Depan Artikel Kesehatan Cara Mengatasi Nyeri Sendi dan Penyebabnya

Cara Mengatasi Nyeri Sendi dan Penyebabnya

8 min read
0
0
24
Cara Mengatasi Nyeri Sendi dan Penyebabnya

Nyeri sendi terjadi karena adanya masalah pada jaringan ligamen dan tendon sekitar sendi. Nyeri sendi biasa terjadi pada Anda yang melakukan aktifitas berat dalam jangka waktu yang lama. Tingkat keparahan dan rasa sakit pun berbeda-beda dari tingkat ringan, menengah hingga tingkat yang parah. Jika sudah mengalami nyeri sendi yang cukup mulai mengganggu aktifitas Anda, cara mengatasi nyeri sendi yang tepat perlu Anda ketahui.

 

Penyebab Nyeri Sendi

Cedera pada sendi tidak hanya bisa terjadi karena Anda melakukan pekerjaan yang berat. Saat melakukan pekerjaan ringan pun nyeri sendi dapat mengintai Anda.

Nyeri sendi terjadi karena berbagai sebab, diantaranya adalah kekurangan nutrisi, obesitas, faktor usia yang semakin tua dan pengaruh stres. Namun tidak dapat dipungkiri aktifitas fisik menjadi salah satu sebab yang paling besar menyumbang terjadinya nyeri sendi. Berikut ini adalah aktifitas fisik yang dapat mengakibatkan rasa nyeri pada sendi.

  • Berdiri terlalu lama

Pekerjaan yang mengharuskan Anda untuk terus berdiri membuat Anda beresiko terserang nyeri sendi. Nyeri yang terjadi biasanya terasa pada lutut dan pergelangan kaki. Cara mengatasi nyeri sendi pada kasus ini adalah dengan meluangkan waktu untuk menekuk lutut selama beberapa saat sehingga otot dan sendi dapat beristirahat sejenak.

 

  • Olah raga yang berlebihan

Olah raga yang dipaksakan akan justru dapat memperburuk kesehatan Anda. Nyeri sendi adalah salah satu resiko yang bisa saja terjadi. Saat otot sendi sudah mulai lelah namun terus dipaksa untuk bergerak membuat sendi akan terasa sakit.

 

  • Mengangkat beban yang berat

Seperti halnya saat melakukan olah raga yang berlebihan, mengangkat beban yang berat bisa membuat sendi terasa nyeri. Berhati-hatilah ketika terpaksa harus mengangkat beban yang berat karena bagian punggung sering menjadi bagian yang merasakan nyeri sendi.

 

  • Melompat

Melompat saat berolah raga atau beraktifitas lain sering menjadi sebab nyeri sendi. Ketika Anda melakukan olah raga yang memerlukan gerakan melompat seperti bulu tangkis, basket dan sepak bola, sebaiknya gunakan kaos penahan sendi. Dan yang terpenting adalah lakukan gerakan pemanasan terlebih dahulu sehingga cedera otot dan sendi dapat dihindari.

 

  • Kelebihan berat badan

Orang yang menderita obsesitas lebih beresiko mengalami nyeri sendi daripada orang dengan berat badan ideal. Sendi akan bekerja lebih untuk menopang berat badan sehingga lebih beresiko terkena rasa nyeri pada sendi.

Yang perlu Anda lakukan kemudian adalah membuat jadwal untuk berolah raga agar berat badan ideal. Olah raga yang tepat untuk Anda yang sering mengalami rasa nyeri adalah jnis olah raga low impact seperti aerobik, bersepeda dan berenang.

 

Cara mengatasi nyeri sendi dengan mudah

  • Penanganan sederhana untuk menghilankan rasa nyeri adalah dengan beristirahat. Istirahat memberikan waktu bagi sendi untuk tenang dan memulihkan diri dari rasa sakit.

Gunakan es batu untuk lebih meredakan rasa nyeri. Bungkus es batu dengan menggunakan kain halus lalu usapkan secara perlahan pada area sendi yang sakit. Rasa dingin dari es batu tidak hanya akan mengurangi rasa sakit namun juga menjaga agar tidak terjadi pembengkakan pada sendi.

  • Langkah lain yang dapat Anda lakukan adalah dengan menggunakan perban elastis. Perban dengan secara pasti bagian sendi yang sakit namun sebaiknya jangan terlalu ketat. Penggunaan perban dapat meredakan rasa sakit dan mengurangi pembengkakan.
  • Mengangkat bagian sendi sedemikian rupa sehingga menjadi lebih tinggi daripada bagian tubuh yang lain menjadi alternatif cara mengatasi nyeri sendi. Anda dapat melakukannya dengan mengganjal bantal pada kaki atau tangan yang sakit. Hal ini dilakukan agar sendi menjadi relaks sehingga mempercepat penyembuhan.
  • Mandi dengan air hangat sangat baik untuk menenangkan tubuh tidak terkecuali bagian sendi.
  • Gunakan Kunyit. Rempah ini sering digunakan sebagai bumbu dapur dan jamu tradisional Indonesia. Kunyit mengandung curcumin yang dapat mengurangi rasa sakit radang sendi karena zat ini memiliki sifat anti-inflamasi.
  • Gunakan krim atau obat topikal yang dioleskan pada bagian tubuh yang mengalami nyeri sendi.
  • Meditasi dan teknik relaksasi lain seperti yoga dapat Anda pilih untuk mengurangi rasa nyeri. Meditasi memberikan energi positif ke dalam pikiran sehingga proses penyembuhan lebih cepat.
  • Rajin berolah raga adalah cara yang tepat agar nyeri sendi segera hilang. Lakukan gerakan perlahan agar sendi yang sakit terstimulus untuk sembuh. Setelah nyeri sendi hilang, buatlah jadwal untuk olah raga secara teratur. Manfaat yang Anda dapatkan dari berolah raga sangatlah banyak, tidak hanya untuk kesehatan sendi.

Cara mengatasi nyeri sendi bermacam-macam. Sebelum menentukan cara yang tepat untuk meredakan rasa sakit, sebaiknya Anda meneliti dahulu penyebab nyeri sendi. Nyeri sendi yang disebabkan karena kelebihan berat badan akan cenderung lebih sering datang lagi jika Anda tidak juga menurunkan berat badan.

Facebook Comments
Artikel Selanjutnya
Load More In Artikel Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Cara Jitu Mengecilkan Pori-Pori Wajah

Pori-pori wajah yang besar menyebabkan beberapa masalah kulit. Antara lain mudah berjerawa…