Depan Artikel Kesehatan 7 Manfaat Mentimun Bagi Kesehatan

7 Manfaat Mentimun Bagi Kesehatan

7 min read
0
0
34
7 Manfaat Mentimun Bagi Kesehatan

Siapa yang menyangka tentang manfaat mentimun yang ternyata sangat banyak. Hampir seluruh orang di seluruh dunia pasti kenal dengan buah yang lebih akrab disebut sebagai sayur ini. Mentimun merupakan salah satu jenis buah sayur yang tumbuh dengan baik di tanah beriklim tropis seperti Indonesia. Namun demikian, mentimun juga sulit tumbuh bila curah hujan sedang tinggi. Dan yang tak kalah penting harus kamu ketahui, mentimun merupakan satu sayur yang kaya manfaat.

Baca juga : 8 Sayuran yang Cocok Untuk Program Diet

Inilah 7 Manfaat Mentimun Bagi Kesehatan

Seperti yang telah kita ketahui bersama, mentimun memiliki banyak kandungan air di dalamnya. Coba saja anda kupas kulit mentimun dan belah isinya, maka anda akan dapati banyak air di dalamnya. Mentimun sering kali kita jumpai di menu rujak dan lalapan. Namun demikian, mentimun tak hanya dimanfaatkan dalam dunia kesehatan, beberapa orang juga banyak yang mengambil manfaat dari mentimun untuk dunia kecantikan dan perawatan tubuh bagian luar. Lalu seperti apa sih manfaat mentimun? Berikut ini kami sajikan beberapa manfaat mentimun bagi kesehatan:

  1. Menurunkan Tekanan Darah

Sering kita dengar guyonan kalau suka marah-marah, sebaiknya perbanyak makan mentimun. Anda boleh percaya boleh tidak, guyonan tersebut tidak lepas dari fakta bahwa mentimun mampu menurunkan tekanan darah. Dimana, sering marah-marah merupakan salah satu pertanda seseorang mengalami tekanan darah tinggi. Hipertensi tersebut akan memicu emosi yang selanjutnya terlampiaskan dengan marah-marah. Dan salah satu cara menurunkannya ialah dengan perbanyak mengonsumsi mentimun. Manfaat Mentimun Untuk Hipertensi memang sangat bagus.

  1. Menjaga Kesehatan Ginjal

Kita tahu banget kalau mentimun banyak sekali mengandung air. Dan ginjal merupakan salah satu organ tubuh yang banyak membutuhkan air. Dengan mengonsumsi mentimun, secara tidak langsung kita sudah menjaga kesehatan ginjal. Kandungan air yang tinggi dalam mentimun membantu ginjal dalam mengeluarkan urine. Mentimun bagi ginjal bekerja sebagaimana air. Untuk kamu yang banyak beraktivitas duduk dan berdiri lama, alangkah lebih baik bila mengonsumsi mentimun sebagai pengganti air.

  1. Menurunkan Kolesterol Dalam Darah

Darah kita mengandung lemak dalam kadar tertentu. Darah yang sehat ialah darah yang kandungan lemaknya standard. Kandungan lemak yang tinggi di dalam darah dapat menyebabkan penyakit kolesterol dan tekanan darah tinggi. Bahkan berisiko terhadap penyakit berbahaya lainnya. Mentimun memiliki manfaat menurunkan kadar kolesterol atau lemak yang tidak diperlukan dalam darah.

  1. Menurunkan Kadar Gula

Selain menurunkan kadar kolesterol dalam darah, mentimun juga membantu menurunkan kadar gula dalam darah. Cocok dikonsumsi oleh penderita diabetes. Dengan catatan, mengonsumsi mentimun tidak dicampur dengan apapun. Baik itu gula atau garam. Bila kamu hendak menurunkan kadar gula dalam darah menggunakan mentimun, cukup konsumsi mentimunnya saja secara langsung.

  1. Memperbaiki Stamina dan Mengobati Dehidrasi

Haus dan kelelahan setelah beraktivitas padat, mentimun cepat mengembalikan stamina yang hilang. Selain itu, mentimun juga cepat menghilangkan rasa haus dan mengobati dehidrasi atau kekurangan cairan. Saat haus dan hanya menemukan mentimun, ia bisa menjadi pengganti air.

  1. Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat Mentimun Untuk Wajah ialah melembabkan. Bila dikonsumsi secara rutin, mentimun juga membantu menjaga kesehatan kulit. Kandungan antioksidan serta kadar air yang tinggi membantu tubuh memproduksi kolagen. Kolagen sendiri dibutuhkan tubuh untuk regenerasi sel. Termasuk sel kulit. Di dunia kecantikan, mentimun digunakan sebagai masker dan perawatan mata panda. Kandungan air di dalam mentimun mudah diserap oleh kulit. Sehingga kulit menjadi lembab oleh air mentimun. Manfaat Mentimun Bagi Kecantikan membuat produk-produk kecantikan menjadikan mentimun sebagai brand produknya.

  1. Mengobati Peradangan

Mentimun memiliki sifat dingin. Sehingga membantu mengobati peradangan di dalam dan luar tubuh. Contoh kecilnya ialah mata panda. Mata panda merupakan jenis peradangan di area mata akibat kelelahan. Dan itu bisa diobati dengan menempelkan mentimun pada mata dan sekitarnya. Di dalam tubuh, mentimun dapat membantu mengobati radang tenggorokan dan radang lambung.

Itulah beberapa Manfaat Mentimun Bagi Kesehatan. Sebagai sayur yang mudah sekali diperoleh di sepanjang tahun, tentu mau dong memperoleh manfaat mentimun dengan mengonsumsinya. Segudang nutrisi yang terkandung dalam mentimun bisa kita manfaatkan untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Semoga bermanfaat dan jaga selalu kesehatan anda.

Facebook Comments
Artikel Selanjutnya
Load More By Masroni
Load More In Artikel Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Konsep Dasar Asuransi Syariah Yang Belum Banyak Diketahui

Masih banyak orang yang belum mau ikut dalam asuransi syariah dengan alasan dalam asuransi…