Depan Artikel Kesehatan Cara Ampuh Mengatasi Osteoporosis

Cara Ampuh Mengatasi Osteoporosis

5 min read
0
29
Cara Ampuh Mengatasi Osteoporosis

Osteoporosis adalah penyakit yang menyerang tulang sehingga mengakibatkan pengapuran dan pengeroposan tulang. Biasanya penyakit ini menyerang pada orang yang sudah berusia 45 tahun ke atas baik pria maupun wanita. Gejala yang umum muncul pada penyakit osteoporosis berupa massa tulang dan kualitas jaringan tulang yang semakin menurun. Jika osteoporosis ini terjadi pada wanita, biasanya hal ini terjadi saat berhentinya siklus haid bulanan, atau menopause. Penyebabnya adalah kurangnya hormon estrogen yang salah satu fungsinya adalah mengangkut kalsium ke dalam tulang wanita. Sehingga wanita lah yang cenderung lebih mudah menderita osteoporosis dari pada kaum lelaki.

Baca juga : Gejala Kanker Tulang, Kenali Gejalanya Sejak Dini

Seringkali osteoporosis yang sudah kronis menyebabkan patah tulang. Pengeroposan tulang yang paling sering terjadi adalah pada bagian tulang belakang, tulang jari tangan, tulang pangkal paha, pinggul, serta tulang rusuk. Tulang merupakan anggota pergerakan dan penyangga tubuh manusia. Pengeroposan dan pengapuran tulang menyebabkan rasa sakit dan mengurangi efektifitas fungsi sebagai penyangga tubuhnya. Oleh karenanya diperlukan cara ampuh dalam mengatasi osteoporosis agar tidak menjadi dalam penghalang pergerakan tubuh.

Berikut ini lima Cara Ampuh Mengatasi Osteoporosis yang bisa dilakukan :

Menambahkan Asupan Kalsium

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya penyakit osteoporosis ada melalui konsumsi makanan yang mengandung kalsium. Makanan atau minuman yang tinggi akan kalsium contohnya adalah susu, kacang hijau, kacang-kacangan, yoghurt, keju, dan lainnya. Selain dari konsumsi makanan dan minuman yang mengandung kalsium, jika diperlukan bisa juga mengkonsumsi suplemen kalsium.

Mendapatkan Cukup Vitamin D

Vitamin D merupakan vitamin yang sangat diperlukan oleh tubuh, karena fungsinya membantu dalam menyokong kepadatan tulang. Selain itu juga membantu kerja tulang dalam menyerap kalsium dalam tubuh. Sehingga jika menginginkan kalsium bisa terserap maksimal, maka harus diimbangi dengan vitamin D yang cukup pula.

Tidak Mengkonsumsi Alkohol Dan Merokok

Bergaya hidup sehat memungkinkan manusia untuk bisa mempertahankan kepadatan tulangnya. Hal yang bisa dilakukan adalah melalui hidup tanpa minum-minuman beralkohol dan tanpa rokok. Selain dampak terhadap kesehatan tubuh, konsumsi alkohol dan merokok bisa memberikan dampak negatif meningkatkan resiko osteoporosis.

Tidak Mengkonsumsi Softdrink (Minuman Bersoda)

Minuman ringan atau softdrink (minuman bersoda) beredar di pasaran dengan banyak merk dan varian rasa. Jika diminum dalam keadaan dingin akan terasa segar. Minuman ini mengandung soda yang bisa mengakibatkan rusaknya lapisan gigi, lapisan tulang dan kalsium di tulang.

Rajin Melakukan Olahraga

Olahraga merupakan aktivitas fisik yang bisa menjaga serta memberikan efek positif terhadap kepadatan tulang, sehingga mengurangi resiko terjadinya osteoporosis. Jangan sampai beranggapan bahwa ketika sudah mengalami osteoporosis baru melakukan olahraga, karena hal ini akan sangat sulit dilakukan, karena akan memperberat kerja tulang. Olahraga yang disarankan bagi orang yang mulai terkena osteoporosis adalah jalan sehat atau lari-lari kecil (jogging). Aktivitas olahraga ini akan semakin efektif jika dilakukan pada saat pagi sebelum jam 8 karena sinar matahari membantu mengoptimalkan kerja vitamin D, yang menstimulasi penyerapan kalsium dalam tubuh.

Demikianlah tadi beberapa Cara Ampuh Mengatasi Osteoporosis yang dapat anda lakukan. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk anda, sayangi dan jaga kesehatan anda mulai sekarang !!

Artikel Selanjutnya
Load More By Lucy Anike Putri
Load More In Artikel Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Cara Menurunkan Gula Darah Dengan Konsumsi Makanan Ini

Kadar gula darah normalbukanlah hal sulit untuk diperoleh. Namun karena gaya hidup buruk d…