Depan Artikel Kesehatan Jarang Mimpi Saat Tidur? Bahaya, Ada Yang Mengintai

Jarang Mimpi Saat Tidur? Bahaya, Ada Yang Mengintai

6 min read
0
17
Jarang Mimpi Saat Tidur Bahaya, Ada Yang Mengintai

Tidak sedikit dari kita yang mengira bahwa tidak mimpi ketika tidur malam merupakan hal yang biasa dan tidak ada efek kesehatannya. Bahkan tidak jarang orang menyebutkan hal tersebut menjadi tanda jika tidur kita sangat nyenyak. Padahal masalah ini ada kaitannya dengan kondisi dan juga resiko kesehatan seseorang. Penelitian yang dilansir The Healthy menyebutkan Anda memiliki resiko obesitas yang tinggi jika tidak bermimpi ketika tidur.

Baca juga : Mengatasi nyeri punggung sebelum tidur

Anda Jarang Mimpi Saat Tidur? Bahaya, Mungkin Tanda Masalah Kesehatan Ini Mengintai

Bukan itu saja, tidak mimpi juga beresiko menurunkan ingatan seseorang bahkan adanya tanda peradangan di sekitar tubuh seseorang. Padahal gangguan tersebut merupakan tanda penyakit autoimun alias kekebalan tubuh menurun. Karena alasan ini tidak heran banyak yang menyebutkan jika bermimpi saat tidur malam dan mengingatnya ketika esok hari adalah bagian penting penanda bagaimana kesehatan Anda saat itu.

Mimpi juga menjadi unsur penting untuk sistem pembelajaran tubuh seseorang, perbaikan tubuh dan juga memori otak seseorang. Spesialis tidur dan mimpi Rubin Naiman di Andrew Weil Center fo Integrative Medicine di Universitas of Arizona menyebutkan bahwa mimpi buruk atau mimpi yang mudah terlupakan ternyata ada kaitannya dengan kecemasan, depresi, gangguan emosi dan juga penyakit mental yang dialami seseorang tersebut.

Pentingnya Bermimpi Ketika Sedang Tidur Untuk Kesehatan Seseorang

Selain itu mimpi juga mengonsolidasikan memori dan memprosesnya dengan baik. salah satu penyakit yang disebabkan oleh mimpi adalah alzheimer yang disebut sebagai mimpi terlupakan yang sering dianggap sepele oleh orang banyak. Sayangnya masalah ini juga masih belum terjamah oleh tim ahli medis di seluruh dunia meskipun akibatnya bisa merusak dan mempengaruhi kesehatan mental seseorang.

Naiman juga menyebutkan ada banyak hal yang menyebabkan seseorang tidak bisa bermimpi, contohnya seperti berikut:

  1. Penggunaan table dan gadget yang berlebihan
  2. Menyalakan komputer atau menatap komputer dalam waktu yang lama
  3. Lampu yang terlalu terang atau lampu yang tidak dinyalakan ketika seseorang tidur
  4. Bunyi alarm di sekitar yang juga mempengaruhi kualitas tidur seseorang

Itu adalah penyebab utama kenapa seseorang jarang bermimpi ketika sedang tidur. Bukan hanya itu saja, alkohol yang dikonsumsi oleh seseorang juga menyebabkan seseorang tersebut tidak bisa mendapat mimpi yang ia inginkan ketika tidur, meskipun tidak sedikit dari kita yang menyebutkan bahwa alkohol jugalah yang bisa membuat seseorang tidur dengan nyenyak atau supaya tidak stress lagi.

Alkohol menurut Naiman juga bisa menyebabkan lepasnya hormon yang bisa mengganggu fase tidur  REM atau Rapid Eye Movement. Nah, bagi Anda yang tidak mimpi ketika tidur, ada baiknya mulai waspada dari sekarang. Meskipun tidak mematikan seperti kanker atau sebagainya, namun efek jangka panjangnya sangat mempengaruhi kesehatan seseorang.

Cara Mudah Agar Bisa Tidur Dan Bermimpi

Banyak cara supaya Anda bisa tidur dengan nyenyak dan bermimpi. Salah satunya nyamankan posisi tidur Anda saat itu. Hindari lokasi yang memang membuat tubuh tidak bisa rileks sehingga sulit tidur. Bagi seseorang menyalakan musik relaksasi juga menjadi hal yang menambah kualitas tidurmu. Jadi tidak ada masalah jika mencobanya juga.

Disarankan untuk tidur di awal malam, jangan sering begadang karena biasanya akan sulit untuk tidur seterusnya. Ingat, kesehatan adalah bagian penting dari tubuh kita. Jika kesehatan sudah menghilang tentu saja Anda tidak bisa melakukan aktivitas dengan baik. jaga kesehatan dari sekarang karena pencegahan lebih baik dari pada pengobatan.

Facebook Comments
Artikel Selanjutnya
Load More By Lucy Anike Putri
Load More In Artikel Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Masalah Kesehatan Yang Viral Di Akhir Tahun 2019

Seorang perempuan mengaku terserang tumor payudara karena kebiasaan makan mi instal yang t…