Depan Artikel Kesehatan Ketahui Penyebab Serta Bahaya Penyakit Gagal Ginjal

Ketahui Penyebab Serta Bahaya Penyakit Gagal Ginjal

6 min read
1
0
282
penyakit gagal ginjal

Jika berbicara mengenai penyakit kritis tentu saja lumayan banyak macamnya. Salah satunya yakni penyakit gagal ginjal. Penyakit ini merupakan salah satu penyakit yang telah ditandai dengan gagalnya fungsi ginjal pada tubuh manusia. Penyakit gagal ginjal ini adalah sebuah penyakit yang ditandai dengan adanya gagalnya fungsi pada ginjal untuk tubuh manusia. Kondisi gagal ginjal ini sudah bisa terjadi pada orang yang sudah menderita pada penyakit tertentu dan gagal ginjal akan menjadi resiko atau pun bahaya dari penyakit ginjal tersebut. Penyakit ini memang bisa menyerang orang-orang yang tadinya sehat namun tidak merasa sesuatu gejala sehingga bisa menyebabkan kerusakan pada ginjalnya.

Penyakit gagal ginjal ini biasanya dimulai saat ginjal sudah tidak mampu melakukan fungsinya yakni menyaring semua produk seperti halnya limbah dari darah. Tentunya kondisi seperti inilah yang mampu membuat ginjal sama sekali tidak bisa menyaring sehingga akan banyak zat berbahaya yang semakin menumpuk pada ginjal manusia. Apabila kondisi seperti ini terus terjadi tentunya bisa membuat kerusakan pada ginjal semakin parah saja dan bahkan mampu merusak system darah yang ada dalam tubuh. Sebenarnya penyakit gagal ginjal ini bisa dipicu oleh berbagai penyebabnya. Seperti halnya sebagai berikut:

  • Adanya penyumbatan pada bagian ureter sehingga semua limbah tidak bisa keluar.
  • Aliran darah dalam tubuh tidak seimbang.
  • Kerusakan awal pada ginjal namun tidak mendapat perawatan.

Bahaya yang ditimbulkan dari penyakit gagal ginjal

Setelah Anda mengetahui berbagai penyebab dari penyakit gagal ginjal ini tentunya Anda juga harus tahu apa saja bahaya yang bisa ditimbulkan oleh penyakit tersebut. Pastinya penyakit tersebut sangat menakutkan sekali bukan? Banyak para penderita penyakit tersebut harus melakukan cuci darah selama hidupnya. Lantas apa sajakah bahaya penyakit gagal ginjal ini, berikut diantaranya:

  • Pernafasan mengalami kegagalan. Penyakit gagal ginjal ini memang bisa menyebabkan adanya penumpukan berupa cairan pada bagian organ paru-paru manusia. Cairan tersebut nantinya bisa semakin menumpuk pada paru-paru dan bisa menghambat jalannya pernafasan Anda. Sehingga Anda akan sering mengalami nyeri dada bahkan sulit untuk bernafas.
  • Terjadi peradangan pada jantung. Peradangan yang terjadi pada jantung ini memang bisa terjadi saat lapisan yang ada disekitar jantung sudah mengalami peradangan karena adanya infeksi yang terus berlanjut. Infeksi yang telah terjadi ini biasanya disebabkan oleh ginjal yang tidak berfungsi .
  • Fungsi otot mengalami penurunan. Penurunan yang terjadi pada otot ini memang terjadi saat cairannya serta elektrolitnya yang ada dalam tubuh tidak bisa seimbang kembali. Bahkan penurunan pada fungsi otot ini juga mampu membuat tubuh yang tadinya memiliki kalium dengan kadar tinggi mengalami komplikasi.
  • Menyebabkan kematian. Namanya kematian tentu saja bisa saja terjadi dikarenakan telah terjadi komplikasi pada penyakit gagal ginjal yang sudah begitu parah. Inilah salah satu resiko paling tinggi dari penyakit tersebut.

Setelah Anda mengetahui berbagai bahaya penyakit gagal ginjal ini tentu saja Anda harus terus menjaga kesehatan tubuh Anda sebab kesehatan itu sangat mahal harganya. Berusahalah untuk tetap menjalani gaya hidup sehat supaya Anda bisa terhindar dari penyakit gagal ginjal ini. Apalagi saat ini sudah banyak sekali yang mengalami penyakit ini dan harus melakukan cuci darah karena penyakitnya sudah semakin parah.

Kabar baiknya adalah, penyakit gagal ginjal juga merupakan salah satu dari 100 macam penyakit kritis yang dilindungi oleh Allianz Syariah atau AlliSya. Ayo segera maksimalkan perlindungan Anda dan keluarga dengan menjadi bagian dari AlliSya.

Untuk permohonan illustrasi asuransi klik disini

Facebook Comments
Artikel Selanjutnya
Load More In Artikel Kesehatan

Satu Komentar

  1. […] Gagal Ginjal […]

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Menghilangkan Karang Gigi, Mencegah dan Caranya

Menghilangkan karang gigi merupakan salah satu masalah yang hampir semua orang menginginka…