Depan Artikel Kesehatan Penyakit Kanker Hati dan Gejala Awalnya

Penyakit Kanker Hati dan Gejala Awalnya

5 min read
0
0
82
Kanker hati

Penyakit kanker hati, merupakan 10 besar dari penyakit kanker penyebab kematian di dunia. Dari beberapa survey ternyata hamper 350.000 penderita dari kanker hati ini di awali oleh penyakit yang namanya hepatitis B. lalu sekitar 190-200 ribuan orang itu di awali oleh hepatitis C dan hampir sekitar 150 ribu orang, kanker hati itu bisa disebabkan karena konsumsi alcohol yang berlebihan dan juga obesitas alias kelebihan berat badan.

Baca juga : Asuransi Penyakit Kritis Pertama di Indonesia

Gejala Awal Penyakit Kanker Hati

Gejala awal yang di timbulkan dari kanker hati ini biasanya adalah;

  1. Urine berwana gelap, meningkatnya kandungan bilirubin pada darah akibat kanker hati akan di teruskan ke urine. Hal ini menyebabkan urine berwarna kunig gelap atau bahkan berwarna cokelat. Jika anda memperhatikan perubahan warna pada urine anda, maka segeralah periksakan diri dan cari tahu apa yang salah pada kesehatan anda. Bisa jadi ada kanker yang tumbuh pada liver anda.
  2. Ascitis, adalah adanya cairan yang berkumpul di perut. Ini adalah satu gejala awal kanker, peut yang terasa mual dan juga kembung serta diikuti oleh pembengkakan lever adalah salah satu indikasi awal adanya kanker lever.
  3. Sakit perut, pembengkakan dan pembesaran lever akan menyebabkan terasa sakit pada bagian perut. Sakit tersebut juga bisa muncul ketika fungsi lever terganggu. Jika anda mengalami sakit perut yang tidak normal dan berlebih sakit di sertai dengan pembengkakan lever, kemungkinan anda memiliki penyakit lever atau kanker.
  4. Gatal-gatal, jangan salah gatal-gatal juga bisa menjadi salah satu tanda lever bermasalah. Tanda yang satu ini seringkali di abaikan dan di salah artikan sebagai penyakit lain. Kulit yang gatal-gatal di sebabkan oleh meningkatnya billirubin pada tubuh. Fungsi lever yang terganggu akan meningkatkan produksi billirubin dan menyebabkan gatal-gatal pada kuli.
  5. Lever membengkak, hati atau lever terletak pada bagian perut sebelah kanan atas agak ke tengah. Jika lever membengkak, terjadi pelebaran sampai ke bagian tengah perut. Jika terdapat keanehan di perut atau sakit pada bagian itu, sebaiknya segeralah periksakan diri anda ke dokter. Ini adalah salah satu gejala awal penting yang menunjukkan adanya kanker.
  6. Muntah darah akibat batuk juga sering dialami oleh penderita kanker hati, darah tersebut berasal dari organ hati yang sudah terkontaminasi oleh sel-sel kanker, sehingga fungsi hatinya sudah menurun bahkan sudah tidak berfungsi. Gejala seperti itu dirasakan saat penderita menderita kanker lever stadium lanjut. Sehingga kondisi penyakit kanker hati sudah semakin kronis.

Kanker ini adalah salah satu penykit yang menyerang organ terbesar manusia yaitu hati atau lever, di dunia kanker hati adalah kanker paling umum ke 5 di antara kaum laki-laki dan ke 10 diantara wanita. Kanker ini adalah penyebab paling umum ke 2 atas kematian, akibat kanker di seluruh belahan bumi, seletah kanker paru-paru.

Perjalanannya penyakit ini tidaklah instan 1 atau 2 tahun, tergantung kekebalan dari tubuh kita masing-masing. Proses ini perjalanannya cukup panjang, bisa 5-10 tahun atau bahkan 25 tahun suatu sel baru terbentuk pada stadiumnya, itulah makanya sangat dibutuhkan sekali kita selalu general cek up setiap 6 bulan sekali atau 1 tahun seklai. Yang selanjutnya adalah perbaikilah pola hidup anda lebih ke arah yang sehat, seperti berolahraga, memperbaiki asupan energi juga gizi.

Untuk permohonan illustrasi perlindungan asuransi penyakit kritis klik disini

Facebook Comments
Artikel Selanjutnya
Load More In Artikel Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Menghilangkan Karang Gigi, Mencegah dan Caranya

Menghilangkan karang gigi merupakan salah satu masalah yang hampir semua orang menginginka…