Depan Artikel Kesehatan 5 Tips Memilih Krim Pemutih Yang Aman

5 Tips Memilih Krim Pemutih Yang Aman

8 min read
0
27
5 Tips Memilih Krim Pemutih Yang Aman

Punya kulit yang putih dan mulus tentu saja menjadi keinginan setiap wanita. Berbagai cara dan perawatan pun rela mereka lakukan untuk membuat kulit tetap terlihat putih dan bersih. Sedikit saja kulit mengalami gangguan pasti menjadi masalah yang sangat di anggap serius oleh seorang wanita. Saya yakin Anda pun demikian.

Khusus dalam memilih krim pemutih yang di gunakan untuk merawat kulit, Anda tidak boleh sembarangan. Anda harus lebih teliti dalam menentukan krim jenis apa saja yang aman di gunakan untuk kulit Anda. Cobalah untuk meneliti lebih jauh tentang kandungan apa saja yang terdapat dalam krim pemutih yang Anda gunakan.

Baca juga : Cara Membuat Masker Pemutih Wajah Alami

Hal ini di sebabkan karena di luar sana banyak sekali krim-krim pemutih palsu yang beredar luas dan di jual bebas. Ini adalah hal berbahaya yang harus Anda hindari. Karena biasanya krim pemutih palsu mengandung bahan-bahan kimia yang justru membahayakan kulit. Bukan kulit putih dan cantik yang akan anda dapatkan, namun justru penyakit yang datang.

Tentu saja hal ini tidak anda inginkan bukan? Oleh karena itu anda perlu memiliki pengetahuan agar bisa memilih krim pemutih badan yang aman untuk di gunakan. Berikut ini adalah 3 tips mudah yang akan kami berikan.

1. Hindari Krim Pemutih Yang Mengandung Mercury Dan Hidroquinon

Beberapa jenis krim pemutih yang banyak beredar di pasaran sering mengandung berbagai bahan kimia yang justru berbahaya bagi kulit seperti mercury dan hidroquinon. Kedua bahan ini memang dapat membuat kulit menjadi putih dalam waktu singkat. Namun efek bahaya yang bisa di timbulkannya jauh lebih besar. Sangat tidak setimpal jika hanya untuk sekedar membuat kulit menjadi lebih putih.

Mercury adalah bahan kimia berbahaya yang dapat memicu terbentuknya sel-sel kanker pada kulit. Sedangkah hidroquinon memiliki efek samping ketergantungan dan iritasi parah pada orang dengan jenis kulit sensitif. Beberapa kasus yang di alami oleh mereka yang menggunakan obat berbahan ini adalah rasa kulit yang seperti terbakar dan terlihat memerah. Bahkan yang lebih parahnya kulit akan menjadi mengelupas dan terasa sangat perih.

2. Pastikan Sudah Memiliki Izin Dari BPOM

Tips memilih krim pemutih yang aman selanjutnya adalah dengan memastikan jika produk pemutih yang kita pakai itu sudah ada izin dari BPOM. Anda bisa mengecek nomor registrasi BPOM pada produk tersebut, jika ternyata tidak ada maka sebaiknya tidak digunakan.

Ada banyak sekali produk krim pemutih di luar sana yang beredar tanpa izin BPOM, hal ini bisa menandakan jika produk tersebut belum jelas apa kandungannya adan apakah ia mengandung bahan-bahan yang berbahaya atau bahkan produk ilegal.

3. Pilih Krim Pemutih Berbahan Herbal

Tidak selamanya krim pemutih harus di beli dengan harga yang mahal. Berbagai krim pemutih yang dijual di pasaran terkadang memiliki harga yang mahal namun belum tentu kandungannya aman untuk di gunakan. Apalagi jika anda berniat menggunakannya sebagai terapi jangka panjang untuk memutihkan kulit badan Anda.

Cara yang paling aman dalam memilih obat pemutih kulit adalah dengan menggunakan bahan-bahan herbal alami. Selain harganya yang relative murah, menggunakan bahan herbal juga jauh lebih aman karena bebas dari efek samping. Bahkan jika anda gunakan dalam jangka waktu yang lama sekalipun. Krim pemutih berbahan herbal juga dengan mudah dapat di buat sendiri. Anda bisa menggunakan bahan-bahan yang sudah terbukti khasiatnya dalam memutihkan badan seperti bengkuang, langsat, jeruk dan bahan-bahan lainnya.

4. Perhatikan dengan cermat potensi efek sampingnya

Setiap produk krim pemutih biasanya akan menimbulkan efek samping, mulai dari yang ringan seperti kemerahan hingga rasa perih seperti terbakar. Anda harus memperhatikan dengan cermat efek samping yang mungkin saja bisa ditimbulkan oleh produk krim yang Anda gunakan.

Dalam memilih krim pemutih, kita juga harus benar-benar memilih yang paling cocok dengan kondisi kulit kita. Seperti yang Anda tahu jika setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda-beda. Suatu krim pemutih mungkin bekerja dengan baik pada seseorang namun belum tentu hasilnya sama jika Anda yang memakai.

Cara paling aman sebelum memakai krim pemutih adalah dengan mencobanya terlebih dahulu pada tangan atau area kecil di kulit, jangan langsung dipakai secara menyeluruh. Hal ini bertujuan untuk menguji apakah terjadi efek samping atau reaksi tidak cocok ketika Anda menggunakan produk pemutih tersebut. Jika cocok maka pemakaian bisa dilanjutkan, jika tidak maka sebaiknya segera hentikan pemakaian.

5. Jangan Tergoda Dengan Harga Yang Murah

Ada harga ada rupa, itulah ungkapan yang tepat pada tips yang terakhir ini. Dalam memilih krim pemutih kulit sebaiknya anda tidak mudah tergoda dengan harga murah yang di tawarkan para penjual krim pemutih. Anda perlu melakukan penelitian lebih jauh mengenai kandungan apa yang ada di dalam krim tersebut. Karena biasanya krim pemutih yang di jual dengan harga murah memiliki kualitas yang jelek atau bahkan mengandung bahan-bahan yang membahayakan kulit Anda.

Artikel Selanjutnya
Load More By Masroni
Load More In Artikel Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Cara mencegah penyakit pernafasan pada anak-anak di musim dingin

Tubuh anak-anak lebih rentan dan lemah. Karena itu, di musim dingin, ketika cuaca menjadi …