Depan Artikel Kesehatan Mengendalikan Diabetes Dengan Makanan Sehat Ini

Mengendalikan Diabetes Dengan Makanan Sehat Ini

5 min read
0
437
mengendalikan diabetes

Mengendalikan diabetes .? Bagi penderita diabetes memang harus selalu menjaga pola makan dengan baik. Pasalnya setiap makanan yang masuk ke dalam tubuh, tidak semuanya bisa terporsir dengan baik untuk penderita diabetes. Pola makan menjadi kunci penting untuk mencegah komplikasi penyakit diabetes. Paling tidak memanajemen aturan makan sebaik mungkin agar kondisi tubuh tetap terjaga.

Baca juga : Waspada Terhadap Gejala Penyakit Kencing Manis

Namun tidak semua penderita diabetes mau menghindari berbagai makanan yang menjadi pantangan. Ada baiknya jika makanan tersebut harus dijaga agar jangan sampai diabetes yang dialami semakin parah. Pasalnya kini banyak jenis makanan yang siap saji lebih disukai orang-orang ketimbang makanan sehat lainnya, seperti sayur dan buah-buahan. Nah, inilah makanan sehat yang dapat mencegah dan mengendalikan diabetes.

Jenis Makanan Sehat untuk Mencegah dan Mengendalikan Diabetes

  1. Oatmeal

Nutrisi karbohidrat memang sangat penting untuk penderita diabetes supaya tidak berpengaruh tinggi pada glukosa dalam darah yakni oatmeal. Hal ini karena serat yang terkandung pada oatmeal lebih lambat untuk dicerna oleh tubuh. Maka dari itu, kadar gula darah akan terkontrol baik. Bukan hanya itu, oatmeal juga mengandung magnesium sehingga glukosa mampu melakukan sekresi insulin dengan baik. Adapun jenis oatmeal yang dianjurkan adalah steal cut oats yang termasuk kernel oat agar bisa dipotong menjadi lebih kecil.

  1. Ubi Jalar

Ubi jalar memiliki kandungan berupa antosianin yang termasuk pigmen alami sehingga mampu memberikan kesan warna orange gelap. Pastinya senyawa tersebut merupakan antioksidan yang berfungsi sebagai zat anti peradangan, anti mikroba, dan anti viral. Karena itulah, tak salahnya apabila anda mengonsumsi ubi jalar karena indeks glukosa yang dimiliki lebih rendah. Bahkan ubi jalar juga banyak mempunyak kandungan vitamin A dan serat  cukup tinggi.

  1. Brokoli

Sayuran  brokoli mengandung sebuah senyawa sulforaphane yang akan mampu memperbaiki sekaligus melindungi dinding-dinging dari pembuluh darah terhadap kerusakan kardiovaskular akibat diabetes. Hanya dengan mengonsumsi brokoli yang memiliki kandungan kromium maka para penderita diabetes akan bisa meningkatkan sensitivitas insulin di dalam tubuhnya sendiri.

  1. Ikan

Ikan yang kaya akan kandungan protein bisa menjadikan penderita diabetes merasa lebih kenyang dalam waktu  cukup lama. Tak hanya itu, ikan biasanya anda konsumsi rupanya mengandung  omega 3. Karena itulah,  dapat melakukan proses penyembuhan terhadap peradangan. Ada baiknya anda mengonsumsi ikan dalam keadaan digoreng, dan cepat saji karena mampu meningkatkan komplikasi diabetes.

  1. Blueberry

Satu lagi jenis makanan sehat untuk mencegah diabetes adalah blueberry. Kandungan blueberry yang memiliki serat tidak larut sehingga dapat menghilangkan lemak dari dalam tubuh. Maka dari itu, tubuh akan mampu mengendalikan kadar gula darah di dalamnya. Bahkan  buah blueberry  mengandung antosinin yang termasuk senyawa kimia alami untuk mengecilkan sel lemak sekaligus menstimulasi produksi adiponektin. Dengan begitu bisa meningkatkan kadar adipoknetin untuk menjaga kadar gula darah supaya tetap rendah.

Itu dia  beberapa makanan sehat yang mampu mengendalikan diabetes. Pastikan anda selalu mengecek kadar gula darah secara rutin agar tetap normal.

 

 

Artikel Selanjutnya
Load More By Masroni
Load More In Artikel Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tanda, Gejala dan Penyebab Polio

Polio dalam sejarah telah dibagi menjadi beberapa kategori, terutama tergantung pada bagia…