Depan Artikel Kesehatan Jahe Bisa Mengatasi Penyakit-penyakit Ini

Jahe Bisa Mengatasi Penyakit-penyakit Ini

5 min read
0
0
51
Jahe Bisa Mengatasi Penyakit-penyakit Ini Lho

Para ibu rumah tangga sudah tidak asing lagi dengan nama rempah-rempah yang satu ini. Apakah anda pun begitu? Jahe biasanya dijadikan bumbu penyedap masakan sekaligus minuman penghangat badan. Tidak terlepas dari itu, jahe termasuk obat herbal yang mampu mengatasi berbagai macam penyakit penganggu kesehatan. Percaya atau tidak, anda bisa membuktikannya sendiri.

Beberapa zat yang terdapat di dalam jahe yang dilansir dari salah satu situs ahli kedokteran, bahwa jahe memiliki kandungan berupa minyak atsiri zingiberena (zingirona), zingiberol, bisabolena, kurkumen, gingerol, filandrena, dan resin pahit. Zat-zat tersebut sangatlah baik bagi tubuh. Untuk itu, anda perlu tahu beberapa penyakit yang bisa diatasi denagn jahe. Berikut diantaranya adalah.

Jahe Bisa Mengatasi Penyakit-penyakit Ini

1.Sakit Kepala dan Migrain

 Jika anda merasa pusing dan terasa sakit sekali di kepalanya, cobalah untuk mengobatinya dengan bahan alami jahe. Terkadang anda juga akan merasa mual, bukan? Nah, jika iya anda dapat mengolahnya dengan cara, menyiapkan jahe cukup 1 ruas saja. Beberapa bahan tambahan seperti bubuk cabe rawit dan 1 sdt  peppermint kering. Campurkan ke dalam air mendidih. Tunggulah ramuan meresap sekitar 15 menit. Minumlah air ramuan.

  1. Batuk

Obat jahe untuk pereda batuk memang sudah banyak diterapkan oleh banyak orang. Namun, bagi anda yang belum tahu bisa melakukan dengan cara memanfaatkan jahe yang masih segar, lantas iris jahe tersebut. Panaskan api dan rebuslah jahe ke tempat yang sudah disiapkan, hancurkanlah sebelum masak. Rebus kembali dengan air yang sama, supaya bahan aktifnya dapat menghilang. Gunakan air rebusan untuk diminum. Bisa juga untuk mengatasi sakit tenggorokan dengan ditambahkan teh agar semakin nikmat.

  1. Radang Tenggorokan

Jika batuk hanya dengan rebusan jahe, kini sakit radang teggorokan bisa mencampurkannya dengan teh. Anda bisa merebusnya cukup satu potong jahe dan irislah. Kemudian, campurkan teh ke dalamnya dan tambahkan lemon atau madu. Kandungan jahe yang melegakan tengggorokan, maka khasiat akan berbalik pada proses penyembuhan sakit anda. Sebaiknya diaplikasikan dalam setiap harinya.

  1. Sakit Perut

Jahe mempunyai khasiat dalam meredakan rasa mual, muntah bahkan gangguan pencernaan. Anda tidak perlu repot, dengan memilih jahe untuk memarutnya. Setelah itu, campurkan jahe dengan daun mint secukupnya saja dan tunggulah sampai mendidih. Terapkan rebusan tadi untuk dikonsumsi, anda juga bisa menambahkan sedikit madu dalam menyembuhkan sakit perut atau masalah pencernaan.

  1. Sakit Gigi

 Tidak lain jika jahe mampu mengatasi sakit gigi. Cara anda memanfaatkan jahe dalam meredakan sakit gigi tidaklah sulit. Cukup mengambil mentah jahe, lantas digosokkan pada gusi yang sakit. Atau bisa dengan cara lain dengan menggunakan air rebusan dari akar jahe untuk berkumur-kumur layaknya obat. Hal ini bertujuan untuk melawan rasa sakit pada gigi ada.

  1. Mengobati Rematik

Anda punya penyakit rematik? Langsung saja siapkan 1 atau 2 rimpang jahe. Rimpang jahe tersebut dipanaskan di atas bara api. Tumbuklah setelahnya sampai halus. Gunakan hasil tumbukan untuk menerapkannya di daerah tubuh yang sakit rematik. Anda juga bisa menambahkan cengkeh, lantas tempelkan pada bagian yang terasa sakit rematik.

Nah, saat ini anda sudah tahu bahwa jahe bukan sebatas obat penghilang masuk angin atau bahan penyedap masakan saja, melainkan mampu mengatasi penyakit-penyakit seperti itu lho. Sekian dan terima kasih.

 

Facebook Comments
Artikel Selanjutnya
Load More In Artikel Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tragedi BEI, BPJS dan Asuransi

Sungguh sebuah musibah itu tidak bisa diprediksi kapan, dimana, dan bagaimana bisa terjadi…