Depan Artikel Kesehatan Cara Mengatasi Penyakit Asam Urat atau Goat Secara Alami

Cara Mengatasi Penyakit Asam Urat atau Goat Secara Alami

7 min read
0
248
Cara Mengatasi Penyakit Asam Urat atau Goat Secara Alami

Bisa dipastikan sebagian besar dari Anda sudah tahu kan dengan jenis penyakit satu ini? Ya, asam urat atau yang juga disebut dengan gout ini merupakan suatu kondisi yang bisa sebabkan gejala nyeri yang tak tertahankan, terjadi pembengkakan, dan juga rasa panas di bagian sendi. Walaupun semua sendi di tubuh bisa terkena asam urat, akan tetapi ternyata yang paling sering terserang adalah sendi jari tangan, pergelangan kaki, jari kaki, dan lutut. Biasanya orang awam menyebutnya sebagai penyakit encok.

Jika dibandingkan dengan perempuan, ternyata laki – laki jauh lebih rawan terkena jenis penyakit asam urat ini, khususnya pada saat mereka berusia 30 tahun ke atas. Sementara itu pada perempuan sendiri, umumnya penyakit asam urat beresiko muncul setelah masa menopause. Seseorang yang terkena serangan penyakit jenis ini umumnya akan merasakan adanya perkembangan gejala yang cukup cepat dalam beberapa jam pertama. Dimana rasa sakit tersebut biasanya akan berlangsung kurang lebih selama 3 – 10 hari. Adanya pembengkakan tak hanya terjadi di bagian sendi saja, akan tetapi juga di daerah sekitar sendi yang disertai pula dengan warna kulit yang memerah. Yang mana pada tahapan ini si penderita umumnya bisa tidak mampu bergerak lebih bebas.

Di Indonesia sendiri, seseorang memang sering salah kaprah menyamakan jenis penyakit asam urat dengan rematik. Padahal jenis penyakit rematik ini merupakan istilah umum yang biasanya digunakan untuk menggambarkan rasa sakit di bagian persendian atau pun otot yang sedang alami peradangan. Selain itu, penyakit asam urat atau gout tersebut hanya salah satu penyebab nyeri di bagian sendi. Mengenali gejala serta tanda – tanda pada asam urat bisa bantu seseorang membedakan dengan nyeri sendi yang disebabkan kondisi lain.

Penyebab Utama Penyakit Asam Urat atau Goat

Harus Anda tahu juga bahwa gejala nyeri dan juga pembengkakan di penyakit asam urat ini umumnya disebabkan oleh tusukan kristal – kristal tajam yang ada di sekitar sendi yang telah terbentuk akibat dari penumpukan zat asam urat itu sendiri. Seseorang yang gemar konsumsi makan makanan yang bisa sebabkan meningkatkannya asam urat, seperti jeroan, daging merah, atau hidangan laut lainnya, juga seseorang yang suka sekali konsumsi minuman beralkohol akan beresiko tinggi terkena asam urat.

Tak hanya itu saja, jenis penyakit ini juga rawan sekali dialami oleh mereka yang menderita diabetes, obesitas, hipertensi, atau pun penyakit ginjal kronik. Perlu diketahui juga bahwa menurut sebuah penelitian bahwa seseorang yang mempunyai keluarga menderita penyakit asam urat juga bisa terkena kondisi yang sama. Ini artinya penyakit asam urat tersebut sifatnya genetik.

Diagnosa Penyakit Asam Urat atau Goat

Silakan Anda temui dokter apabila Anda merasakan beberapa gejala penyakit asam urat atau goat. Dalam melakukan diagnosa, umumnya dokter akan lakukan pemeriksaan atau pun tes untuk dapat memastikan adanya kristal – kristal natrium urat di bagian persendian. Hal ini dilakukan karena ada jenis penyakit lainnya yang bisa sebabkan gejala menyerupai penyakit teesebut. Pemeriksaan kadar asam urat di dalam darah pun biasanya juga dilakukan. Tetapi, sebelum melakukan tes, umumnya dokter akan bertanya mengenai hal berikut ini.

  • Bagian sendi yang terasa sakit
  • Seberapa seringnya Anda alami gejala dan seberapa cepatnya gejala tersebut muncul
  • Obat – obatan tertentu yang lagi dikonsumsi
  • Riwayat penyakit asam urat keluarga

Cara Mengatasi Penyakit Asam Urat atau Goat Secara Alami

Harus Anda tahu nih bahwasannya untuk atasi penyakit asam urat atau yang juga disebut dengan goat ini sebetulnya memiliki dua sasaran utama, yakni meringankan gejalanya dan mencegah serangan tersebut terulang kembali. Nah, untuk meringankan gejala penyakit asam urat ini sendiri Anda bisa tempelkan kantong es di bagian sendi yang terasa sakit. Selain itu, Anda juga bisa konsumsi obat – obatan pereda rasa sakit, contohnya saja Colchicine Oains dan obat – obatan golongan steroid.

Sementara itu untuk cara mencegah kambuhnya penyakit asam urat, Anda bisa konsumsi obat penurun kadar asam urat, seperti Allopurinol. Selain hal tersebut, Anda juga harus jauhi makan makanan pemicu asam urat dan segera turunkan berat badan. Utamakan konsumsi makanan rendah kalori untuk dukung upaya mendapatkan berat badan yang ideal.

Silakan Anda kombinasikan obat – obatan dari dokter dan perilaku hidup sehat. Cara tersebut memang cukup ampuh dalam menurunkan kadar asam urat dan juga melarutkan kristal – kristal tajam yang sudah terbentuk. Dengan kombinasi ini maka diharap penderita penyakit asam urat tak akan lagi alami kambuh.

Nah, itu tadi yang bisa kami informasikan kepada Anda tentang cara mengatasi penyakit asam urat atau goat secara alami. Semoga bermanfaat.

Artikel Selanjutnya
Load More By Lucy Anike Putri
Load More In Artikel Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Hidung tersumbat ? Inilah cara mengatasinya

Bahkan dalam cuaca, Anda juga bisa memiliki hidung yang tersumbat. Berikut adalah tujuh ti…