Depan Artikel Kesehatan Daya Tahan Tubuh Sering Drop, Mungkin Ini Penyebabnya

Daya Tahan Tubuh Sering Drop, Mungkin Ini Penyebabnya

5 min read
0
75
Daya Tahan Tubuh Sering Drop, Mungkin Ini Penyebabnya

Mengapa ada beberapa orang yang sering menjadi lebih mudah sakit? Sebenarnya apa yang membuat daya tahan tubuh sering drop? Yang bisa diasumsikan orang awam tidak akan jauh-jauh dari anggapan bahwa mungkin mereka mengalami penurunan kemampuan untuk melawan bakteri. Maka bakteri tersebut lebih cepat menjadi virus, dan benda asing lain yang dapat menyebabkan penyakit.

Baca juga : Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Secara Alami

Memang kemampuan tubuh dalam melawan infeksi penyakit adalah fungsi dari sistem imun atau kekebalan tubuh setiap orang berbeda-beda. Jika sistem imun Anda lemah, tubuh Anda kurang dapat mempertahankan diri dari berbagai ancaman kesehatan dan virus.

4 Hal yang Diam-Diam Dapat Membuat Daya Tahan Tubuh Sering Drop

Bukan berarti sistem imun lemah ini adalah bawaan yang tidak bisa diubah. Ada orang yang memiliki sistem imun lemah kemudian sering minum vitamin jadi tidak gampang sakit. Tapi ada juga orang yang memiliki sistem imun kuat tapi kemudian karena suatu penyebab dapat gampang terkena virus. Lalu faktor apa yang menyebabkan sistem imun lemah? Berikut ini ulasannya untuk Anda.

Mengalami Stres

Tanpa kita sadar, stres dapat menyebabkan menurunnya sistem imun. Hampir setiap orang pasti pernah merasakan efek stres di beberapa saat dalam hidupnya. Ada yang berakibat sakit kepala, rasa sakit di dada, rasa gelisah, dan bahkan perasaan tegang secara keseluruhan merupakan tanda stres.

Faktor-faktor itu semua dapat bergabung dan menyebabkan sistem kekebalan tubuh harus bekerja lebih keras dalam mempertahankan tubuh terhadap ancaman kesehatan. Jika tidak kuat, kadang-kadang tubuh menekan sistem kekebalan ke titik sedemikian rupa sehingga sangat dikompromikan.

Kurang berolahraga

Sistem kekebalan tubuh Anda tidak akan baik jika gaya hidup Anda pun tidak baik. Sebagai contoh betapa pentingnya olahraga dalam menjaga sistem imun agar kuat, berbagai penelitian medis menunjukkan bahwa olahraga teratur dapat membantu fungsi neutrofil.

Neutrofil yaitu jenis sel yang bekerja untuk membunuh mikro organisme yang tidak diinginkan dan berbahaya sehingga dapat berdampak negatif terhadap kesehatan. Jadi bagi Anda yang jarang olahraga, sebaiknya hati-hati karena bisa jadi sistem imun Anda gampang drop.

Kurang jam tidur

Kurang tidur sudah menjadi kebiasaan wahar bagi setiap orang. Ada beberapa faktor orang bisa sampai kurang tidur. Misalnya faktor pekerjaan atau insomnia. Namun, kurang tidur jangan dijadikan kebiasaan bahkan memakluminya. Anda mungkin tidak menyadarinya bahwa sel-sel dalam darah bekerja melawan infeksi saat kita sedang tidur. Jadi, kurang tidur, akan mengurangi daya fungsi sel-sel dalam tubuh Anda.

Kurang Nutrisi

Ini juga termasuk gaya hidup dimana pola makan menjadi sangat buruk. Penting bagi manusia untuk makan berbagai makanan yang seimbang termasuk buah-buahan, sayuran. Hal ini mendukung sistem kekebalan tubuh dengan menyediakan berbagai vitamin, mineral, fitokimia dan antioksidan yang sangat penting.

Untuk Anda yang saat ini masih belum memenuhi nutrisi pada makanannya, wajar jika daya tahan tubuh gampang melemah karena nutrisi dalam tubuhnya belumlah lengkap. Oleh karena itu sebaiknya Anda memenuhi nutrisi dalam tubuh Anda supaya tidak gampang terkena penyakit.

Penyebab-penyebab di atas seringkali dilakukan orang tanpa sadar. Mereka mengira bahwa sistem imun adalah bawaan sejak lahir dan tidak bisa diubah, namun kenyataannya pola hidup dan stress juga bisa mempengaruhinya. Demikian faktor yang mempengaruhi daya tahan tubuh sering drop. Lakukan pencegahan dengan cara menerapkan pola hidup sehat.

Facebook Comments
Artikel Selanjutnya
Load More By Lucy Anike Putri
Load More In Artikel Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Balita Obesitas, Bagaimana Cara Mengatasinya?

Ketika Balita Mengalami Obesitas, Bagaimana Cara Mengatasinya? Banyak orang merasa gemas d…