Depan Artikel Kesehatan Kanker Usus, Penyakit Secara Perlahan Mematikan

Kanker Usus, Penyakit Secara Perlahan Mematikan

6 min read
0
0
47
kanker usus

Seperti yang diketahui bahwasannya di dalam tubuh manusia terdiri dari berbagai macam system, yang mana dengan system tersebutlah manusia dapat menjalani hidup dengan normal. Dari seluruh sistem berada dalam tubuh manusia, terdapat satu system yang paling penting yakni system pencernaan. System pencernaan itu sendiri secara garis besar memiliki fungsi untuk mencerna makanan dan menyerap semua manfaat yang ada dari makanan tersebut. Dan merupakan organ yang berperan penting dalam mencerna serta menyerap sari makanan, organ tersebut tak lain adalah usus. Dengan begitu pentingnya organ usus dalam sebuah system pencernaan tubuh, tentunya sangat rawan untuk terkena penyakit. Dan salah satu penyakit yang selalu membayangi usus adalah penyakit kanker usus besar.

Baca juga : Kanker Mulut Yang Sering Diabaikan Para Perokok

Cara Kanker Usus Menyerang

Kanker usus besar itu sendiri adalah perubahan keganasan yang terjadi pada lapisan selaput lendir usus besar, usus besar sendiri terdiri dari Colon dan Rektum sehingga penyakit kanker dalam area usus itu biasa di sebut kanker colorektum. Karena begitu ganasnya penyakit kanker usus besar ini, sehingga menempatkan Penyakit kanker usus besar ini pada peringkat ke tiga setelah penyakit tumor juga kanker serviks.

Penyebab kanker usus besar itu sebenarnya sama seperti penyebab kanker pada umumnya, sebenarnya para medis belum menumukan penyebab dari kanker usus besar ini sendiri atau belum bisa di pasti penyebabnya namun, para medis mengetahui faktor-faktor resiko yang akan meningkatkan terjadinya kanker.

Pada kanker colorektral ini mempunyai beberapa faktor resiko terjadinya kanker ini, antara lain; faktor pola diet tertentu, semisal seringnya mengonsumsi daging merah. Selanjutnya yakni konsumsi alcohol, rokok, konsumsi lemak secara berlebihan terutama lemak hewani, kurangnya aktivitas fisik, dan juga diet rendah serat.

Untuk cirri-ciri kanker usus secara umum berdasarkan apa yang telah di jumpai dari beberapa pasien sangatlah banyak, beberapa di antaranya yang dapat di rasakan adalah antara lain adanya perubahan pada proses buang air besar, dimana feses nantinya mengeras ataupun kesulitan untuk buang air besar. selain itu, kotoran yang di keluarkan itu disertai dengan darah atau lender, perut terasa kembung dan juga tegagng, darah keluar melalui anus maupun dubur, diare yang tidak kunjung sembuh, berat badan turun secara drastic dan lain sebagainya.

Pada penangannan kasus kanker usus ini adalah berdasarkan stadium atau tingkatan dari kanker usus itu, antara lain untuk stadium dini cirri ataupun gejala kanker usus yang terjadi antara lain saat buang air besar disetai dengan darah dan juga lender, terkadang kotoran keras dan sulit di keluarkan dan terkadang pula encer. Sedangkan cirri untuk gejala yang terjadi pada stadium lanjut antara lain ada benjolan pada bagian prut, nafsu makan mulai menurun, darah keluar melaluidubur, terjadi penyumbatan juga penyempitan dari anus.

Apabila ciri-ciri kanker usus ini terbukti positif, dan ternyata mengidap kanker usus, pengobatan dalam penanganan jenis penyakit ini dapat dilakukan dengan pembedahan yang terbagi menjadi 3, antara lain:

  1. Operasi lokal dan polipectomi, akan tetapi bedah ini ini dapat dilakukan saat masih pada stadium awal tidak bisa jika sudah menginjak stadium lanjutan.
  2. Bedah Usus, apabila penderita telah memasuki stadium awal atau telah melakukan operasi local dan polipectomi, maka pada tindakan pengoperasian selanjtnya ini adalah dengan melakukan penyayatan pada perut dan kemudian membuang usus besar yang terkena kanker dan menyambungnya lagi.
  3. Reseksi dan klostomi, pada tahap terakhir ini hanyalah berfungsi sebagai penyembuhan pasca operasi.

Namun, apabila penderita sudah memasuki fase stadium akhir maka akan di lakukan langsung padaa tahap pembedahan serta pengangkaatan usus.

Penyakit ini juga bisa di katakana penyakit mematikan, seperti halnya kanker serviks juga tumor. Karena samapi sat ini sudah cukup banyak korban yang di rengut oleh penyakit ini, rata-rata mereka yang sudah memasuki umur 40 tahun ke atas. Namun, tidak di pungkiri bahwa mereka yang berumur di bawah 40 tahun juga terkena penyakit kanker usus ini.

Artikel Selanjutnya
Load More In Artikel Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

49 Penyakit Kritis, Allianz Siap Menanggung Biayanya

Ada 49 Penyakit kritis yang ditanggung biayanya oleh Allianz Syariah. Penyakit adalah keti…