Depan Artikel Kesehatan Bahaya Flu Singapura

Bahaya Flu Singapura

6 min read
0
1,231
Bahaya Flu Singapura

Bahaya Flu Singapura – Ramai diperbincangkan masyarakat, flu singapura patut Anda waspadai. Selayaknya serupa dengan jenis flu yang umumnya terjadi, flu singapura termasuk cepat penularannya. Untuk pertanda flu singapura ini ditandai dengan adanya pilek dan batuk namun yang paling mebedakan dengan flu lainnya yaitu terdapat tanda seperti ruam merah serta lesi pada tubuh seperti bagian tangan dan lidah. Penularan virus ini sendiri tergolong mudah menular dan berlangsung cepat sperti flu pada umumnya, sehingga penanganannya pun harus sigap.

Bahaya Flu Singapura

Penyakit ini diberi nama flu Singapura, karena asal penyakit ini berasal dari negara Singapura yang bertetanggaan dengan negara Indonesia. Penyakit ini dalam istilah kedokteran lebih dikenal dengan nama HFMD (hand, foot, and mouth disease) atau dalam bahasa Indonesia penyakit KTM (kaki, tangan serta mulut) karena menyerang atau timbul gejala pada bagian ini. Memang flu ini tidak mematikan, namun jangan pernah menganggapnya sepele. Apalagi jika yang terjangkiti adalah anak-anak serta balita yang mempunyai daya tahan tubuh yang lemah. Karena dapat berdampak diare, kejang hingga meningitis.

Penyebab Flu Singapura

Penyebab dari flu ini adalah virus RNA yang masih masuk kategori famili Picornaviridae dan flu ini termasuk jenis penyakit yang berjangkit infeksi. Secara umum, flu yang biasa terjadi hanya menyebabkan penderitanya mengalami pilek, batuk serta demam dan menyerang area tenggorokan.

Baca juga : Agen Allianz Sebagai Free Financial Consultant

Tapi setelah anak menderita demam sekitar 2 sampai 3 hari, muncul ruam merah dan lesilesi (berair seperti cacar air) pada beberapa bagian di tubuhnya, Ada beberapa area yang lebih dominan terkena lesi, seperti area sekitar lidah, mulut, tenggorokan dan pipi. Serta beberapa bagian lain pada selangkangan, kaki, tangan dan bokong bayi.

Biasanya kemunculan penyakit menular ini ketika musim panas. Umumnya anak-anak akan terserang penyakit KTM karena ketahanan tubuh balita atau anak-anak lebih rendah dari pada ketahanan tubuh orang dewasa yang pastinya lebih kuat, sehingga balita dan anak-anak akan lebih berisiko.

Penularannya flu Singapura bisa melalui berbagai media yang ada disekitar kita yang terkena air liur, misalnya air liur, tinja, atau penularan kontak tidak langsung melalui barang-barang yang terkontaminasi oleh sekresi tadi. Misalnya, menggunakan peralatan makan yang sama dan belum dicuci bersih.

Penularannya juga sering terjadi pada tempat-tempat dan fasilitas umum, contohnya tempat untuk menitipkan anak atau taman untuk bermain. Peran serta orangtua sangat penting untuk mencegah perkembangan virus ini, biasakanlah anak untuk mencuci tangan sebelum makan dan jangan menggunakan sendok yang sama untuk menyuapi kedua anak. Sebaiknya setiap anak mempunyai peralatan makan sendiri-sendiri.

Penyakit ini mempunyai masa inkubasi 5 sampai 7 hari, dimana virus sudah masuk ketubuh seseorang, tapi gejalanya sendiri belum terlihat. Gejala awal yang terlihat yaitu demam yang tidak terlalu tinggi berlangsung sekitar 2 sampai 3 hari, disertai juga dengan sakit leher atau faringitis. Gejala flu yang pada umumnya terjadi juga ikut menyertai, seperti nafsu makan hilang serta pilek.

Gejala lain yang menyertai penularan penyakit ini adalah sariawan pada bibir, di area lidah, gusi, sehingga menyebabkan anak sulit makan. Tapi aanak tetap harus makan dlama upaya penyembuhannya. Beri jeruk atau buah lain yang sarat vitamin C untuk mengobati sariawannya.

Seiring dengan hal tersebut muncul juga ruam merah pada kulit. KTM ini masuk jenis penyakit self limiting diseases atau jenis penyakit yang dapat sembuh dengan sendirinya dalam kurun waktu 7 sampai 10 hari dan tidak perlu melakukan perawatan di rumah sakit. Yang diperlukan penderita hanyalah istirahat yang cukup karena terjadi penurunan daya tahan tubuh. Penderita flu singapura akan melakukan perawatan bila gejala berat serta komplikasi ikut menyertai.

Nah itu dia bahaya dari flu Singapura, mungkin penyakit ini tidak mematikan namun dapat berbahaya jika tidak tertangani dan timbul komplikasi lainnya.

Maksimalkan proteksi finansial anda dengan produk asuransi yang tepat yaitu allianz syariah 🙂

Untuk illustrasi bisa langsung menghubungi kami di 0811 78 1610 🙂

Artikel Selanjutnya
Load More By Masroni
Load More In Artikel Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tanda, Gejala dan Penyebab Polio

Polio dalam sejarah telah dibagi menjadi beberapa kategori, terutama tergantung pada bagia…