Depan Artikel Kesehatan 5 manfaat jahe yang menakjubkan untuk kesehatan

5 manfaat jahe yang menakjubkan untuk kesehatan

5 min read
0
132
5 manfaat jahe yang menakjubkan untuk kesehatan

Mari kita lihat 5 manfaat jahe untuk meningkatkan kesehatan tubuh dan cara membuat resep teh jahe dengan madu di artikel di bawah ini.

Jahe memiliki banyak manfaat medis dan telah digunakan selama berabad-abad di seluruh dunia sebagai pengobatan untuk penyakit mulai dari mual hingga masalah inflamasi.

5 manfaat jahe yang menakjubkan untuk kesehatan

Selain itu, jahe juga digunakan untuk membuat teh, memaksimalkan manfaatnya bagi kesehatan. Berikut adalah 5 manfaat kesehatan yang luar biasa yang bisa didapatkan dari jahe. Silakan simak tipsnya berikut ini!

  1. Perbaiki sirkulasi darah

Senyawa yang ditemukan di jahe seperti jahe dan zingerone memiliki efek menghangatkan tubuh, membantu memperbaiki sirkulasi. Asam amino dalam jahe membantu meningkatkan sirkulasi dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Baca juga : Jahe Bisa Mengatasi Penyakit-penyakit Ini

Sirkulasi yang meningkat menghasilkan banyak efek positif, termasuk nutrisi penting, mineral dan oksigen yang diangkut ke seluruh tubuh, meningkatkan pertumbuhan sel dan fungsi tubuh yang sehat.

  1. Pereda rasa sakit

Gingerol, senyawa penting yang ditemukan di jahe, memiliki sifat anti-inflamasi, yang mencegah produksi COX-2 di tubuh menyebabkan rasa sakit.

Teh jahe dianjurkan untuk orang dengan asam urat, osteoarthritis dan rematik, serta untuk atlet post-exercise untuk mencegah pembengkakan.

Bagi orang dengan migrain, jahe bisa membantu mencegah prostaglandin – penyebab sakit kepala.

  1. Kurangi kram saat menstruasi

Jahe dikenal efektif dalam mengobati gejala yang berhubungan dengan menstruasi: kram, kelelahan dan sindrom pramenstruasi.

Jahe membantu mengendurkan otot sehingga mengurangi kram saat tiba. Selain itu, teh jahe juga dianggap lega bagi wanita dengan dismenore atau menstruasi tidak teratur.

  1. Kurangi mual dan gejala gastrointestinal

Salah satu Manfaat jahe yang paling dikenal karena kemampuannya mengurangi penyakit mual atau sakit perut. Sifat aktif seperti minyak atsiri dan senyawa fenol membantu meringankan sakit perut.

Wanita yang sakit dengan morning sickness disarankan untuk mengambil segelas teh jahe untuk menenangkan perut. Pengobatan alami ini juga diindikasikan untuk pasien yang menjalani kemoterapi yang menyebabkan mual. Jika Anda memiliki mabuk, minum secangkir teh jahe sebelum pergi keluar akan membuat perjalanan Anda lebih mudah.

  1. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Dengan memiliki antioksidan, jahe membantu mencegah pilek – dan jika Anda sakit, ini akan membantu mengurangi jumlah waktu yang dibutuhkan untuk sakit. Jahe juga membantu menghilangkan racun dalam tubuh dengan cepat, memungkinkan tubuh untuk menghilangkan lebih cepat.

Selain itu, jahe juga mengandung kromium, seng dan magnesium untuk membantu menunjang sistem kekebalan tubuh. Tidak hanya itu, jahe juga memiliki sifat antibakteri, antimikroba, antiinflamasi dan antiseptik yang membantu mencegah masalah kesehatan umum dan infeksi.

Jahe memiliki banyak kegunaan yang berbeda, namun meminumnya sebagai teh adalah cara yang paling efektif. Tapi pastikan Anda tidak minum lebih dari tiga cangkir teh jahe setiap hari karena bisa menimbulkan efek samping.

Cara Membuat teh jahe dan madu

Berikut adalah resep sederhana yang bisa Anda buat segelas teh jahe di rumah.

Bahan:

  • 4 sampai 6 potong jahe segar;
  • 1,5 sampai 2 cangkir air yang disaring;
  • Jus lemon;
  • 1 sampai 2 sendok makan madu.

Cara membuat :

  1. Kupas jahe dan bilas sampai bersih;
  2. Potong jahe menjadi irisan tipis;
  3. Rebus 1,5 gelas air dan jahe;
  4. Tutup dan diamkan sampai air mendidih pada suhu rendah selama 10 menit;
  5. Saring air untuk menghilangkan irisan jahe;
  6. Peras sedikit jus lemon (bisa bervariasi sesuai keinginan Anda);
  7. Tambahkan satu atau dua sendok makan madu dan aduk rata;
  8. Biarkan dingin sedikit kemudian nikmatilah!
Artikel Selanjutnya
Load More By Masroni
Load More In Artikel Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Inilah Cara Mudah Mengatasi Hidung Tersumbat yang Menganggu

Sebenarnya, ada Cara Mengatasi Hidung Tersumbat yang tersedia dan bisa anda praktekkan sec…