Depan Artikel Kesehatan 10 Tips Ampuh Menghilangkan Kantung Mata, Lingkaran Hitam Area Mata

10 Tips Ampuh Menghilangkan Kantung Mata, Lingkaran Hitam Area Mata

9 min read
0
171
10 Tips Ampuh Menghilangkan Kantung Mata, Lingkaran Hitam Area Mata

Kantung mata atau banyak yang menyebutnya mata panda adalah lingkaran hitam yang berada di bawah mata, sebagian orang menganggapnya mengganggu karena tidak enak jika dipandang oleh orang lain. Untuk menghilangkan kantung mata, banyak masyarakat yang salah cara perawatannya. Banyak rupiah yang sudah dikeluarkan tapi kantung mata tak kujung juga menghilang.

10 Tips Ampuh Menghilangkan Kantung Mata, Lingkaran Hitam Area Mata

Apakah Anda salah satu dari mereka yang juga merasa kesulitan meghilangkan lingkaran hitam di area mata tersebut? Berikut tips ampuh menghilangkan kantung mata untuk Anda yang bisa Anda coba.

  1. Mengompres Mata

Untuk menghilangkan kantung mata yang mengganggu penampilan salah satunya dapat dilakukan dengan cara mengompres mata Anda. Kompres mata bisa dilakukan dengan berbagai macam, salah satunya dengan menggunakan lap bersih yang dibasahi dengan air dingin, lalu dikompreskan pada mata dalam waktu beberapa menit sembari diberikan tekanan lemmbut pada mata Anda. Cara ini bisa membantu Anda dalam menghilangkan kantung mata dan lingkaran hitam area mata.

  1. Menggunakan Mentimun

Menempelkan irisan mentimun pada mata lalu mendiamkannya selama 15-20 menit merupakan cara efektif menghilangkan kantung mata yang banyak dilakukan orang. Beberapa kandungan pada mentimun, seperti vitamin A, B, C, air yang tinggi, mineral, kalium, magnesium, akan menutrisi dan melindungi mata agar terlihat lebih sehat dan segar. Menaruh irisan mentimun pada mata akan membantu menguragi kantung mata dan melancarkan peredaran darah pada lapisan permukaan kulit wajah.

  1. Menggunakan Es Batu

Es batu juga dapat dijadikan bahan yang dapat mengatasi kantung mata. Caranya, cukup tempelkan es batu pada mata Anda dengan menggunakan balutan handuk atau pun kantong plastik yang kemudian dioleskan pada mata secara perlahan dan berkala, lakukan selama 20- 30 menit. Pastikan Anda tidak mengoleskan es secara langsung dan jangan terlalu banyak juga, karena dikhawatirkan dapat menimbulkan masalah baru terhadap kulit Anda.

  1. Menggunakan Sendok Dingin

Jika Anda sering melihatnya dalam film, tentu pada faktanya sendok dingin memang dapat digunakan untuk membantu menghilangkan kantung mata Anda. Sendok yang dimaksud di sini adalah sendok berbahan logam. Sensasi dinginnya sendok ternyata dapat membantu kulit mata akan lebih rileks. Caranya, Anda dapat memasukkan dulu sendok ke dalam air dingin atau pun ke dalam lemari es, kemudian gosokkan punggung sendok pada bagian bawah mata dengan diberikan tekanan lembut dan pijatan ringan selama 15 menit. Mudah bukan? Tak hanya itu, cara yang cukup mudah ini ternyata memberikan dampak positif lainnya untuk Anda, seperi melancarkan sirkulasi darah, elastisitas dan tingkat kehalusan kulit akan meningkat, serta berkurangnya garis halus yang membuat Anda terlihat keriput.

Baca juga : Cara Agar Badan Kembali Segar Setelah Sakit

  1. Menggunakan Kantung Teh

Jika Anda sering meminum teh celup, jangan lupa kantung tehnya simpan saja. Kenapa? Karena kantung teh dapat Anda manfaatkan dalam mengatasi kantung mata atau lingkaran hitam pada area mata Anda. Kantung teh memiliki kandungan tanin yang dapat membuat pori-pori kulit menyempit dan membuatnya kencang secara alami. Caranya, Anda dapat mecelupkan terlebih dahulu kantung teh ke dalam air dingin selama 10 menit yang kemudian bisa Anda tempelkan pada area mata yang hitam dan mendiamkannya selama 20 menit. Sebagai catatan, teh yang bisa digunakan teh biasa ataupun teh hijau pun bisa.

  1. Konsumsi Air Mineral yang Cukup

Kurangnya asupan air mineral, tak hanya membahayakan kesehatan Anda secara menyeluruh, tapi juga dapat memicu munculnya kantung mata. Maka dari itu, tipsnya untuk menghilangkan kantung mata tersebut, Anda cukup menjaga asupan air mineral agar senantiasa tercukupi. Seperti yang dianjurkan, minumlah sebanyak dua liter yakni setara dengan 8 gelas air dalam setiap harinya. Saat asupan air tercukupi, maka tubuh pun akan terhidrasi dengan baik, sehingga tidak akan terkena depresi yang selanjutnya dapat memicu timbulnya kantung mata/ mata panda.

  1. Tidur yang Baik

Munculnya garis lingkaran hitam di area mata, salah satunya disebabkan karena tidur yang kurang. Oleh karena itu, memperbaiki tidur Anda adalah langkah bijak yang bisa Anda lakukan dalam mengatasi masalah tersebut. Biasakan tidur yang baik? Bagaimana tidur yang baik itu? yakni tidur dengan memerhatikan waktu yang dianjurkan dan posisi tidur pun harus diperhatikan. Tidurlah dengan waktu yang iseal atau cukup yaitu 7 hingga 8 jam sehari dan pastikan posisi tidur dengan kepala sedikit terangkat, atau Anda bisa menggunakan bantal tambahan yang digunakan untuk menopang kepala Anda. Hal ini dapat mencegah menumpuknya cairan di area mata ketika Anda tidur.

  1. Menghindari Minuman Beralkohol dan Berkafein

Tips ampuh menghilangkan kantung mata selanjutnya adalah dengan menghindari minuman beralkohol dan berkafein. Minuman yang mengandung zat tersebut dapat memberikan dampak negatif pada diri Anda, semisal jam tidur yang terganggu, terjadinya dehidrasi ringan, membuat kantung mata akan tampak lebih jelas.

  1. Meningkatkan Asupan Kalium

Selain mengonsumsi makanan yang bernutrisi dan menghindari pantangannya, pastikan makanan yang Anda konsumsi mengandung kalium yang dapat membantu mengurangi kantung mata Anda. Beberapa makanan yang mengandung kalium diantaranya pisang, kacang-kacangan, sayuran berwarna hijau, dan sebagainya.

  1. Menggunakan Krim Mata

Adapun alternatif lainnya adalah menggunakan krim mata yang dapat mengurangi peradangan serta akan membantu mengencangkan kulit. Krim yang dapat digunakan adalah krim dengan kandungan chamomile, retinol, arnica, atau pun mentimun.

Nah, itulah bebrapa tips ampuh menghilangkan kantung mata yang dapat Anda coba. Cara yang sangat mudah dan tentunya saat masalah Anda teratasi tetap jaga dengan pola hidup yang sehat yang ditunjang dengan olahraga yang rutin. Semoga bermanfaat!

Artikel Selanjutnya
Load More By Masroni
Load More In Artikel Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Sah, CR7 Berlabuh di Allianz Stadium

Banyak yang beranggapan kepindahan sang Superstar Christiano Ronaldo ke Allianz Stadium ti…