Depan Artikel Kesehatan Cara Alami Merawat Kuku Rapuh dan Mudah Patah

Cara Alami Merawat Kuku Rapuh dan Mudah Patah

8 min read
0
17
Cara Alami Merawat Kuku Rapuh dan Mudah Patah

Sangat menyenangan ketika kuku tangan kuat dan tidak mudah patah karena kuku juga meningkatkan penampilan jari yang menawan. Tetapi  sayangnya karena kebiasaan kebiasaan tertentu membuat kuku rapuh dan mudah patah. Kebanyakan wanita berusaha untuk memiliki kuku yang indah dan kuat. Kuku yang lemah dan rapuh dapat dengan mudah menjadi retak atau terkelupas ialah masalah umum yang terjadi baik pada pria maupun wanita.

Baca juga : 5 Tips Merawat Kuku Kaki Yang Rusak Dan Bau

Ada tiga faktor utama yang paling umum yang menyebabkan kuku rapuh dan mudah patah yaitu penuaan, penggunaan jangka panjang bahan kimia perawatan pada kuku seperti cat kuku dan kebiasaan merendam kuku di air atau sering terkena air saat mencuci, mandi dsb. Kuku rapuh juga dapat dikaitkan dengan beberapa penyakit, seperti hipertiroidisme, hipotiroidisme, kondisi paru-paru, psoriasis, lichen planus, alopecia areata, eksim, anemia, infeksi jamur, dan gangguan endokrin.

Penyebab lainnya yang dapat menyebabkan kuku rapuh, mudah patah dan rusak ialah penggunaan bahan kimia, sering menggunakan remover cat kuku, dehidrasi, lingkungan yang terlalu kering, kekurangan gizi atau nutrisi dan banyak penyebab lainnya. Nah kali ini saya akan sedikit share tentang bagaimana cara menguatkan kuku menggunakan bahan alami yang dapat menutrisi kuku dan mencegah kuku mudah patah seperti dikutip dari Home Remedies:

Minyak Kelapa membantu menutrisi kuku

Lemak jenuh dalam minyak kelapa bekerja sebagai pelembab alami untuk kuku dan membantu kuku lebih lentur dan kuat. Kandungan antibakteri dalam minyak alamikelapa juga membantu mencegah berbagai jenis infeksi kuku. Tak hanya minyak kelapa murni kamu  juga bisa menggunakan minyak zaitun untuk perawatan ini. Cara menggunakannya ialah sebagai berikut:

Hangatkan 3 sendok makan minyak kelapa atau secukupnya dalam wajan (cukup hangat jangan sampai mendidih) dan menerapkannya pada setiap kuku. Pijat lembut dan menyeluruh selama lima menit. Hal ini akan meningkatkan sirkulasi darah dan menjaga kuku tetap lembap. Lakukan hal ini setiap menjelang tidur dan kamu  bisa melihat perbedaannya dalam 1 bulan.

Pilihan lainnya ialah dengan mencampur secangkir seperempat minyak kelapa hangat dan sedikit air jeruk dalam mangkuk. Rendam kuku Kamu  dalam larutan ini selama 10 menit sebelum tidur. Pakailah sarung tangan semalam untuk hasil terbaik.

Cuka sari Apel (ACV)

Cuka sari apel atau Apple cedar vinegar ialah obat lain yang baik untuk kuku rapuh dan mudah patah. Cuka sari apel diperkaya dengan kandungan nutrisi yang sehat untuk kuku Kamu , seperti vitamin, kalium, magnesium, kalsium, dan zat besi. Plus, cuka sari apel memiliki asam malat dan asam asetat yang dapat membantu memerangi infeksi pada kuku. Cara menggunakannya cukup mudah yaitu campur cuka sari apel dengan air perbandingan 1:1 dan rendam kuku kamu  dalam mangkuk yang telah berisi campuran tersebut selama beberapa menit. Segera setelah selesai merendam, angkat kuku kamu  dan dengan lembut menekan kutikula. Lakukan ini sekali sehari dan dalam beberapa hari kuku Kamu  akan menjadi lebih kuat.

Vitamin E membantu menguatkan kuku

Seringkali penyebab utama di balik kuku rapuh dan mudah patah ialah kurangnya kelembaban alami pada kuku. Minyak vitamin E ialah obat terbaik untuk menjaga kuku Kamu  pelembap alami dan menjaganya tetap terhidrasi. Ini juga akan membantu memperkuat dan menyehatkan kuku Kamu  dan kutikula.

Minyak pohon teh mencegah kuku mudah patah

Minyak pohon teh juga dapat membantu mengobati kuku yang rapuh, terutama ketika yang disebabkan oleh infeksi jamur. Menjadi antiseptik yang kuat, membantu melawan infeksi. Ini juga akan membantu mengobati kuku berubah warna.

  • Campurkan setengah sendok teh minyak vitamin E dan beberapa tetes minyak pohon teh.
  • Gosokkan solusi ini pada setiap kuku dan pijat dengan lembut selama beberapa menit.
  • Lalu, Biarkan selama 30 menit.
  • Setelah itu, Bilas dengan air hangat, keringkan dan oleskan pelembab lotion.
  • Kemudian, lakukan ini dua kali sehari selama satu bulan.

Lemon

  • Untuk memperkuat dan memperbaiki kondisi kuku yang rapuh, jus lemon ialah pilihan yang baik. Plus, itu akan membantu mencerahkan kuku Kamu dan membuat mereka terlihat lebih putih dari sebelumnya.
  • Setelah itu, Campurkan satu sendok makan jus lemon segar dan tiga sendok makan minyak zaitun dalam mangkuk kecil. Kemudian Panaskan dalam microwave selama beberapa detik, sampai campuran terasa hangat saat disentuh. Menerapkannya ke kuku menggunakan kapas bersih sebelum tidur. Pakailah sarung tangan dan biarkan semalam.
  • Pilihan lain ialah dengan mencampur bagian bersama-sama sama jus lemon segar dan minyak argan dan rendam kuku Kamu dalam larutan selama 20 menit.

Sekian ulasan artikel yang dapat kami jelaskan mengenai  cara alami merawat kuku rapuh dan  mudah patah yang bisa kamu jadikan referensi untuk menambah pengetahuan , terima kasih telah berkunjung .

Facebook Comments
  • 5 Tips Merawat Kuku Kaki Yang Rusak Dan Bau

    5 Tips Merawat Kuku Kaki Yang Rusak Dan Bau

    Memiliki kuku kaki yang rusak dan bau adalah masalah serius yang tidak bisa di sepelekan. …
Artikel Selanjutnya
Load More By Lucy Anike Putri
Load More In Artikel Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Gigi Kuning Akibat Kopi & Rokok? Yuk Kita Atasi

Gigi kuning? Sudah gak zaman lagi memiliki gigi yang tidak terawat. Tak dapat dipungkiri b…