Depan Artikel Kesehatan 5 Tips Merawat Kuku Kaki Yang Rusak Dan Bau

5 Tips Merawat Kuku Kaki Yang Rusak Dan Bau

8 min read
0
324
5 Tips Merawat Kuku Kaki Yang Rusak Dan Bau

Memiliki kuku kaki yang rusak dan bau adalah masalah serius yang tidak bisa di sepelekan. Biasanya kuku kaki menjadi rusak karena terbentur oleh benda keras sehingga menyebabkannya terkelupas dan berdarah. Karena kurang mendapat perhatian dan perawatan yang tepat, terjadilah infeksi yang menyebabkannya menimbulkan bau yang tidak sedap.

Baca juga : 5 Buah Yang Dapat Memutihkan Gigi Secara Alami

Anda perlu melakukan penantangan yang tepat agar kuku kaki yang rusak dan bau ini tidak bertambah parah. Karena bisa saja jika keadaannya semakin parah akan menyebabkan jari anda harus di amputasi. Mengerikan sekai bukan? Tapi anda tidak perlu khawatir, selama Anda bisa melakukan perawatan yang tepat, hal itu juga tidak akan pernah terjadi. Dalam merawat kuku kaki yang rusak, tidak selamanya harus menggunakan cara-cara mahal. Anda bisa melakukannya sendiri dengan cara-cara yang sederhana dan menggunakan bahan-bahan yang alami.

Berikut ini kami berikan 5 cara yang tepat dalam merawat kuku kaki yang rusak dan bau:

1. Gunakan Antiseptik

Kerusakan pada kuku seringkali menimbulkan bau yang tidak sedap pada kaki. Penyebabnya adalah bakteri yang berkembang biak dengan subur pada bagian kuku kaki yang rusak. Untuk menghilangkan bau ini, anda dapat menggunakan antiseptik. Pilihlah antiseptik yang aman, kemudian lakukan pengobatan secara rutin hingga bau pada kuku kaki Anda yang rusak menghilang.

Kuku kaki yang rusak juga bisa disebabkan karena infeksi jamur, biasanya jamur akan membuat kuku terlihat kuning. Jamur bisa tumbuh di kuku meskipun kita tidak mengalami luka yang membuat kuku menjadi rusak. Untuk mengatasi jamur ini kita harus menggunakan obat anti jamur yang tepat. Jika Anda bingung menentukannya sendiri maka sebaiknya lakukan konsultasi dengan dokter di klinik terdekat.

2. Jangan Gunakan Sepatu Untuk Sementara Waktu

Bau pada kuku kaki yang rusak juga bisa di sebabkan karena penggunaan sepatu yang tidak nyaman. Sepatu yang terlalu sempit atau terlalu longgar adalah penyebab utama terjadinya kerusakan yang semakin parah pada kuku. Selain itu pada saat kuku sedang mengalami infeksi sebaiknya anda tidak menggunakan sepatu dulu sementara waktu. Hal ini untuk menghindari suasana lembab di dalam sepatu yang justru akan membuat bakteri semakin mudah untuk berkembang biak.

Apalagi jika kuku yang rusak itu disebabkan karena luka, menggunakan sepatu akan membuatnya sembuh lebih lama. Kondisi di dalam sepatu yang lembap juga akan membuat luka pada kuku lebih lama mengering.

3. Rendam Dengan Larutan Air Hangat Dan Garam

Larutan garam di dalam air hangat merupakan solusi yang murah meriah untuk merawat kuku kaki yang rusak dan berbau. Hal ini di sebabkan karena garam memiliki sifat antiseptik yang dapat membunuh berbagai kuman yang menyebabkan kaki menjadi berbau. Selain itu rasa hangat pada air juga bisa meredakan nyeri jika kuku yang rusak tersebut mengalami peradangan.

Cara membuatnya pun cukup mudah, cukup masukkan beberapa liter air hangat kedalam bejana kemudian tambahkan garam kasar. Aduk hingga larut dan rendamlah kaki Anda selama kurang lebih setengah jam. Lakukan secara rutin hingga masalah kaki rusak dan bau Anda menghilang.

4. Minyak Zaitun

Cara merawat kuku kaki yang rusak selanjutnya adalah dengan menggunakan minyak zaitun. Minyak zaitun mengandung senyawa asam yang dapat merangsang pertumbuhan kuku lebih cepat. Dengan menggunakan minyak zaitun pada kuku yang rusak akan mempercepat tumbuhnya kuku baru yang membuatnya cepat pulih.

Selain itu minyak zaitun juga memiliki sifat anti bakteri yang ampuh untuk mengurangi bau pada kaki. Cara menggunakannya pun cukup mudah, cukup dengan di oleskan pada kuku kaki yang rusak 2 kali sehari. Lakukan secara rutin setiap hari hingga masalah kuku Anda menghilang.

5. Belimbing Wuluh Dan Jeruk Nipis

Bahan terakhir yang dapat di gunakan untuk merawat kuku kaki yang rusak dan bau adalah belimbing wuluh dan jeruk nipis. Kedua buah yang rasanya sangat asam ini sangat ampuh untuk membunuh berbagai kuman pada kuku. Selain itu kandungan kalsium dan vitamin C yang ada di dalamnya juga mampu membuat kuku menjadi lebih kuat.

Tapi perawatan dengan menggunakan belimbing wuluh dan jeruk nipis ini jangan dilakukan pada luka baru yang ada di kuku karena rasanya akan terasa sangat perih. Jika kuku mengalami luka maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah membersihkannya dengan air bersih dan antiseptik lalu diberi obat luka seperti betadine untuk mencegah terjadinya infeksi.

Itulah 5 tips merawat kuku yang rusak dan bau yang bisa Anda lakukan dengan menggunakan bahan alami yang mudah kita temukan. Jika ternyata kuku kaki Anda yang rusak itu sudah cukup parah maka tidak ada salahnya Anda segera mengunjungi dokter untuk mendapatkan perawatan yang lebih intensif dan tepat. Semoga membantu.

Facebook Comments
Artikel Selanjutnya
Load More By Masroni
Load More In Artikel Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Sisihkan Pendapatan Walau Penghasilan Pas-Pasan

Dalam kehidupan, ada kalanya penghasilan kita tidak sesuai dengan harapan. Tetapi jangan l…