Depan Artikel Kesehatan Cara Menghilangkan Bisul Secara Alami

Cara Menghilangkan Bisul Secara Alami

8 min read
0
0
33
Cara Menghilangkan Bisul Secara Alami

Anda harus mengetahui cara menghilangkan bisul yang tepat dan aman.Bisul merupakan salah satu penyakit yang membuat kita tidak nyaman beraktifitas. Bisul juga membuat kita kekurangan rasa percaya diri ketika bisul tumbuh di bagian luar tubuh, seperti di wajah misalnya.

Bisul adalah sekumpulan nanah yang terakumulasi di rongga jaringan. Nanah muncul karena terjadinya infeksi oleh bakteri atau barang asing seperti tusukan jarum, luka tikaman dan sebagainya. Infeksi memicu inflamasi pada folikel rambut yaitu lubang tempat rambut tumbuh.

 

Bisul bisa muncul hampir di semua bagian tubuh. Bisul yang tumbuh di kelopak mata sering kita sebut dengan bintitan. Tak jarang bisul juga muncul di wajah, leher, ketiak, pantat, dan paha.

Pada awalnya kemunculan bisul terlihat seperti adanya perubahan warna kulit yang memerah disertai dengan tumbuhnya benjolan kecil. Setelah beberapa hari, benjolan berubah menjadi putih yang merupakan tanda mulai ada nanah di balik kulit.

Bisul jarang harus mendapatkan penanganan medis dari dokter karena cara menghilangkan bisul dapat dilakukan sendiri dan bisul pun dapat sembuh dengan sendirinya. Namun dalam beberapa kasus, Anda sebaiknya memeriksakan diri ke dokter jika mengalami gejala seperti berikut ini:

  1. Bisul membuat Anda merasa demam.
  2. Bisul terus membesar disertai dengan rasa sakit yang semakin mengganggu.
  3. Bisul muncul lebih dari satu di tempat yang sama. Jenis bisul ini disebut dengan karbunel dengan infeksi yang tergolong serius.
  4. Bisul tak kunjung sembuh selama lebih dari 14 hari.
  5. Bisul sering kambuh.

Bisul kerap menyerang Anda yang kurang peduli dengan kebersihan badan dan memiliki sistem kekebalan tubuh yang rendah. Penderita HIV dan pengidap diabetes rentan bisulan terkait dengan sistem kekebalan tubuhnya yang lebih rendah daripada orang sehat.

Berdasarkan penelitian, remaja lebih sering terserang bisul daripada orang dewasa. Hal ini dipicu oleh masalah kulit seperti jerawat.

Cara menghilangkan bisul secara mudah

Beberapa cara sederhana yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan bisul di rumah adalah sebagai berikut:

  • Mengompres bisul dengan air hangat

Salah satu cara mudah untuk menghilangkan bisul yaitu mengompres dengan air hangat. Proses pengompresan bisa dilakukan selama 10 menit secara teratur 3 hingga 4 kali sehari. Air hangat mampu memperlancar peredaran darah di sekitar kulit yang terinfeksi.

  • Basuh bisul dengan sabun anti bakteri

Langkah ini efektif jika dilakukan ketika bisul sudah pecah. Cucilah daerah yang mengeluarkan nanah menggunakan sabun anti bakteri atau alkohol. Tujuannya adalah agar bakteri mati dan tidak menimbulkan infeksi lanjutan. Tutup luka bisul dengan kain kasa steril yang harus Anda ganti secara rutin untuk menjaga kebersihannya.

Selain langkah – langkah cara menghilangkan bisul di atas, Anda juga dapat menggunakan bahan alami proses penyembuhan bisul lebih cepat. Seperti kita ketahui bahwa bahan alami yang ada di sekitar kita kaya manfaat dan jika digunakan cenderung tidak mengakibatkan efek samping.

Cara menghilangkan bisul dengan bahan alami

Menggunakan daun asam jawa

  • Sediakan asam jawa dan kunyit secukupnya.
  • Cuci dengan air hingga bersih.
  • Tumbuk hingga halus sedemikian rupa sehingga dapat ditempelkan pada area bisul secara merata.

Menggunakan lidah buaya

Lidah buaya kaya akan manfaat karena mengandung mineral alami, vitamin dan antioksidan yang tinggi. Salah satu manfaat yang tersembunyi adalah mampu mengatasi bisul.

Cara penggunaan lidah buaya untuk menghilangkan bisul sangat mudah.

  • Potong lidah buaya dan ambil dagingnya.
  • Oleskan daging lidah buaya secara merata pada bisul.
  • Jika perlu tempelkan lidah buaya dan ikat menggunakan kain halus.

Menggunakan bawang putih

Mungkin Anda mengernyitkan dahi karena tidak mengetahui bahwa sebenarnya bawang putih dapat digunakan untuk mengatasi bisul. Bawang putih mengandung minyak atsiri yang bermanfaat sebagai anti bakteri dan anti septik. Cara menghilangkan bisul menggunakan bawang putih adalah sebagai berikut:

  • Ambil 1 atau 2 siung bawang putih kemudian haluskan.
  • Kompres terlebih dahulu bisul dengan menggunakan air hangat.
  • Oleskan bawang putih yang sudah dihaluskan secara merata dan tunggu beberapa saat agar terserap ke dalam kulit.

Menggunakan daun sirih

Seperti halnya bawang putih, daun sirih juga mengandung minyak atsiri yang berfungsi sebagai anti bakteri dan anti septik. Meski kita lebih mengenal daun sirih sebagai bahan alami untuk mengatasi masalah kewanitaan, nyatanya daun sirih juga bisa dipakai untuk menghilangkan bisul.

  • Cuci hingga bersih dua lembar daun sirih.
  • Tumbuk hingga halus sedemikian rupa sehingga dapar dengan mudah menempel di kulit.
  • Tempelkan tumbukan daun sirih ke are bisul, lalu tutup dengan kasa steril.
  • Diamkan selama kurang lebih satu hingga dua jam, kemudian bilas dengan menggunakan air hangat.

Berbagai cara menghilangkan bisul di atas dapat Anda coba agar dapat mempercepat proses penyembuhan bisul. Pada umumnya bisul tidak perlu mendapatkan penanganan medis. Segeralah ke dokter jika bisul membuat Anda demam dan tidak kunjung sembuh selama 14 hari kedepan.

Facebook Comments
Artikel Selanjutnya
Load More In Artikel Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Cara Jitu Mengecilkan Pori-Pori Wajah

Pori-pori wajah yang besar menyebabkan beberapa masalah kulit. Antara lain mudah berjerawa…