Depan Artikel Kesehatan 5 Penyakit Yang Kerap Menyerang Wanita

5 Penyakit Yang Kerap Menyerang Wanita

6 min read
1
0
31
5 Penyakit Yang Kerap Menyerang Wanita

Ada beberapa jenis penyakit yang lebih cenderung menyerang satu jenis kelamin saja. seperti kanker serviks dan payudara yang kerap menyerang wanita. memang jenis penyakit ini umum diketahui menyerang wanita namun ada beberapa jenis penyakit lainnya yang sebenarnya mudah menjangkiti wanita daripada pria. penyebabnya karena faktor hormonal dan kondisi mental wanita yang lebih mudah rapuh daripada pria. maka penting mengetahui apa saja jenis penyakit yang umumnya menyerang wanita.

Hal ini perlu diketahui agar anda lebih waspada dan mencegah kemungkinan buruk dari penyakit yang menyerang wanita. salah satu penyakit yang mudah menyerang wanita adalah depresi. Banyak yang mengaitkan masalah depresi dengan perubahan hormon wanita yang mudah berfluktuasi. Selain depresi, jantung dan berbagai penyakit kronis lainnya lebih cenderung menyerang wanita daripada pria. ulasan selanjutnya akan dibahas berikut ini tentang penyakit yang kerap menyerang wanita.

 

Penyakit Yang Kerap Menyerang Wanita

  1. Penyakit Celiac

National Foundation for Celiac Awarness menyebutkan 60 sampai 70 persen penderita celiac adalah wanita. penyakit ini adalah reaksi negatif yang dikeluarkan tubuh karena tidak bisa mencerna gluten, protein yang ada pada tepung atau gandum. Umumnya penderita penyakit ini akan didera masalah pencernaan semisal kehilangan berat badan, sakit perut dan kembung. Penyakit ini juga bisa mempengaruhi kesuburan dan siklus menstruasi. Kebanyakan wanita yang baru didiagnosa penyakit ini ada disekitar usia 45 tahun dengan proses diagnosa selama 10 tahun.

  1. Depresi

Banyak ahli kesehatan dan data terkini yang menyebutkan wanita lebih rentan depresi daripada pria. salah satu alasan kuatnya karena faktor biologis. Pada saat menstruasi, melahirkan hingga menopouse terjadi fluktuasi hormon yang mampu mempengaruhi mood seseorang. Psychology Today menyebutkan faktor lain penyebab wanita lebih mudah depresi karena kecenderungannya yang lebih melamun dibandingkan pria. terlebih wanita lebih panjang umur dibanding pria yang memicu rasa kesepian yang berpotensi besar menyebabkan depresi.

  1. Sindrom kelelahan kronis

Sindrom kelelahan kronis merupakan sesuatu masalah kesehatan yang sangat komplek demikian yang dijelaskan para pakar. Kelelahan ini tidak hanya ditepis dengan istirahat saja. gejala yang mengikutinya antara lain nyeri otot, insomnia hingga berkurangnya daya ingat. Wanita lebih mudah terserang sindom kelalahan kronis dibandingkan pria. Ada beberapa kasus penyakit akut ini yang bahkan akan merasa sangat lelah hanya dengan melakukan kegiatan ringan sehari-hari.

  1. Lupus

Penyakit lupus adalah Autoimun kronis yaitu sel tubuh justru berbalik menyerang jaringan tubuh lain sehingga memicu kerusakan pada organ, sendi, dll. Gejala lupus sangat banyak namun yang paling sering terlihat adalah sakit kepala, rambut rontok dan persendian bengkak. Data Lupus Foundation of America menyebutkan penderita lupuas 90 persen adalah wanita. penyakit berbahaya ini sangat jarang didiagnosa dari awal sehingga ketika sudah didiagnosa sudah dalam kondisi kronis.

  1. Multiple Sklerosis

Multiple Sklerosis adalah gangguan sistem saraf pusat yang diderita 2 juta orang berdasarkan data dari Multiple Scelorosis Society. Banyak dokter yang mengklarifikasi penyakit ini juga disebut sebagai penyakit autoimun yang tidak memiliki penyebab khusus yang bisa diidentifikasi. Kebanyakan wanita yang mengalami penyakit ini ada di rentang usia 20-40 tahun. Gejalanya mulai dari kelumpuhan hingga kehilangan penglihatan. Dan hingga sekarang belum ditemukan obat untuk menyembuhkan penyakit ini secara total.

Demikian beberapa jenis penyakit yang kerap menyerang wanita. jadi selain kanker payudara atau rahim beberapa penyakit diatas sebaiknya perlu anda waspadai dan cegah agar tidak menjangkiti anda. Untuk perlindungan maksimal biaya pengobatan, segera ajukan permohonan illustrasi perlindungan asuransi kesehatan klik disini

Artikel Selanjutnya
Load More In Artikel Kesehatan

Satu Komentar

  1. […] Baca juga : 5 Penyakit Yang Kerap Menyerang Wanita […]

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

49 Penyakit Kritis, Allianz Siap Menanggung Biayanya

Ada 49 Penyakit kritis yang ditanggung biayanya oleh Allianz Syariah. Penyakit adalah keti…