Depan Artikel Kesehatan Cara Mengatasi Bau Mulut Secara Alami

Cara Mengatasi Bau Mulut Secara Alami

8 min read
0
0
34
Cara Mengatasi Bau Mulut Secara Alami

Bau mulut merupakan permasalah yang sepele namun cukup menjengkelkan. Bau mulut membuat kita tidak percaya diri dan membuat kerabat kita menjadi tidak nyaman berada di dekat kita. Untuk itu, Anda perlu menemukan cara mengatasi bau mulut yang tepat.

Baca juga : Faktor Inilah Penyebab Tekanan Darah Tinggi

Bau mulut dapat disebabkan oleh berbagai hal. Jenis makanan yang memiliki bau menyengat kerap kali menjadi salah satu penyebab munculnya bau mulut yang mengganggu. Seperti yang kita ketahui, makanan seperti jengkol, petai, dan bawah merah memiliki aroma yang tajam. Sisa makanan yang menempel dan tidak segera dibersihkan dari mulut semakin lama semakin memperburuk bau mulut kita.

Studi menunjukkan bahwa 80% bau mulut disebabkan oleh adanya masalah pada gigi dan mulut seperti permasalahan gusi dan gigi yang berlubang. Oleh karena itu, untuk menjaga agar tidak mengalami masalah ini, perlu diketahui penyebab utamanya terlebih dahulu.

Penyebab Bau Mulut Karena Gangguan Kesehatan

Perlu Anda tahu bahwa cara mengatasi bau mulut tidak hanya bisa dilakukan sendiri tetapi jika ternyata disebabkan karena gangguan kesehatan, maka sebaiknya Anda segera mengunjungi dokter. Beberapa gangguan kesehatan lain yang bisa menjadi penyebab munculnya bau mulut adalah:

  1. Infeksi saluran pernapasan seperti yang diakibatkan karena bronkitis kronis.
  2. Sinusitis, sebagai akibat dari cairan kental yang disebut dengan post nasal drip.
  3. Mulut kering karena gangguan produksi air liur.
  4. Gangguan pencernaan oleh bakteri yang mengakibatkan infeksi saluran pencernaan.

 

Kebiasaan Buruk Yang Menyebabkan Bau Mulut

Kebiasaan yang kita lakukan sehari-hari terkadang tidak kita sadari dapat mengakibatkan aroma mulut yang tidak sedap. Berikut adalah beberapa kebiasaan buruk yang perlu segera Anda hindari:

Kurang Menjaga Kebersihan Mulut

Kesadaran akan perlunya membersihkan mulut dengan berkumur atau menyikat gigi yang rendah merupakan salah satu kebiasaan yang harus dirubah. Selain akan menyebabkan bau mulut, permasalah lain yang berkenaan dengan kesehatan gigi dan mulut bisa saja muncul.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, setelah makan makanan yang berbau menyengat jika tidak segera dibersihkan akan semakin memperburuk bau mulut. Untuk mencegah hal tersebut, Ada baiknya Anda berkumur dengan cairan penyegar mulut atau jika memungkinkan sikatlah gigi dan lidah Anda setiap selesai makan. Cara mengatasi bau mulut dengan menyikat gigi dapat dilakukan sebanyak tiga kali sehari.

Kebiasaan Merokok

Merokok adalah kebiasaan yang sudah pasti harus segera dihentikan. Tidak hanya mengganggu kesehatan paru-paru, merokok pun menjadi salah satu penyebab bau mulut dan merusak warna alami gigi dan gusi.

 

Cara Mengatasi Bau Mulut dengan Bahan Alami

Menghilangkan bau mulut dengan daun sirih

Daun sirih telah digunakan sejak jaman dahulu untuk berbagai macam kebutuhan karena mengandung antiseptik. Kita mengenal daun sirih lebih banyak dipakai untuk mengatasi masalah kewanitaan seperti keputihan.

Tahukah Anda bahwa daun sirih pun bisa digunakan untuk mengatasi bau mulut. Caranya adalah dengan mengunyah daun sirih selama beberapa saat hingga lembut.

Menggunakan rempah-rempah

Selain daun sirih, rempah-rempah yang sering dipakai untuk menghilangkan bau mulut adalah cengkeh dan kayu manis.

Perbanyak minum air putih

Manfaat air putih terbukti baik untuk tubuh, bahkan kita dianjurkan minum air putih setidaknya 2 liter per hari. Cara mengatasi bau mulut paling mudah adalah dengan memperbanyak minum air putih. Dengan air putih, kita terhindar dari mulut kering dan panas dalam sehingga masalah bau mulut teratasi.

Perbanyak konsumsi buah bervitamin C

Vitamin C selain memperbaiki sistem kekebalan tubuh juga baik untuk mengatasi bau mulut. Buah-buahan yang kaya akan vitamin C diantaranya adalah:

  1. Alpukat
  2. Lemon
  3. Jeruk
  4. Jambu biji
  5. Apel

Kandungan vitamin C dalam buah-buahan di atas adalah sebagai penetral mulut. Selain itu, aroma segar buah akan menyamarkan bau mulut Anda.

Meminum green tea

Mengkonsumsi teh hijau tidak hanya sebatas gaya hidup. Manfaat yang didapat dari meminum teh hijau sangatlah banyak, tidak terkecuali untuk mengatasi masalah bau mulut. Teh hijau mengandung catechin yang berfungsi untuk membunuh bakteri yang tumbuh di area gigi, gusi dan rongga mulut. Minumlah teh hijau sehari 2 hingga 3 gelas dan lakukanlah secara rutin.

Mengunjungi dokter

Seperti yang dijelaskan di atas bahwa masalah bau mulut bisa terjadi karena gangguan kesehatan. Cara mengatasi bau mulut yang terakhir ini lebih tepat untuk Anda yang menderita infeksi atau gangguan saluran pencernaan.

Jika Anda telah mencoba beberapa cara menghilangkan bau mulut secara alami namun tidak juga bau mulut terasa segar, segeralah mengunjungi dokter.

Demikianlah cara menghilangkan aroma tidak sedap pada mulut yang terjadi karena kebiasaan buruk maupun karena gangguan kesehatan. Semoga informasi ini dapat membantu mengembalikan kepercayaan diri Anda untuk bisa lebih dekat dengan saudara dan kerabat Anda.

Facebook Comments
Artikel Selanjutnya
Load More In Artikel Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Cara Jitu Mengecilkan Pori-Pori Wajah

Pori-pori wajah yang besar menyebabkan beberapa masalah kulit. Antara lain mudah berjerawa…