Depan Artikel Kesehatan 17 Obat Sariawan Alami yang Ampuh dan Mudah Didapatkan

17 Obat Sariawan Alami yang Ampuh dan Mudah Didapatkan

13 min read
0
117
17 Obat Sariawan Alami yang Ampuh dan Mudah Didapatkan

Obat sariawan alami banyak dicari sebagai alternatif proses penyembuhan. Sariawan adalah pembengkakan atau peradangan yang terjadi di daerah seputar mulut serta lidah yang amat mengganggu. Dalam bahasa medis disebut juga dengan istilah stomatitis. Sariawan ini kebanyakan berupa bintik berwarna kekuningan yang menyebabkan ketidaknyamanan. Meski kecil dan tidak terlalu berbahaya atau mengancam nyawa, sariawan ini amat mengganggu aktivitas sehari-hari seperti makan, minum, dan sikat gigi. Cara terbaik untuk menyembuhkan sariawan adalah sesegera mungkin menggunakan obat sariawan alami.

Baca juga : Bahaya Flu Singapura

Alasan penggunaan obat alami adalah karena sariawan bisa menyerang siapa saja. Penyakit satu ini tak mengenal batasan usia. Dari bayi, anak-anak, remaja, dewasa, hingga lanjut usia bisa terkena sariawan. Karena itulah pengobatan alami menjadi alternatif terbaik dan teraman.

Sariawan bisa muncul di lidah, bibir, atau sekitar mulut bagian dalam. Namun di bagian mana pun, sariawan membuat penderitanya kesulitan menelan makanan dan minuman tertentu karena rasa perih dan peradangan yang sangat mengganggu. Bagian yang lebih menyebalkan lagi, jika parah maka sariawan akan ‘nongkrong’ di mulut hingga beberapa minggu dan bahkan  meninggalkan bekas luka.

Penyebab sariawan amat beragam, seperti kekurangan vitamin B12 dan C, serta kekurangan mineral seperti zat besi. Padahal vitamin dan mineral ini berfungsi melindungi kesehatan mulut. Selain itu, sariawan juga bisa muncul karena kurang menjaga kebersihan mulut atau penggunaan salah satu produk pembersih mulut yang tidak cocok.

Bahkan sariawan juga bisa muncul karena masalah iklim dan lingkungan, alergi terhadap makanan, merokok, atau bahkan munculnya virus, bakteri, hingga jamur di mulut dan juga karena terlalu banyak mengonsumsi makanan pedas. Tak hanya itu, sistem kekebalan tubuh yang bermasalah, hormon naik-turun, siklus menstruasi, hingga stress juga bisa menjadi salah satu penyebab timbulnya sariawan.

Contoh Obat Sariawan Alami yang Bisa Ditemukan Di Sekitar Kita

Sebenarnya untuk mengobati sariawan, ada banyak cara mudah. Terutama menggunakan bahan-bahan alami yang ada di sekitar kita. Dengan obat yang gampang didapat di sekitar kita dan aman digunakan, tentu bisa membuat kita terbebas dari penyakit satu ini.

1. Air kelapa

Air kelapa mampu menyembuhkan sariawan mulut karena memiliki sifat elektrolit yang mampu mendinginkan tubuh dan mengatasi panas dalam. Bahkan mengkonsumsi air kepala secara rutin terbukti mampu mencegah adanya dehidrasi.

Air kelapa bisa dikonsumsi dengan takaran satu gelas, minimal 1x sehari. Supaya lebih optimal, bisa juga dikonsumsi 3 kali dalam sehari (pagi-siang-malam). Air kelapa ini bisa hanya untuk berkumur atau bahkan ditelan. Air kelapa merupakan obat sariawan alami paling mudah sekaligus enak tapi juga ampuh.

2. Air garam

Kandungan garam bisa menarik cairan pada luka sariawan sehingga bisa mempercepat kesembuhan. Caranya sangat mudah yaitu mencampur garam dan air hangat, lalu menggunakannya sebagai obat kumur.

3. Baking soda

Baking soda bisa menghilangkan kuman serta bakteri karena memiliki kandungan senyawa aktif. Untuk menggunakan baking soda, bisa dilakukan dengan menambahkan garam yang bisa menarik cairan sehingga mengurangi rasa sakit di luka sariawan.

Cara mengobati sariawan dengan bahan ini yaitu menghaluskan kedua bahan lalu langsung dioleskan di tempat tumbuhnya sariawan. Waktu yang dibutuhkan kurang lebih sepuluh menit. Efek samping yang muncul mungkin akan ada rasa perih, namun kedua bahan ini sebenarnya aman dan bisa memberikan hasil optimal.

4. Pisang dan madu

Pisang dan madu terbukti bisa mengatasi sariawan secara efektif, terutama sariawan di lidah. Cara menggunakannya pun mudah yaitu dengan menumbuk pisang dan madu sampai berbentuk pasta. Setelahnya dioleskan di luka sariawan dan didiamkan selama 10 menit agar meresap sebelum berkumur.

5. Yoghurt

Obat sariawan alami yang terbuat dari fermentasi susu ini mampu menolong keseimbangan bakteri di mulut serta badan. Karena itulah yogurt dapat mempercepat pengobatan serta menolong seseorang terhindar dari sariawan.

6. Buah dan Daun Jambu Biji

Jambu biji memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Dengan makan buah ini secara teratur saja sudah menghindarkan seseorang dari penyakit sariawan. Bahkan, untuk mengobati sariawan selain menggunakan buahnya, bisa juga menggunakan daunnya. Daun jambu biji, terutama yang muda memiliki kandungan yang bisa menghilangkan kuman dan bakteri. Cara mengatasi sariawan dengan daun ini yaitu dengan mencuci dan langsung mengunyahnya selama sepuluh detik sebelum berkumur. Sangat mudah.

7. Bawang Putih

Bahan alami satu ini bisa membunuh semua bakteri pada sariawan dengan kandungan di dalamnya yaitu senyawa abrasif. Cara penggunaanya yaitu dengan dihaluskan lalu ditempelkan di luka sebelum dibilas dengan air hangat. Bawang putih selain mengobati sariawan juga efektif mengatasi gigi berlubang.

8. Kunyit

Kunyit memiliki banyak sekali manfaat, mulai dari dijadikan bumbu, bahan produk kosmetik atau lulur, dan menghilangkan sariawan di mulut. Kandungannya yang berupa anti bakterial dan anti inflamasi pada kunyit tepat untuk mengatasi sariawan. Cara penggunaanya dengan dihaluskan dan dicampur dengan air hangat sampai halus. Setelahnya tinggal dioleskan pasta kunyit ini ke seluruh bagian luka. Lalu diamkan sejenak dan kemudian berkumur sampai bersih.

9. Pepaya Mentah

Pepaya mentah memiliki kandungan yang bisa mematikan kuman penyebab sariawan. Meski memiliki kandungan antiseptik, namun pemakaian obat alami ini harus dibatasi karena getahnya bisa memicu karang gigi.

Cara penggunaanya yaitu dengan mengupas pepaya mentah tersebut dan mengirisnya kecil-kecil. Irisan itu lalu ditempelkan di luka lalu didiamkan sejenak sebelum dibilas dengan berkumur air hangat.

10. Tomat

Cara mengatasi sariawan dengan tomat yaitu dengan cara makan tomat mentah. Bisa juga dengan dibuat jus tomat agar lebih enak.

11. Daun Kemangi

Untuk daun kemangi, cara pengobatannya sama dengan tomat yaitu langsung mengunyahnya. Daun ini juga dinilai cukup efektif untuk mengatasi sariawan.

12. Belimbing Wuluh

Obat sariawan alami berikutnya yaitu belimbing wuluh yang mengandung banyak vitamin C. Cara mengobati penyakit ini dengan belimbing wuluh sangat mudah, yaitu hanya dengan mengunyahnya atau langsung ditempelkan pada luka.

13. Temulawak dan Asam Jawa

Temulawak dan asam jawa selain digunakan sebagai obat sariawan alami, juga banyak digunakan untuk jamu tradisional. Cara pengobatan dengan temulawak yaitu mengiris tipis temulawak, lalu dicampur buah asam jawa dan sedikit gula aren. Ketiganya direbus dengan dua gelas air sampai menyusut menjadi satu gelas. Setelahnya bisa disaring dan diminum.

14. Delima Putih

Ada dua macam buah delima yaitu delima putih dan delima merah. Delima putih inilah yang bisa digunakan sebagai obat untuk sariawan. Caranya dengan mengambil 2 buah delima putih, lalu ditumbuk bijinya hingga halus. Setelah itu direndam dalam segelas air selama 2 hari, lalu gunakan untuk berkumur.

15. Kembang Sepatu

Cara menggunakan bunga ini yaitu dengan merebus daun bunga sepatu dalam air mendidih selama 15 menit. Saring rebusan itu, lalu diminum airnya.

16. Daun sirih hijau

Cara menggunakan obat sariawan alami ini yaitu dengan mengunyah dua lembar daun sirih hijau setelah dibersihkan. Diamkan sejenak sebelum dimuntahkan.

17. Minyak kelapa dan Madu

Selain air kelapa, minyak kelapa juga memiliki kandungan anti bacterial yang dapat membunuh kuman penyebab sariawan. Caranya mengobatinya yaitu dengan menyiapkan 2-3 sendok makan minyak kelapa dan 1 sendok makan madu alami. Kedua bahan dicampur hingga merata dan dioleskan ke luka sariawan. Agar bekerja optimal, diamkan terlebih dahulu selama sebelum dibilas dengan cara berkumur sampai bersih.

Namun jika obat sariawan alami ini ternyata tidak manjur setelah digunakan berhari-hari, maka itu artinya harus segera dibawa ke dokter. Terutama jika sariawan terus muncul secara berulang, semakin membesar, dan menyebar, juga berlangsung selama tiga minggu atau lebih. Saat anda bahkan sudah meminum obat anti nyeri dan masih merasakan nyeri teramat sangat pada sariawan, sudah saatnya periksa dan konsultasikan kepada dokter.

Facebook Comments
Artikel Selanjutnya
Load More By Lucy Anike Putri
Load More In Artikel Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Nyeri Tulang Belakang, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Nyeri tulang belakang ternyata tak semata-mata keluhan yang dirasakan oleh orang tua. Seir…