Depan Artikel Kesehatan Gejala Mata Minus yang Harus Segera Diwaspadai

Gejala Mata Minus yang Harus Segera Diwaspadai

6 min read
0
0
51
Gejala Mata Minus yang Harus Segera Diwaspadai

Mata minus atau Miopia (Myopia) jika dalam bahasa medisnya ini merupakan salah satu jenis gangguan penglihatan yang umumnya terjadi akibat kesalahan umum dari mata, yang pada akhirnya menjadikannya sulit untuk melihat dengan fokus pada sebuah objek yang letaknya cukup jauh. Ini artinya, seseorang yang alami gejala mata minus ini nanti akan bisa melihat benda – benda atau pun objek dari jarak dekat dengan lebih jelas, akan tetapi pada saat melihat objek atau benda – benda yang jaraknya cukup jauh akan jadi buram atau kabur.

Perlu untuk Anda ketahui juga bahwa gangguan atau pun gejala dari mata minus ini sendiri biasanya muncul pada usia dini dan bisa semakin memburuk saat usia remaja. Maka dari itu Anda harus tahu bagaimana cara memelihara kesehatan mata dengan baik dan tepat supaya Anda bisa terhindar dari berbagai gangguan mata, salah satunya adalah mata minus ini.

Selain itu juga perlu untuk Anda tahu bahwa mata minus adalah gangguan mata yang sudah umum terjadi, tetapi ini bukanlah penyakit mata. Gangguan tersebut terjadi akibat dari kesalahan bias, dimana Anda tak bisa biaskan cahaya denga benar ke titik fokus tunggal untuk bisa melihat gambar atau objek secara jelas. Pada mata normal, umumnya gambar akan langsung difokuskan ke retina bagian belakang mata, sementara itu pada kasus mata minus titik fokus akan jatuh lebih pendek dari retina, sehingga penderita hanya bisa melihat objek dari jarak lebih dekat secara jelas, namun objek yang jauh akan terlihat buram atau kabur.

Ini Gejala Mata Minus yang Harus Segera Diwaspadai

Pandangan tiba – tiba jadi kabur atau buram

Hal ini umumnya terjadi, khususnya pada saat Anda berusaha untuk lihat objek atau pun benda – benda yang jaraknya cukup jauh. Nah, untuk atasi masalah ini, umumnya penderita akan menyipitkan mata secara terus – terusan, atau pun mendekatkan pandangan dengan objek yang ingin mereka lihat.

Sakit kepala atau pusing

Pada seseorang yang memiliki gangguan pada mata minusnya biasanya akan alami rasa pusing atau pun sakit kepala yang biasanya disebabkan oleh tingkatan ketegangan mata yang berlebih, yang pada akhirnya menimbulkan mata jadi lelah. Salah satu yang memicu adanya penyebab sakit kepala sebab, aliran darah yang sedang tersumbat yang kemudian menghambat darah mengalir dengan lancar ke bagian kepala.

Penglihatan jadi lebih buruk saat malam hari

Bagi mereka dengan gangguan mata minus biasanya akan alami kesulitan dalam melihat, khususnya pada saat sedang mengemudikan kendaraan di malam hari. Hal tersebut sering sekali disebut dengan night myopia.

Lebih dekat pada objek atau benda

Apabila ingin melihat lebih jelas, maka seorang penderita mata minus umumnya akan lebih mendekatkan dirinya dengan objek atau benda – benda yang ingin dilihatnya. Seperti pada saat menonton televisi, film layar lebar, membaca, atau pun yang lain sebagainya.

Sering mengucek atau berkedip

Hal yang satu ini cukup sering dilakukan oleh penderita mata minus, tujuannya adalah untuk memperjelas penglihatan yang tadinya terlihat kabur. Ada banyak orang yang tak tahu bahaya pengucek mata dengan tangan. Siapa sangka jika kegiatan mengucek mata seperti ini justru akan semakin memperburuk penglihatan hingga sebabkan kerusakan pada syarat mata.

Gejala mata minus bisa jadi pertanda tidak normalnya kadar gula darah pada si penderita diabetes, atau pun sebagai indikasi awal terjadinya katarak. Untuk lakukan pengobatan pada mata minus ini, memang ada baiknya Anda kenali dan pahami terlebih dulu gejala mata minus yang dialami. Menjaga kesehatan mata memang penting peranannya, sebab mata bisa dikatakan sebagai salah satu organ tubuh yang berperan penting dalam melakukan kegiatan sehari – hari.

Alasan yang paling tepat kenapa gangguan mata minus ini bisa terjadi memang belum sepenuhnya dipahami, tetapi ada beberapa faktor yang dipercaya bisa tingkatkan resiko seseorang memiliki mata minus. Pertama adalah faktor keturunan dan stres mata. Terjadinya stress mata yang berlebih dan berkepanjangan ini memang bisa tingkatkan resiko seseorang untuk kembangkan mata minus.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang gejala mata minus yang harus segera diwaspadai. Semoga bermanfaat.

Facebook Comments
Artikel Selanjutnya
Load More By Lucy Anike Putri
Load More In Artikel Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tanda dan gejala penyakit hepatitis C

Hepatitis C adalah penyakit serius yang disebabkan oleh virus hepatitis. Hepatitis C tidak…