Depan Artikel Kesehatan 5 Kebiasaan Agar Terhindar dari Sakit Gigi

5 Kebiasaan Agar Terhindar dari Sakit Gigi

5 min read
0
0
69
Sakit gigi

Sakit gigi bukanlah penyakit yang berbahaya namun sangat menggangu aktivitas anda. jika kondisi gigi sudah parah maka jalan satu-satunya adalah melakukan pencabutan gigi. Tentu saja hal ini tidak diinginkan semua orang oleh karena itu perlu memiliki kebiasan baik sehingga anda mendapatkan gigi yang sehat dan terhindar dari sakit gigi. Sakit gigi sebagian besar disebabkan plak yang membentuk lubang gigi sehingga kuman bersarang dilubang gigi anda.

Baca juga : Allisya Care Asuransi Kesehatan Syariah Allianz

Agar hal ini tidak terjadi gaya hidup sehat dan membersihkan gigi secara teratur sangat perlu dilakukan. Sebenarnya membersihkan gigi saja tidak cukup untuk mendapatkan gigi yang sehat. Asupan makanan yang sehat juga memiliki peran besar demi mendapatkan gigi yang sehat. Selain itu kebiasaan buruk seperti merokok dan minum minuman keras sebaiknya anda hentikan agar kesehatan gigi anda terjaga. Kebiasaan baik dibawah ini bisa anda coba agar anda terhindar dari sakit gigi.

Kebiasaan Agar Terhindar Sakit Gigi

  1. Menjaga kebersihan gigi

Gigi yang sehat tentu saja jauh dari keluhan sakit karena bebas kuman penyebab gigi berlubang. Selain mengatur pola makan kebersihan gigi sangat penting untuk anda jaga. Gosoklah gigi setidaknya dua kali sehari pagi dan malam sebelum tidur. hal ini akan membantu mengikis plak penyebab gigi berlubang sehingga anda terhindar dari resiko sakit gigi.

  1. Hindari makanan yang mengandung pemanis buatan

Salah satu pemicu kerusakan gigi adalah pemanis buatan. Pemanis buatan selain berbahaya bagi pencernaan juga bisa meninggalkan plak di gigi yang sulit dibersihkan. Jika plak pada gigi ini terus menumpuk akhirnya bisa membentuk karang gigi atau akan berubah korosif yang menyebabkan gigi berlubang. Sebaiknya kurangi makanan ber-pemanis buatan ini terutama pada anak-anak.

  1. Perbanyak konsumsi telur dan susu

Kedua bahan makanan ini memiliki vitamin D yang tinggi. Asupan vitamin D yang cukup sangat baik untuk proses pembentukan gigi terutama pada anak-anak. Dengan gigi yang terbentuk sempurna, maka anda akan mendapatkan gigi yang kuat dan sehat sehingga lebih jarang terkena sakit gigi atau mengalami kerusakan gigi. Makanan yang mengandung vitamin D salah satunya susu dan aneka buah serta sayuran.

  1. Hentikan mengkonsumsi alkohol dan rokok

Alkohol dan rokok memiliki zat berbahaya yang sifatnya merusak gigi. Alkohol bisa merusak kekuatan akar gigi sedangkan kadar nikotin yang ditinggalkan rokok akan menempel pada gigi sehingga menyebabkan plak yang sulit dibersihkan. Plak inilah yang nantinya bersifat korosif sehingga menjadi penyebab utama sakit gigi. Sebaiknya jangan mengkonsumsi alkohol dan rokok agar kebersihan dan kesehatan gigi anda terjaga.

  1. Konsumsi buah dan sayur

Yang terakhir adalah mengkonsumsi kedua bahan makanan ini secara cukup. Konsumsi buah dan sayur secara cukup akan membuat kesehatan dan kekuatan gigi menjadi lebih baik. buah dan sayur memiliki kandungan air yang tinggi sehingga bisa membantu mengikis kuman yang ada pada gigi. Hal ini akan membantu kita mencegah gigi berlubang secara alami.

Itulah beberapa kebiasaan yang mesti dilakukan agar terhindar dari sakit gigi. Selain itu baiknya didukung pula dengan rutin periksakan gigi anda ke dokter 6 bulan sekali. Semoga bermanfaat.

Jika anda memerlukan proteksi biaya kesehatan, untuk permohonan illustrasi perlindungan asuransi kesehatan klik disini

 

Facebook Comments
Artikel Selanjutnya
Load More In Artikel Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Menghilangkan Karang Gigi, Mencegah dan Caranya

Menghilangkan karang gigi merupakan salah satu masalah yang hampir semua orang menginginka…