Depan Artikel Kesehatan Cara mengobati hepatitis C

Cara mengobati hepatitis C

7 min read
0
48
Cara mengobati hepatitis C

Menurut laporan tahun 2012 dalam jurnal Clinical Infectious Diseases, dunia memiliki sekitar 130-170 ribu orang yang hidup dengan hepatitis C. Penyakit ini diobati dengan obat hepatitis kronis, mengurangi jumlah virus dan mencegahnya. mencegah kerusakan hati. Perawatan untuk hepatitis C akut dan kronis berbeda.

Baca juga : Cara memotivasi pasien hepatitis

Pengobatan hepatitis C akut

Tujuan pengobatan termasuk istirahat, menyediakan air yang cukup untuk tubuh, mengurangi gejala mual, muntah, sakit perut. Pengobatan hepatitis C akut biasanya berfokus pada pengurangan tanda dan gejala. Anda mungkin perlu:

  • Pasien dengan hepatitis C perlu istirahat ketika mereka merasa lelah dan sakit serta kekurangan energi;
  • Berurusan dengan mual dan muntah. Rasa mual membuatnya sulit untuk dimakan. Cobalah membagi makanan di siang hari daripada makan makanan besar seperti biasa. Anda harus makan banyak makanan berkalori tinggi. Misalnya, minum jus buah atau susu, bukan air. Selain itu, ingatlah untuk memberikan cairan intravena untuk mencegah dehidrasi dengan muntah. Pasien dengan mual atau muntah berat dapat dirawat di rumah sakit untuk perawatan dan cairan intravena;
  • Beri hati istirahat. Hati Anda mungkin kesulitan menyerap obat-obatan dan alkohol. Konsultasikan dengan dokter Anda sebelum menggunakan obat-obatan, termasuk obat-obatan yang dijual bebas. Jangan minum alkohol dengan hepatitis karena alkohol beracun bagi hati;
  • Gunakan hati-hati ketika mengambil obat atau senyawa yang memiliki efek samping yang mempengaruhi pasien dengan gangguan hati (seperti acetaminophen, alkohol …). Defisiensi hati mungkin tidak dapat menghilangkan obat-obatan seperti biasa. Jadi, obat-obatan dapat bertahan lebih lama di dalam darah dan mencapai tingkat bahaya. Selain itu, Anda perlu menghindari sedasi karena mereka dapat meningkatkan efek gagal hati pada otak dan menyebabkan koma;
  • HCV – penyakit ini dapat diobati dengan berbagai obat yang digunakan untuk mengobati hepatitis C kronis. Tujuan perawatan adalah untuk menghilangkan virus pada pasien.

Pengobatan hepatitis C kronis

Dokter Anda mungkin menyarankan Anda minum obat atau kombinasi obat-obatan untuk mengangkat virus untuk pengobatan hepatitis C kronis. Penghapusan virus mencegah perkembangan penyakit hati dan mencegah kerusakan lebih lanjut pada sirosis, gagal hati dan kanker hati.

Alkohol meningkatkan kerusakan hati pada hepatitis kronis dan cepat berkembang menjadi sirosis. Merokok juga bisa memperparah penyakit hati dan harus dihentikan. Oleh karena itu, Anda harus berhenti minum dan merokok untuk membantu perawatan yang lebih efektif secara offline!

Obat hepatitis C kronis termasuk:

  • Injeksi alpha interferon (Pegasys);
  • Ribavirin (Rebetol, Copegus);
  • Boceprevir (Victrelis);
  • Simeprevir (Olysio);
  • Sofosbuvir (Sovaldi);
  • Daclatasvir (Daklinza);
  • Ledipasvir, sofosbuvir (Harvoni);
  • Obat ombitasvir, paritaprevir, ritonavir (Technivie);
  • Ombitasvir oral, paritaprevir, ritonavir, dasabuvir (Viekira Pak).

Daftar obat hepatitis C kronis dapat bervariasi dari tahun ke tahun, karena penelitian tentang obat hepatitis C terus berkembang. Namun, banyak dari obat-obatan ini lebih baru, lebih aman dan lebih efektif tetapi masih memiliki lebih sedikit pengguna. Selain itu, sejumlah penelitian baru menunjukkan bahwa kombinasi obat antivirus tertentu telah menyembuhkan penyakit pada banyak pasien dengan hepatitis C kronis.

Transplantasi hati

Jika hati Anda rusak berat, Anda dapat memilih untuk menerima transplantasi hati. Dalam transplantasi hati, dokter Anda menghilangkan hati Anda yang rusak dan menggantinya dengan hati yang sehat. Kebanyakan hati yang ditransplantasikan berasal dari donor mati dan sejumlah kecil berasal dari donor hidup (donor dari beberapa hati).

Untuk orang dengan hepatitis C, transplantasi hati bukan obat. Pasien yang diobati dengan terapi antiretroviral biasanya melanjutkan setelah transplantasi hati, karena hepatitis C lebih mungkin kambuh di hati yang baru.

Pengendalian hepatitis C pada orang yang terinfeksi

Saat ini, tidak ada vaksin untuk hepatitis C. Namun, Anda memerlukan vaksin hepatitis A dan B karena beberapa virus hepatitis lain juga dapat merusak fungsi hati dan mempersulit proses. Pengobatan hepatitis C.

Anda dapat mengendalikan hepatitis C berdasarkan perubahan gaya hidup, termasuk:

  • Menghentikan alkohol – alkohol meningkatkan kerusakan hati;
  • Hindari obat yang dapat menyebabkan kerusakan hati, seperti parasetamol (acetaminophen), statin …;
  • Cegah orang lain menghubungi darah Anda. Anda perlu melindungi luka-luka Anda dengan hati-hati dan jangan berbagi pisau cukur dengan orang lain. Anda tidak harus menyumbangkan darah, organ atau air mancur ketika tubuh Anda mengandung virus.

Hepatitis C adalah infeksi yang disebabkan oleh virus yang menyerang hati dan menyebabkan peradangan. Kebanyakan orang dewasa dengan hepatitis C akut dapat pulih sepenuhnya, bahkan ketika tanda dan gejala mereka parah. Terapi obat biasanya diresepkan untuk hepatitis C kronis.

Artikel Selanjutnya
Load More By Lucy Anike Putri
Load More In Artikel Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Ini Dia Trik Menjaga Kesehatan Anak Usia Dini

Setiap orangtua pasti ingin anaknya sehat. Karena jika anak megalami gangguan kesehatan ak…