Depan Artikel Kesehatan Diet Untuk Ibu Hamil Agar Tubuh Cepat Langsing Namun Tetap Sehat

Diet Untuk Ibu Hamil Agar Tubuh Cepat Langsing Namun Tetap Sehat

7 min read
0
31
Diet Untuk Ibu Hamil Agar Tubuh Cepat Langsing Namun Tetap Sehat

Benarkah ibu hamil tidak boleh diet? Ya, selama ini banyak anggapan bahwa ibu hamil tidak boleh diet. Namun sebenarnya, semua anggapan tersebut tidak tentu benar.

Ibu hamil tidak boleh diet ketat, memang hal tersebut adalah benar. Namun ibu hamil masih boleh diet selama diet untuk ibu hamil yang dijalankan adalah diet sehat dengan cara – cara yang tepat. Sehingga dengan diet yang tepat, ibu hamil tidak mengalami lonjakan berat badan yang signifikan selama kehamilan dan kesehatan janin didalam rahim tetap terjaga.

Baca juga : Cara menurunkan berat badan saat menyusui

Mengenai seperti apa diet untuk ibu hamil yang tepat agar tubuh bisa sehat, berikut kami berikan ulasan informasinya untuk Anda!

Diet Untuk Ibu Hamil yang Tepat Dilakukan

Selama diet, penuhi kebutuhan gizi 4 sehat 5 sempurna

Ketika Anda sedang hamil, ada banyak gizi yang diperlukan oleh tubuh demi menunjang pertumbuhan dan perkembangan otak serta saraf janin. Nah, Anda perlu mengonsumsi aneka makanan yang didalamnya mengandung serat, asam folat, kalsium, protein dan juga zat besi.

Baiknya juga Anda perbanyak mengonsumsi sayur dan buah, kemudian imbangi dengan mengonsumsi protein seperti halnya telur dan daging. Konsumsi karbohidrat juga secara cukup. Ingat, makanan yang Anda makan harus benar – benar dalam kondisi matang.

Konsumsi secara rutin 3 kali sehari namun dengan porsi yang wajar. Di samping itu, cobalah untuk Anda makan tepat waktu agar Anda bisa terhindar dari berbagai macam penyakit yang lainnya. Untuk bunda yang usia kehamilannya kini sudah menginjak di trimester kedua kehamilan, ada baiknya untuk Anda mengonsumsi makanan dalam jumlah sedikit namun dengan intensitas yang sering. Hal ini sangat penting untuk menghindari adanya lonjakan gas didalam perut  yang memicu terjadinya perut kembung dan begah selama hamil.

Bunda harus tahu bahwa seringkali gas didalam perut akan melonjak meningkat di usia kehamilan pada trimester kedua. Jika perut Anda bergas, jauhi makanan yang banyak mengandung gas seperti halnya brokoli, alcohol, minuman bersoda, ragi dan sebagainya.

Senantiasalah untuk mengonsumsi camilan sehat

Anda harus mulai dari sekarang menyingkirkan keripik kemasan yang selama ini menjadi teman sebelum Anda hamil. Camilan semacam itu dapat memicu lonjakan berat badan jauh lebih cepat bahkan dua kali lebih cepat. Mengapa?

Tentunya karena makanan yang seperti itu mengandung kalori dan juga kandungan garam yang sangat tinggi. Nah, sementara makanan yang mengandung kalori dan kandungan garam yang tinggi itu harus segera dikurangi selama kehamilan berlangsung.

Namun jika memang Anda tidak bisa lepas dari camilan, ganti camilan Anda selama ini dengan camilan sehat. Seperti halnya, aneka buah, cokelat, susu dan juga yoghurt harus Anda konsumsi sebagai camilan pengganti.

Buah merupakan camilan yang sehat karena didalamnya banyak mengandung serat dan juga rendah kandungan lemak. Cokelat juga merupakan sumber antioksidan penting terlebih dark chocolate tidak mengandung kalori.

Sementara susu serta yoghurt mengandung kalsium yang dapat membantu untuk pertumbuhan tulang janin didalam rahim Anda. Jika kemudian Anda merasa bosan untuk mengonsumsi susu, buah, dan yoghurt yang sama secara utuh setiap harinya, bunda bisa menciptakan kreasi camilan yang menarik. Misalkan membuat jus, salad buah atau pudding buah. Yummy!

Kontrol berat badan Anda setiap seminggu sekali

Baiknya Anda timbang dan catat berat badan Anda minimal satu minggu sekali. Dengan Anda mengontrol berat badan hal ini akan sangat berpengaruh untuk memudahkan dalam memulai berbagai macam tindakan mengembalikan berat badan ke posisi yang ideal.

Patokannya juga adalah upayakan bahwa pertambahan berat badan Anda 1,6 kg/ minggu di trimester kedua dan 454 gram per minggu di trimester ketiga kehamilan. Lonjakan tersebut merupakan lonjakan berat badan yang normal untuk ibu hamil.

Ubah kebiasaan sehari – hari Anda

Jika sebelum hamil Anda tidak pernah olahraga, tidak suka makan buah atau sayur mayur dan malas mengonsumsi air putih, maka sekarang semua itu harus didelete demi kesehatan Anda dan janin didalam rahim.

Bunda harus tahu bahwa semua kebiasaan buruk seperti itu harus segera didelete sekarang juga. Lakukan olahraga yang berguna untuk menjaga berat badan Anda. Namun hindari olahraga yang terlalu berat karena tidak akan terlalu baik untuk Anda. Lakukan olahraga yang sekiranya terjangkau untuk badan Anda dan tidak terlalu memberatkan Anda.

Beberapa olahraga yang dianjurkan untuk ibu hamil diantaranya seperti jalan kaki atau jogging. Jika Anda sebelumnya suka senam hamil, melakukannya juga tidak masalah. Itulah berbagai diet untuk ibu hamil yang direkomendasikan agar Anda cepat langsing namun tubuh Anda tetap dalam kondisi sehat. Semoga informasi yang kami  berikan diatas menjadi informasi yang bermanfaat.

Artikel Selanjutnya
Load More By Lucy Anike Putri
Load More In Artikel Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tips Agar Hubungan Cіnta Awet Sampaі Ke Pernіkahan

Ketika dua sejoli memiliki perselingkuhan, tentu saja mereka berharap bisa bertahan hingga…