Depan Artikel Kesehatan 9 Pemicu Jerawat Makin Parah

9 Pemicu Jerawat Makin Parah

7 min read
0
413
9 Pemicu Jerawat Makin Parah

9 Pemicu Jerawat Makin Parah – Membicarakan masalah jerawat, sepertinya tidak ada habisnya dan sangat mengesalkan. Masalah wajah yang satu ini menjadi hal yang paling menganggu karena selain sakit, juga membuat wajah tidak tampil cantik dan sehat.

Baca juga : Biaya Naik Haji Dengan Allianz Tasbih

Pemicu Jerawat Makin Parah

Kehadiran jerawat, apalagi jika jumlahnya banyak, mengurangi kepercayaan diri bukan? Mulai dari pemakaian makeup yang tidak maksimal sampai rasa tidak pede untuk tampil di depan banyak orang. Kalau Anda sudah mencoba berbagai macam cara, tapi justru bikin jerawat semakin banyak, coba periksa kembali. Siapa tahu tanpa disadari Anda melakukan hal-hal yang bisa bikin jerawat semakin parah seperti pada penjalasan di bawah ini.

Berikut ini adalah 9 pemicu jerawat makin parah yang perlu Anda pahami :

  1. Terlalu Sering Mencuci Muka

Tahukah Anda dengan terlalu sering mencuci wajah, tidak akan membantu memperbaiki kondisi kulit wajah yang berjerawat. Sebaliknya, wajah yang terlalu sering dicuci dengan sabun wajah dapat menjadi kering pada awalnya. Setelah itu, produksi minyak pada kulit malah akan menjadi berlebihan sehingga pori-pori wajah jadi tersumbat oleh sebum dan timbulah jerawat. Apalagi kalau Anda selalu mencuci muka dengan air hangat tanpa dibilas lagi dengan air dingin.

  1. Sering Melakukan Peeling

Jika Anda berkonsultasi di ahli dermatogolis atau pada klinik kecantikan, mereka pasti menyarankan melakukan peeling setidaknya satu kali dalam seminggu. Karena, jika Anda terlalu sering melakukan peeling, bukannya wajah Anda menjadi cerah dan sehat, hal ini malah akan berdampak bakteri pada wajah yang berjerawat lebih mudah menyebar ke area wajah dan membuat wajah menjadi lebih sensitif. Imbasnya wajah Anda akan timbul jerawat baru dan jerawat lama belum tentu sembuh malah akan semakin meradang.

  1. Memencet Jerawat

Pasti sudah banyak yang tahu jika salah satu hal yang satu wajib banget dihindari saat berjerawat adalah memencetnya. Akan tetapi, tidak dipungkiri masih banyak orang yang berjerawat sering memencet jerawatnya secara tidak sadar atau mungkin tidak sengaja tergaruk. Padahal dengan memencet jerawat, dapat menyebabkan bakteri yang ada di wajah dan tangan bisa masuk ke lubang jerawat yang baru dipencet dan akan menyebabkan jerawat jadi makin parah dan meradang. Parahnya lagi, bakteri ini juga bisa masuk ke pori-pori di bagian wajah yang sebelumnya tidak berjerawat.

  1. Menggunakan Banyak Produk Wajah

Produk wajah yang dimaksud di sini sebenarnya produk untuk mengatasi jerawat. Meski sama-sama bertujuan untuk membasmi jerawat, namun satu produk dan produk lainnya memiliki kompisisi berbeda yang belum tentu baik bila dicampur. Misalnya pemakaian produk A bisa berfungsi mengeringkan jerawat, namun akan lain cerita kalau Anda mencampurnya dengan produk B karena punya fungsi lainnya dan Anda menganggap akan berfungsi maksimal jika dicampur dan dipakai keduanya pada wajah. Jadi, kalau Anda punya kebiasaan ini, jangan heran jika akan ada jerawat baru yang muncul lebih banyak lagi.

  1. Tidak Pakai Pelembab Wajah

Meski kulit wajah Anda yang sering memiliki wajah berjerawat tergolong berminyak, pemakaian pelembab juga penting, dan sangat dibutuhkan. Karena dengan pemakaian pelembab fungsinya tidak hanya dapat menghidrasi kulit wajah, namun juga dapat melindungi kulit wajah dari paparan bahaya sinar ultraviolet yang ada pada sinar matahari yang menyebabkan jerawat malah semakin parah karena paparan sinar tersebut yang dapat memancing wajah berminyak dan mudah berjerawat.

  1. Makan Berminyak

Suka makan gorengan? Junk food? Sebaiknya ubah kebiasaan ini karena ternyata dapat membuat jerawat makin parah karena wajah akan berminyak. Sebaiknya minumlah air lebih banyak untuk melembabkan wajah,

  1. Begadang

Nah, sebaiknya tidur dengan cukup dan teratur sangat disarankan untuk Anda karena akan memacu kulit untuk bernafas dan membuat kulit dapat beristirahat saat malam hari. Terdapat penelitian yang ternyata orang yang lebih sering begadang memiliki masalah kulit lebih sering.

  1. Stress

Apakah Anda memiliki masalah atau terlalu lelah dan akhirnya stress? Nah, hal ini akan mengganggu sistem hormonal Anda dan wajah akan cenderung untuk berjerawat. Jadi hindari stress dengan sering mengambil istirahat atau membagi susah dan duka Anda pada sahabat atau keluarga untuk menghindari stress.

  1. Handphone dan Tangan Kotor

Salah satu penyebab jerawat makin parah adalah handphone yang sering kita gunakan telepon dan tangan yang kotor dapat menyebabkan jerawat makin parah loh, jadi sebaiknya cuci tangan dan bersihkan ponsel Anda sebelum menyentuh wajah.

Demikian adalah 9 pemicu jerawat makin parah yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat.

Artikel Selanjutnya
Load More By Masroni
Load More In Artikel Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Inilah Cara Mudah Mengatasi Hidung Tersumbat yang Menganggu

Sebenarnya, ada Cara Mengatasi Hidung Tersumbat yang tersedia dan bisa anda praktekkan sec…