Depan Artikel Kesehatan 9 Manfaat Buah Delima yang Tersembunyi

9 Manfaat Buah Delima yang Tersembunyi

11 min read
0
0
41
9 Manfaat Buah Delima yangTersembungi

Anda harus tahu tentang manfaat buah delima. Delima merupakan salah satu jenis buah yang sudah tidak asing lagi bagi kita. Buah dengan nama latin Punica Granatum ini adalah buah yang berasal dari Iran. Delima bisa tumbuh di daerah dengan iklim subtropis dan tropis, di dataran rendah hingga di bawah 1000 Mpdl. Buah delima ini memiliki 3 jenis, Delima Merah, Delima Putih, dan Delima Ungu. Tanaman buah ini sangat cocok dengan iklim subtropis hingga tropis.

Baca juga : Membersihkan Paru-Paru Dengan Makanan Dan Minuman Ini

Tahukah anda bahwa Buah Delima yang satu ini banyak memiliki manfaat. Kandungan yang terdapat di dalam buah delima sangat baik untuk kesehatan tubuh manusia. Banyak kandungan nutrisi yang terdapat di dalam buah delima, seprti antioksidan. Bahkan kandungan antioksidan buah delima lebih banyak bila dibandingkan dengan anggur merah dan teh hijau.

Selain antioksidan, beberapa Kandungan Nutrisi Buah Delima lainnya adalah vitamin A, niasin (vitamin B3), asam folat (vitamin B9), vitamin C, vitamin E, dan vitamin K. Buah delima juga memiliki kadar magnesium, fosfor, kalsium, zink, zat besi, dan serat, dengan kandungan lemak dan kalori yang rendah. Dengan banyaknya kandungan baik buah delima ini, maka tidak salah jika bangsa Yunani dan India sudah lama menggunakannya sebagai salah satu bahan pengobatan.

Inilah 9 Manfaat Buah Delima yang Tersembunyi yang harus anda tahu

Nah, sekarang kita akan bahas manfaat apa saja sih yang bisa diberikan buah delima ini. Berikut Manfaat Buah Delima bagi kesehatan tubuh kita:

  1. Mencegah penyakit jantung

Manfaat buah delima yang dilansir dari laman Alodokter.com bahwa mengonsumsi jus buah delima minimal 200 mililiter secra rutin selama 90 hari dapat membantu menurunkan gejala iskemia. Iskemia merupakan keadaan otot jantung kekurangan nutrisi untuk berkontraksi sebab ada penyempitan pembuluh darah jantung. Bahkan buah delima dipercaya mampu mencegah kita terkena penyakit jantung.

  1. Mengurangi kolesterol jahat

Kandungan antioksidan yang terdapat di dalam buah delima dapat menjaga kadar kolesterol dalam tubuh. Mengonsumsi jus buah delima yang mengandung efek anti aterogenik dapat menghentikan dan mengurangi penumpukan plak pada dinding pembuluh darah.

  1. Menjaga kadar gula darah

Meskipun delima mengandung fruktosa, namun buah ini tidak membuat kadar gula menjadi naik. Bahkan sebuah penelitian menunjukkan bahwa rutin mengonsumsi jus buah delima selama 2 minggu tidak membuat adanya peningkatan signifikan pada gula darah.

  1. Menjaga tekanan darah

Delima merah juga dikenal dapat mengurangi tekanan darah tinggi, serta juga dapat mengurangi peradangan pada pembuluh darah bagi pasien penyakit jantung. Delima merah juga menjaga darah dari proses koagulasi dan penggumpalan darah.

  1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Dilema memiliki sifat anti bakteri dan mikroba yang dapat membantu melawan virus dan bakteri yang akan menggnggu system kekebalan tubuh. Anti mikroba pada delima juga memberikan perlindungan dari penularan HIV.

  1. Memperlambat kanker prostat

Jus buah delima dipercaya mampu mencegah tumbuhnya kanker prostat. Pasalnya buah delima memiliki antioksidan yang dapat melawan radikal bebas dan juga mampu memperbaiki serta mencegah terjadinya kerusakan DNA yang bisa memicu tumbuhnya kanker. Mengonsumsi jus ini secara rutin akan membentu membunuh  dan menekan pertumbuhan sel-sel kanker.

  1. Mengurangi resiko osteoporosis

Buah delima dapat membantu memperkuat tulang dan mencegah terjadinya pengeroposan tulang atau osteoporosis. Menurut Alodokter.com, percobaan yang dilakukan pada tikus yang struktur biologisnya sama dengan manusia membuktikan demikian.

  1. Mengembalikan sel kulit

Delima juga berkhasiat untuk kecantikan, dimana bauha delima mampu melindungi epidermis dan dermis kulit dengan membantu dalam mengembalikan sel kulit.

  1. Memperlambat proses penuaan dini

Mengonsumsi buah delima dapat menghindarkan kita dari hyper pigmentation. Selain itu juga dapat mencegah munculnya bintik-bintik penuaan, bintik hitam pada kulit, garis wajah dan wrinkles yang biasanya disebabkan oleh paparan sinar matahari.

Itulah beberapa manfaat buah delima bagi kesehatan dan perawatan tubuh manusia. Selain yang sudah disebutkan, mengonsumsi buah delima juga dapat memberikan kebaikan-kebaikan lain bagi tubuh, baik untuk kecantikan, kesehatan tubuh, serta sangat membantu menjaga kesehatan ibu hamil dan perkembangan bayinya. Disamping itu, delima juga berkhasiat untuk mencegah anemia dan meningkatkan kesehatan system pencernaan.

Anda tentu sudah sangat paham sekali dengan bentuk buah ini, namun ternyata sebagian orang masih bingung dengan Cara Makan Buah Delima ini. Kebanyakan orang tahu bahwa delima hanya bisa dikonsumsi dengan cara di jus. Tapi ternyata ada beberapa car unik yang bisa anda praktekkan ketika ingin mengonsumsi buah delima, yaitu:

  1. Jadikan sebagai cemilan

Anda bisa mengonsumsi buah delima dengan cara menjadikannya cemilan layaknya anda saat ngemil kacang. Anda hanya perlu membelah buah ini, kemudian bijinya bisa langsung disendok atau diambil sedikit-sedikit dengan tangan. Cemilan delima bisa anda nikmati kapan saja, ini tentu lebih baik daripada ngemil makanan lain seperti gorengan atau makanan-makanan manis.

  1. Sup delima

Delima ternyata juga bisa menjadi campuran pada sup daging. Sup ini dikenal dengan nama Ash-e Anar yang merupakan makanan khas dari negara Iran, negara asal si cantik delima. Ini tentu akan menajdi perpaduan yang menarik, memiliki rasa pedas, manis, gurih, dengan tampilan warna yang cantik. Jika anda penasaran, anda cukup menyiapkan bola-bola daging (sapi atau domba) yang dimasak dengan kaldu ayam, rempah-rempah (kunyit, jintan hitam, sirup delima). Sajikan sup ini dengan tooping biji buah delima, grrek yogurt, ketumbar danparsley yang dicincang.

  1. Taburan pada makanan dan minuman

Anda bisa menaburkan biji buah delima pada makanan dan minuman anda. Misalnya, saat anda sarapan dengan sereal taburkanlah delima, atau saat membuat jus apel berilah delima saat menyajikannya.

  1. Sebagai campuran rujak dan salad buah

Delima juga bisa menjadi tambahan rujak, anda belum pernah kan mencobanya. Anda yang suka dengan salad buah juga bisa menambahkan delima sebagai pelengkap salad anda.

Bagaimana sobat, anda tertarik mencobanya kan? Ternyata buah delima tidak hanya bisa di buat menjadi jus saja, banyak variasi lain dalam Cara Makan Buah Delima yang perlu anda coba saat anda bosan dengan jus. Namun, sepertinya menjadikan delima sebagai jus rutin anda setiap hari akan lebih banyak membantu, sebab biji delima mengandung serat yang tinggi. Sebab biasanya, saat memakan buah delima sebagai cemilan, tidak jarang bijinya akan dibuah.

So, semua pilihan ada ditangan anda, termasuk pilihan untuk sehat. Anda bisa mengonsumsi buah delima bagaimanapun anda mau, dengan catatan tidak menghilangkan khasiat yang ada dalam buah delima. Jadi, selamat mencoba ya, semoga anda sehat selalu. J

Facebook Comments
Artikel Selanjutnya
Load More By Masroni
Load More In Artikel Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Konsep Dasar Asuransi Syariah Yang Belum Banyak Diketahui

Masih banyak orang yang belum mau ikut dalam asuransi syariah dengan alasan dalam asuransi…