Depan Artikel Kesehatan Olahraga Saat Puasa yang Dianjurkan

Olahraga Saat Puasa yang Dianjurkan

8 min read
0
115
Pilihan Olahraga Saat Puasa yang Ampuh Turunkan Berat Badan Tanpa Dehidrasi

Ketika kita sedang menjalankan ibadah puasa baik itu puasa wajib atau puasa sunah, tubuh memang akan kekurangan asupan termasuk cairan. Karena itu tubuh akan merasa lemas di detik – detik menjelang berbuka.

Namun hal tersebut tidak boleh menjadi penghalang untuk hidup sehat selama menjalankan ibadah puasa. Olahraga saat puasa tetap harus dilakukan. Namun tentu, bukan olahraga berat yang dianjurkan. Melainkan olahraga yang dianjurkan agar dilakukan selama puasa adalah olahraga yang cenderung ringan.

Baca juga : Kebiasaan buruk setelah berolahraga yang sering dilakukan

Lantas, apa sajakah olahraga saat puasa yang ampuh membantu menurunkan berat badan tanpa dehidrasi selama ibadah puasa dijalankan? Anda bisa cek rekomendasinya di bawah ini!

Pilihan Olahraga Saat Puasa yang Ampuh Turunkan Berat Badan Tanpa Dehidrasi

Jogging

Salah satu jenis olahraga di bulan puasa yang ringan dan bisa dilakukan dengan mudah adalah olahraga jogging. Anda bisa mulai melakukan olahraga yang satu ini kurang lebih selama 10 sampai dengan 15 menit dengan mengelilingi kompleks atau dengan menggunakan treadmill.

Jenis olahraga ringan yang satu ini sangat mudah dan juga tidak butuh biaya yang besar. Sehingga kapanpun dan dimanapun Anda bisa melakukannya. Upayakan ketika jogging Anda lakukan sekitar 2 jam sebelum Anda berbuka puasa. Hal tersebut akan membuat stamina Anda tidak terkuras dibandingkan dengan jogging di pagi hari selama Anda menjalankan ibadah puasa.

Olahraga bersepeda

Olahraga ringan yang satu ini merupakan salah satu jenis olahraga ringan yang sangat menyenangkan. Bersepeda sendiri paling nikmat dilakukan pada waktu sore hari sembari Anda ngabuburit sebelum Anda berbuka puasa.

Ada baiknya agar Anda memilih jalur yang minim kendaraan bermotor supaya Anda bisa bersepeda dengan jauh lebih nyaman dan mengesankan.

Melakukan olahraga kardio

Pada dasarnya jenis olahraga yang satu ini merupakan olahraga yang dapat membantu meningkatkan denyut jantung Anda. Akan tetapi seringkali olahraga kardio digunakan untuk menguruskan badan dan juga menjadi olahraga ringan yang dilakukan untuk mereka yang kebanyakan sedang melakukan diet.

Di bulan puasa, atau di moment puasa apapun termasuk Anda yang menjalankan ibadah puasa sunah dan akan melakukan olahraga kardio, beberapa jenis olahraga kardio yang direkomendasikan untuk Anda jalankan diantaranya seperti high knee, jumping jack dan juga squat.

Jenis olahraga tersebut dijamin akan membuat Anda berkeringat dan aman terhadap puasa Anda. Tipsnya, lakukan olahraga tersebut di sore hari menjelang waktu berbuka agar Anda tidak mengalami dehidrasi dan agar tubuh Anda tidak lemas menjelang berbuka puasa.

Olahraga angkat beban

Jangan Anda membayangkan kalau olahraga angkat beban ini seperti angkat beban bench press. Anda bisa mulai menggunakan beban ringan dari satu kilogram, sampai dengan tiga kilogram setiap olahraga. Sesuaikan bebannya sesuai dengan kemampuan Anda.

Olahraga angkat beban sendiri juga dapat dijadikan sebagai pilihan olahraga ringan di bulan puasa karena menjadi olahraga yang sangat praktis dan juga sangat mudah dilakukan. Jika di rumah Anda tidak punya beban, Anda bisa menggunakan botol aqua atau alat lain sebagai alat pengganti bench pressnya. Dengan begitu olahraga ini bisa dilakukan oleh siapa saja dan kapan saja.

Olahraga yoga

Bagi Anda yang memang ingin olahraga ringan dengan memanfaatkan jiwa dan raga di bulan puasa, Anda bisa melakukan olahraga yoga ini. Olahraga yang satu ini merupakan jenis olahraga yang tidak butuh alat apapun.

Anda bahkan bisa melakukannya diatas matras atau karpet di halaman rumah atau di kamar tidur Anda. Dengan menggunakan matras yoga, olahraga yoga Anda akan semakin menyenangkan dan nyaman karena sudah ada alat yoga yang tepat untuk menunjang aktivitas olahraga Anda.

Olahraga ball crunch

Ball crunch merupakan salah satu kegiatan olahraga ringan yang dapat dilakukan dengan bantuan bola gym. Anda pun bisa meregangkan otot tubuh Anda sehingga tubuh Anda akan lebih fleksibel dan lentur. Olahraga ringan yang satu ini juga menjadi jenis olahraga ringan yang sangat cocok untuk dilakukan di bulan puasa.

Olahraga panjat tebing

Jika Anda merupakan penikmat olahraga super ekstrim, maka Anda bisa mencoba olahraga ringan dengan panjat tebing di bulan puasa. Akan tetapi jika Anda sulit untuk menemukan tempat panjat tebing, Anda bisa melakukannya sendiri di rumah dengan cara telentang. Kemudian gerakkan kaki dan juga tangan Anda serasa sedang memanjat tebing.

Sangat mudah bukan untuk melakukannya? Jika Anda punya bola – bola kecil, Anda juga bisa menggunakannya sebagai alat untuk kemudian menjadi bahan memanjat tebing Anda di rumah. Jadi bola – bola tersebut Anda pegang kemudian lakukan gerakan panjat tebing di lantai.

Itulah berbagai jenis olahraga saat puasa yang ampuh turunkan berat badan tanpa perlu mengalami dehidrasi. Lakukan salah satunya dan jadikan olahraga tersebut sebagai olahraga terbaik Anda.

Facebook Comments
Artikel Selanjutnya
Load More By Lucy Anike Putri
Load More In Artikel Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Balita Obesitas, Bagaimana Cara Mengatasinya?

Ketika Balita Mengalami Obesitas, Bagaimana Cara Mengatasinya? Banyak orang merasa gemas d…