Depan Artikel Kesehatan 6 Dampak Penyakit Diabetes Mellitus Secara Umum

6 Dampak Penyakit Diabetes Mellitus Secara Umum

6 min read
0
0
60
Bahaya dari penyakit diabetes mellitus

Tahukah Anda tentang penyakit diabetes mellitus? Pada artikel sebelumnya, ( Waspada Terhadap Gejala Penyakit Kencing Manis) sudah dibahas juga tentang penyakit kritis ini. Penyakit ini memang disebabkan oleh tingginya kadar gula yang ada dalam darah. Gula yang ada dalam tubuh Anda tentu saja bisa Anda peroleh dari beragam makanan dan jug minuman yang telah dikonsumsi dengan rutin. Salah satu langkah paling tepat yang bisa dilakukan oleh para penderita penyakit diabetes mellitus ini tentu saja dengan menjaga kadar gula darah dalam tubuh supaya tetap dalam keadaan normal.

Penyakit diabetes mellitus ini memang bisa menyebabkan pengaruh yang begitu besar bagi tubuh. Hal ini tentunya ditandai dengan adanya beragam penyakit lain yang timbul pada penderita penyakit tersebut yang tidak mampu mengatur kadar gula darah dalam tubuhnya.sehingga tubuh Anda pun bisa mengalami komplikasi sebab ada gangguan yang telah terjadi pada berbagai organ penting dalam tubuh.

6 Dampak/Bahaya dari penyakit diabetes mellitus

Pastinya ada beberapa hal yang bisa Anda ketahui mengenai bahaya penyakit diabetes mellitus dalam kesehatan. Lantas apa sajakah bahaya penyakit diabetes mellitus yang harus Anda ketahui/ diantaranya sebagai berikut:

  1. Terjadi kerusakan pada syaraf. Karena tingginya dari kadar gula yang ada dalam darah, pantas saja jika kerusakan yang ada pada dinding pembuluh darah pun bisa berfungsi menyehatkan syaraf tubuh. Apabila kondisi kerusakan sudah terjadi pastinya si penderita akan sering mengalami kesemutan.
  2. Kerusakan pada mata. Kebutaan tentu saja menjadi salah satu komplikasi yang biasanya sering terjadi pada penderita penyakit diabetes. Hal ini tentu saja dikarenakan kadar gulanya terlalu tinggi sehingga system saraf pusat menjadi terganggu. Bahkan bisa juga mengakibatkan kerusakan pada mata seperti halnya katarak.
  3. Kerusakan pada ginjal. Ginjal tentu saja salah satu organ tubuh manusia yang memiliki fungsi penting. Ginjal ini mengandung jutaan dari pembuluh darah yang nantinya akan menyaring darah masuk dalam tubuh. Apabila kadar gula dalam darah meningkat tentunya bisa memicu kerusakan pada jaringan yang memiliki fungsi sebagai saringan kecil. Jika kondisi diabetesnya begitu parah pastinya bisa menyebabkan gagal ginjal.
  4. Mengalami cacat kaki. Biasanya kerusakan yang terjadi pada saraf akibat dari diabetes ini terjadi pada kaki yang nantinya bisa memicu komplikasi kerusakan pada bagian kaki. Bahkan dalam kondisi seperti ini banyak penderita penyakit diabetes harus melakukan amputasi.
  5. Pendengaran terganggu. Para penderita penyakit diabetes ini kebanyakan memang sering alami gangguan pada pendengarannya. Tingkatan kadar gula darah yang terlalu tinggi bisa mengakibatkan kerusakan pada system pendengarannya. Tentunya hal ini membuktikan bahwa bahaya penyakit diabetes ini mampu pengaruhi system kerja dari anggota tubuh Anda.
  6. Mengalami Infeksi Kulit. Salah satu kasus yang sering dialami oleh para penderita penyakit diabetes adalah infeksi kulit. Infeksi ini biasanya disebabkan oleh adanya parasit maupun jamur yang biasanya hidup pada luka yang ada di kaki. Penderita pun biasanya akan mudah terkena luka bahkan luka itu pun terasa sulit untuk disembuhkan dengan cepat. Terkadang infeksi ini bisa menjadi ancaman yang terkesan lebih serius.

Itulah tadi beberapa bahaya penyakit diabetes mellitus yang perlu Anda waspadai. Setelah Anda mengetahui berbagai bahaya dari penyakit tersebut, tentunya mulai dari saat ini Anda harus bisa menerapkan pola hidup sehat. Dengan begitu tubuh Anda pun akan terbebas dari berbagai penyakit terutama penyakit diabetes mellitus ini. Jangan sampai kadar gula dalam darah Anda berlebih yang bisa berakibat fatal pada kesehatan tubuh Anda.

Ayo siapkan perlindungan diri anda dengan baik dari resiko penyakit ini. Mari bergabung bersama kami di Allianz Syariah (AlliSya).

Untuk permohonan illustrasi asuransi klik disini

Artikel Selanjutnya
Load More In Artikel Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

49 Penyakit Kritis, Allianz Siap Menanggung Biayanya

Ada 49 Penyakit kritis yang ditanggung biayanya oleh Allianz Syariah. Penyakit adalah keti…