Kacang Hijau

Kacang hijau termasuk menu sehat untuk Anda dan keluarga. Manfaat kacang hijau ternyata sangat banyak bagi tubuh. Salah satunya adalah mencegah penyakit jantung. Sebuah studi yang sudah diterbitkan dalam Journal of Nutrition menyarankan untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah.

Dalam kacang hijau, terdapat kandungan gizi bernama flavonoid yang mampu berperan menghambat adhesi trombosit yang ada dalam darah. Dengan demikian, zat flavonoid dapat menurunkan risiko serangan jantung dan juga stroke. Lakukanlah cara ini agar dapat menurunkan risiko terkena gangguan kesehatan pada jantung Anda.

  1. Kacang-Kacangan

Selain kacang hijau, varian kacang-kacang masih banyak lainnya juga ada. Kacang-kacangan mengandung banyak vitamin, mineral, serta lemak tak jenuh ikatan rantai tunggal yang dapat menyehatkan jantung serta rendah lemak jenuh. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi walnut, hazelnut, almond, kacang tanah secara rutin, maka jantung sehat.

Kacang-kacangan ini mudah ditemukan di mana saja. anda dapat berbelanja di warung, pasar tradisional, ataupun supermarket. Hal tersebut memudahkan Anda dalam berbelanja hemat demi kesehatan tubuh yang dalam hal ini adalah penyakit jantung. Gangguan kesehatan jantung dapat diminimalisir dengan kacang-kacangan ini.

  1. Ikan Salmon

Kebutuhan gizi sangat penting untuk menjaga diri dari penyakit jantung. Mengonsumsi ikan sebanyak 2-3 porsi dalam seminggu dapat menurunkan risiko penyakit jantung untuk jangka panjang. Asam lemak dan omega 3 yang terkandung di dalamnya mampu menurunkan tekanan darah serta membantu mencegah irama jantung yang tidak stabil.

Mengonsumsi ikan salmon ini juga dapat dilakukan secara rutin dengan variasi menu dari lainnya. Hal ini akan mencegah Anda dari menurunnya nafsu makan karena bosan terhadap menu ikan salmon. Apabila Anda memang bosan, olahlah ikan salmon menjadi aneka masakan yang tentunya berganti-ganti pada setiap penyajian.

  1. Buah-Buahan

Makanan sehat untuk jantung berikutnya adalah buah-buahan. Anda bisa mengonsumsinya dengan teratur dalam porsi yang sesuai untuk melindungi tubuh dari risiko penyakit jantung. gangguan jantung. Lalu, apa sajakah buah-buahan yang dimaksud? Anda dapat mengonsumsi makanan pilihlah buah-buahan yang bergizi baik.

Anda dapat mengsonsumsi tomat, apel, temannya., aneka buah beri (stroberi, blueberry, acai beri, billberry, raspberry, dan lain sebagainya), pisang, dan delima merah yang semuanya baik bagi kesehatan jantung.  Setiap jenis buah tersebut mempunyai kandungan gizinya masing-masing berguna bagi tubuh.

  1. Yoghurt

Yoghurt merupakan salah satu olahan susu yang berguna bagi kesehatan jantung. Dengan mengonsumsi yoghurt ini, Anda bisa menjaga kondisi jantung agar tetap prima. Berdasarkan hasil penelitian, yoghurt dapat melindungi diri dari penyakit yang menyerang gusi. Jika dibiarkan, penyakit gusi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Orang yang mengonsumsi yoghurt akan mempunyai gusi yang sehat. probiotik ini juga membantu melawan tumbuh kembang bakteri di mulut. Probiotik tersebut digunakan untuk fermentasi susu menjadi yoghurt dengan khasiatnya yang mampu memperbaiki pencernaan serta meningkatkan kekebalan tubuh atau sistem imun.

  1. Teh Hijau

Tak kalah dengan teh pada umumnya, teh hijau juga mengandung zat antioksidan yang baik bagi stamina tubuh. Berdasarkan berbagai penelitian, para ilmuwan bisa menemukan bahwa orang yang mengonsumsi teh hijau setiap harinya, maka bisa mempunyai kesehatan jantung yang lebih baik. Secara otomatis, risiko penyakit jantung juga lebih sedikit.

  1. Kismis

Penelitian sudah menunjukkan bahwa antioksidan yang terkandung dalam kismis dapat memerangi tumbuhnya jenis bakteri yang menimbulkan peradangan serta penyakit gusi. Orang yang mempunyai penyakit gusi akan lebih berisiko dalam hal kesehatan jantung. Mengonsumsi kismis merupakan pilihan tepat dalam menu makanan sehat untuk jantung.

  1. Cokelat Hitam

Kesehatan jantung juga dapat dioptimalkan dengan mengonsumsi cokelat hitam yang terbukti dapat menurunkan tingkat risiko penyakit jantung. Para ilmuwan sudah menetapkan bahwa cokelat kaya dengan flavanol yang berkhasiat ampuh untuk melancarkan sistem peredaran darah. Sistem kekebalan tubuh juga meningkat.

Kandungan flavonol dalam cokelat hitam ini dapat mendukung kesehatan pembuluh darah, sehingga dapat meminimalisir risiko tekanan darah tinggi (hipertensi), diabetes tipe 2, penyakit ginjal, dan demensia. Meskipun demikian, Anda juga harus membatasi konsumsi dengan menu sehat lainnya agar tidak pulang berikutnya.

  1. Pop Corn

Apakah Anda suka pop corn? Makanan yang familiar di bioskop ini ternyata punya kelebihan yang lebih pastinya. Pop corn ini mengandung polifenol mampu meningkatkan kesehatan jantung. bahkan, jumlah polifenol dalam pop corn sebanyak 3 kali lipat dari kandungan polifenol dalam kacang merah. Wow, hebat bukan? Pasti Anda tidak menyangka.

Dengan demikian, makan pop corn sambil nonton di bioskop atau pada momen apapun ternyata bisa berguna untuk menurunkan risiko terkena penyakit jantung. Anda dapat mengonsumsinya secara bergantian dengan menu lain agar bervariasi.

Menu makanan sehat sangatlah diperlukan untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat. makanan sehat untuk jantung harus dipenuhi agar kondisi jantung tetap sehat, sehingga tak mudah mengalami gangguan kesehatan. Sistem imun juga bisa mengalami peningkatan karena suplai energi. Pastikan lagi perlindungan keluarga anda sudah cukup jika terjadi resiko penyakit inin dengan program asuransi syariah dari allianz (baca : Asuransi Penyakit Kritis Pertama di Indonesia).

 

Facebook Comments
Artikel Selanjutnya
Load More In Artikel Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Sayuran Terbaik untuk Diet yang Menakjubkan

Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang sayuran terbaik untuk diet. Mempunyai tub…