Depan Artikel Kesehatan Manfaat Buah Bagi Kesehatan

Manfaat Buah Bagi Kesehatan

7 min read
0
433
7 Manfaat Buah Bagi Kesehatan

Manfaat Buah Bagi Kesehatan Tubuh itu sangat banyak. Untuk tetap sehat dan berfungsi dengan baik, tubuh membutuhkan asupan nutrisi yang baik dan cukup. Tanpa asupan nutrisi yang baik, ibarat mesin, tubuh akan karatan sehingga tidak dapat berfungsi dengan baik. Oleh sebab itu, diperlukan berbagai jenis asupan nutrisi yang dapat menunjang kesehatan tubuh. Salah satu sumber pangan yang mengandung banyak nutrisi dan amat dibutuhkan tubuh ialah buah.

Baca juga : Mengenal Lebih Dekat 5 Tips Gaya Hidup Sehat

Inilah 7 Manfaat Buah Bagi Kesehatan

Sebagai salah satu sumber pangan alami, buah memiliki ragam manfaat yang dapat membantu menjaga stabilitas organ dalam tubuh. Oleh karena itulah para pakar kesehatan, menganjurkan makan makanan seimbang yang salah satunya terdiri dari buah-buahan. Untuk mengetahui seberapa penting buah bagi Kesehatan, berikut ini Manfaat Buah Bagi Kesehatan tubuh kita:

  1. Sebagai Sumber Vitamin bagi Tubuh

Kita mungkin bisa memperoleh vitamin dari sayur atau suplemen. Tetapi vitamin yang terdapat dalam buah tidak rusak sebagaimana vitamin dalam sayur yang masih melalui proses dimasak. Juga tidak tercampur bahan kimia sebagaimana suplemen. Buah kaya sekali akan vitamin. Kandungan vitamin dalam buah tentu saja beragam jenisnya. Tergantung jenis buah yang kita konsumsi. Misalnya apel yang banyak mengandung vitamin A, sementara jeruk yang memiliki kandungan vitamin C melimpah. Sementara vitamin sendiri sangat dibutuhkan tubuh dalam proses metabolisme. Untuk bisa berfungsi dan bekerja dengan baik, semua organ tubuh membutuhkan vitamin.  Dan itu bisa diperoleh dari buah-buahan.

  1. Sumber Air

Buah juga menjadi salah satu sumber air bagi tubuh. Ada banyak sekali buah-buahan yang mengandung banyak air. Seperti Buah Pear, Rambutan, Kelapa, Pepaya, Sirsak dan lainnya. Yang tak kalah penting, air yang terkandung dalam buah tentu lebih steril dan menyehatkan dibandingkan air putih.

  1. Sumber Antioksidan

Antioksidan merupakan salah satu senyawa yang berfungsi menetralkan racun-racun yang masuk ke dalam tubuh. Dan antioksidan banyak ditemukan di dalam kandungan buah. Terutama jenis buah beri-berian. Racun yang masuk ke dalam tubuh dapat berasal dari asap kendaraan, debu, polusi udara, bahkan bisa berasal dari makanan atau minuman yang kita konsumsi.

  1. Sumber Serat dan Kolagen

Manfaat Dan Kandungan Buah-buahan juga penting dalam proses mencerna makanan. Tubuh membutuhkan serat. Semakin banyak serat dikonsumsi, semakin mudah pencernaan kita dalam mencerna makanan. Dan buah merupakan sumber serat yang bagus untuk membantu memperlancar sistem pencernaan. Kekurangan serat dapat menyebabkan gangguan sistem pencernaan seperti perut kembung, begah, hingga sembelit. Buah juga kaya akan kolagen. Kolagen merupakan zat yang dibutuhkan tubuh dalam meregenerasi sel-sel yang telah mati setelah bekerja dalam sistem metabolisme tubuh.

  1. Sebagai Sarana Pengobatan Alami

Beberapa jenis buah dapat digunakan sebagai obat alami. Contohnya alpukat, dapat digunakan untuk mengobati anemia. Manggis dapat dijadikan sebagai obat kanker. Beberapa jenis buah juga dikenal dalam dunia Kesehatan sebagai obat peradangan. Ikhtiar pengobatan alami dengan buah memang tidak cepat sebagaimana obat kimia yang beredar di dunia medis. Namun tentu tidak beresiko dibandingkan penggunaan obat kimia.

  1. Memulihkan Stamina

Rasa buah yang segar, kaya air dan serat sangat bagus untuk memulihkan stamina tubuh. Apalagi buah merupakan makanan yang mudah dicerna oleh tubuh. Sehingga lebih cepat memulihkan stamina dibandingkan makanan berat seperti nasi. Sebelum dan sesudah berolahraga, sangat cocok mengonsumsi buah. Terutama buah yang banyak mengandung karbohidrat seperti pisang dan alpukat. Dengan begitu, stamina selama berolahraga terjaga dan segera terbantu setelahnya.

  1. Menu Utama Program Diet

Buah tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan. Manfaat Buah-buahan Untuk Kecantikan juga ada. Buat kamu yang sedang program diet, buah merupakan menu yang recomended banget. Buah yang kaya serat membantu menyerap dan mengeluarkan lemak dengan cepat. Selain itu, buah mudah dicerna oleh tubuh. Jadi tidak mengendap di tubuh menjadi timbunan lemak. Beberapa jenis buah juga mengandung karbohidrat rendah. Dan itu bisa dijadikan makanan pengganti karbohidrat pada nasi atau roti.

Itulah beberapa Manfaat Buah Bagi Kesehatan. Makanan yang sehat akan menjadikan pola hidup menjadi lebih sehat. Pola hidup sehat akan menunjang kehidupan yang lebih baik, kini dan di masa depan.

Facebook Comments
Artikel Selanjutnya
Load More By Masroni
Load More In Artikel Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Manfaat Asuransi Kecelakaan Diri Yang Harus Diketahui

Asuransi kecelakaan diri dapat diambil sebagai alternatif proteksi diri dalam kehidupan. B…