Depan Artikel Kesehatan Penyebab, gejala dan pengobatan bronkitis

Penyebab, gejala dan pengobatan bronkitis

15 min read
0
0
68
Penyebab, gejala dan pengobatan bronkitis

Pengobatan bronkitis dapat dilakukan dengan berbagai macam cara. Bronkitis akut adalah infeksi pada tabung bronkus yang mengarah ke paru-paru yang tahan lama, biasanya kurang dari beberapa minggu. Biasanya terjadi setelah virus flu atau infeksi virus influenza, saat sistem kekebalan tubuh melemah dan paru-paru menjadi jengkel. Bronkiektasis yang tidak mudah tersinggung akan membengkak dan menebal karena tabung bronkial yang sempit atau tersumbat menyebabkan batuk dan bisa menemani dahak.

Baca juga : Asuransi Penyakit Kritis Pertama di Indonesia

Pengobatan bronkitis dapat dilakukan dengan obat pereda nyeri atau penyembuhan tenggorokan over-the-counter, dan beristirahat, minum air hangat, dan rilekskan tabung bronkial Anda. Jika gejalanya parah atau menetap selama lebih dari 1 minggu, Anda harus menemui dokter untuk perawatan yang tepat.

Pengobatan bronkitis (Bronchitis) harus segera dilakukan, jika tidak segera diobati, dapat menyebabkan pneumonia, abses paru, pneumotoraks, maka pengobatan seringkali lebih sulit dan penyakitnya lebih parah.

Gejala bronkitis akut: batuk, dahak, biasanya terjadi 24-48 jam setelah batuk; demam tinggi, menggigil; Rasa sakit atau rasa sesak dada, nyeri di bawah rusuk sesak napas, sesak napas. Mari temukan penyebabnya, gejala dan pengobatan bronkitis pada artikel ini.

Penyebab, gejala dan pengobatan bronkitis

Bagian 1: Kurangi bronkitis secara instan

  1. Minum air hangat

Menambah cukup air merupakan langkah penting saat tubuh melawan infeksi. Air hangat membantu menenangkan tenggorokan, membantu dahak – zat yang Anda batuk saat terkena bronkitis – menjadi lebih ringan dan mudah batuk. Cobalah minuman hangat berikut untuk membantu tubuh mengatasi bronkitis:

Air hangat dengan madu dan jus lemon. Panaskan secangkir air hangat, tambahkan jus lemon dan madu untuk menambah rasa. Madu membantu melindungi dan menenangkan tenggorokan, sementara jus lemon menyediakan vitamin C dan nutrisi lainnya.

Teh krisan, teh mint atau teh herbal lainnya. Terutama, teh khusus digunakan untuk pengobatan sakit tenggorokan. Obat ini juga digunakan untuk menyediakan air bagi tubuh, dan mendukung pengobatan gejala bronkitis.

Sup hangat Sup ayam panas bergizi dan menenangkan. Sup bawang putih juga merupakan pilihan untuk mengobati gejala bronkitis. Sebagai alternatif, cincang bawang putih dengan sedikit minyak zaitun, tambahkan kaldu ayam atau basil sayuran, didihkan dan diminum selagi panas.

Air garam Air garam tidak digunakan untuk minum tapi untuk membilas mulut untuk membantu selaput lendir iritasi. Aduk 1 sendok teh garam dalam 240 ml air hangat. Berkumurlah dengan air garam dan keluar.

  1. Istirahat

Bronkitis adalah infeksi paru-paru yang bisa membuat Anda merasa lelah. Pada titik ini, Anda perlu mendengarkan tubuh Anda dan beristirahat banyak, terutama pada masa-masa awal infeksi, saat Anda merasakan dada sesak dan sesak napas. Ini pertanda paru butuh waktu pemulihan.

Bronkitis kronik kronis kronis, bila penyakitnya paling parah, Anda harus beristirahat beberapa hari. Berbaringlah di tempat tidur atau di kursi, cobalah untuk tidak berjalan kaki agar terhindar dari kelelahan.

Berolahraga dengan infeksi paru-paru bisa membuat penyakit ini memburuk. Hindari berenang, joging, bersepeda atau olahraga yang menyebabkan Anda mengalami sesak napas saat Anda menderita bronkitis.

  1. Oleskan panas ke dada

Bronkitis bisa membuat Anda merasa sakit dada berat, terutama saat Anda batuk secara teratur. Panas bisa membantu meringankan tekanan di dada. Cobalah salah satu dari yang berikut ini:

  • Tuangkan air panas ke dalam botol dan tempatkan di dada.
  • Peras panas di dada. Harus ditempatkan di atas mantel untuk menghindari luka bakar di dada.
  • Tutup selimut listrik.
  • Mandi air panas.
  1. Bernapaslah udara yang lembab dan hangat

Bila paru-paru tersinggung, lembab, udara hangat bisa membantu menenangkan tabung bronkial. Jika tenggorokan kering, paru-paru menjadi lebih jengkel dan memperpanjang infeksi. Cobalah metode bernafas lembab berikut:

  • Gunakan humidifier. Pelembab meningkatkan kelembaban udara di dalam ruangan, dijual di apotek besar.
  • Rebus segelas air di atas api. Air mendidih bisa meningkatkan kelembaban di dalam ruangan.
  • Gunakan tabung semprot untuk menghirup kabut dari garam fisiologis dan kabut dari air yang tersaring.
  • Letakkan mangkuk di atas heat sink. Panas dari heatsink menyebabkan air menguap dan melembabkan udara.
  • Mandi air hangat atau shower. Tutup pintu shower sehingga bisa menghirup udara lebih lembab.
  1. Hindari asap rokok dan agen iritasi paru

Bila Anda menderita bronkitis, bernapas dengan asap rokok bisa menyebabkan batuk yang menyakitkan. Diare memperlambat pemulihan paru-paru. Karena itu hindari merokok atau menghirup asap. Selain itu, hindari iritasi paru-paru berikut:

 

  • Daerah polusi yang berlebihan seperti terlalu banyak mobil jalanan;
  • Tinta itu memiliki bau kimia yang kuat, seperti di pabrik, salon rambut dan pompa bensin.
  1. Batuk

Bila Anda menderita bronkitis, batuk bisa membantu mendorong infeksi dari paru-paru. Batuk berdahak adalah gejala yang normal. Di sisi lain, mengkonsumsi obat bebas yang menekan batuk dapat menyebabkan paru-paru pulih lebih cepat.

Jika Anda merasa batuk atau batuk terus menerus, Anda harus menemui dokter untuk memastikan Anda tidak memiliki masalah lain selain bronkitis. Biasanya, pneumonia dan bronkitis memiliki gejala yang sama. Jadi, temui dokter Anda untuk mengetahui penyakit yang tepat untuk pengobatan bronkitis.

Sama sekali tidak ada obat bebas yang menekan batuk tanpa berkonsultasi dengan dokter Anda.

Bagian 2: Home remedies

  1. Mengambil penghilang rasa sakit over-the-counter

Obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID) yang mengandung aspirin atau ibuprofen dapat mengurangi rasa sakit akibat infeksi di paru-paru.

Catatan: Jangan overdosis melebih dosis yang dianjurkan.

  1. Lakukan perawatan tenggorokan

Di sisi lain, Anda masih bisa minum obat untuk mengobati sakit tenggorokan. Beli obat benzocaine tanpa resep untuk menghilangkan iritasi tenggorokan. Obat itu dalam bentuk sirup dan permen.

Gunakan obat batuk alami. Permen batuk turun dari bahan alami seperti madu dan lemon yang dijual di toko makanan kesehatan. Jika mau, Anda bisa membuat sendiri batuk permen Anda sebagai berikut:

Tuangkan setengah cangkir madu dan beberapa tetes minyak esensial mint atau eukaliptus ke dalam panci kecil.

Letakkan panci di atas api cukup, jangan terlalu besar. Aduk terus sampai campuran mendidih.

Gunakan termometer khusus (termometer permen, selai) untuk memeriksa suhu sarang lebah. Matikan dapur saat campuran mencapai 150 derajat celcius – suhu madu mengeras saat didinginkan.

Tambahkan satu sendok makan madu dan letakkan di baking tray. Tunggu campuran keras yang digunakan untuk menenangkan tenggorokan.

  1. Gunakan bahan alami untuk pengobatan bronkitis kronis

Bahan alami dapat membantu menunjang bronkitis kronis, bila masalah terus berlanjut. Dalam kasus tersebut, tumbuh-tumbuhan seperti Adhatoda vasica, Hedychium spicatum, Curcuma longa, Terminalia belerica, Ocimum sanctum dan glicra Glycyrrhiza, Ini bisa menenangkan mukosa bronkial, mencairkan lendir dan mengeluarkan lendir dari paru-paru, dan sekaligus mengurangi gejala batuk terus-menerus yang disebabkan oleh iritasi.

Selain itu, ramuan seperti jahe (Zingiber officinale), lada (Piper nigrum), lada panjang (Piper longum), lutein (Tinospora cordifolia) dapat membantu memperbaiki sistem kekebalan tubuh pada penderita bronkitis kronis. . Ramuan ini mencegah bronkitis biasa.

Catatan: Bahan alami belum diuji dan diuji sebagai obat dan mungkin tidak mengandung bahan yang tercantum pada kemasannya.

Bagian 3: Dapatkan perawatan medis untuk perawatan

  1. Tahu kapan harus mencari perawatan medis

Bila Anda menderita bronkitis, biasanya tubuh Anda pulih sekitar 1 minggu. Namun, ada kasus dimana paru-paru tidak bisa menekan infeksi yang menyebabkan infeksi. Karena itu, Anda harus segera menemui dokter jika memilikinya:

Apakah Anda memiliki masalah kesehatan yang mempengaruhi kemampuan Anda untuk pulih dari infeksi?

  • Batuk terlalu banyak saat tidur;
  • Batuk darah;
  • Merasa sangat lemah sehingga saya tidak bisa batuk;
  • Batuk terus menerus dengan atau tanpa dahak;
  • Perhatikan bahwa dahak secara perlahan menebal;
  • Batuk berlangsung lebih dari seminggu dan tidak terasa lega;
  • Demam berlangsung lebih dari beberapa hari;
  • Merasa kehilangan kesadaran atau kesulitan bernafas.
  1. Minum obat untuk menekan batuk jika Anda tidak bisa tidur

Jika Anda batuk atau dapat menyebabkan rasa sakit yang parah, dokter Anda mungkin meresepkan atau merekomendasikan obat bebas untuk menekan batuk. Batuk terus-menerus dari waktu ke waktu akan membuat tubuh Anda kelelahan, jadi dokter Anda mungkin akan memutuskan untuk menggunakan penekan batuk yang lebih baik untuk kondisi Anda.

  1. Tentukan apakah Anda memiliki infeksi

Bronkitis biasanya disebabkan oleh infeksi virus namun karena iritasi paru-paru, penyakit ini bisa membuat tubuh lebih rentan terhadap infeksi selama penyakit. Jika infeksi dikonfirmasi, dokter mungkin meresepkan antibiotik. Antibiotik membantu mengobati infeksi tapi tidak mengobati penyebab bronkitis.

  1. Tentukan apakah Anda menderita bronkitis kronis

Bronkitis kronis adalah infeksi paru-paru kronis yang berlangsung selama beberapa tahun, dengan gejala yang dapat diatasi atau diperburuk. Bronkitis kronis biasanya disebabkan oleh merokok atau inhalasi berulang faktor lain yang mengganggu paru-paru.

Jika Anda menderita bronkitis kronis, sebagai langkah awal pengobatan bronkitis, dokter Anda mungkin meresepkan bronkodilator kolinergik atau obat steroid untuk membantu mengendurkan paru-paru yang dikontrak.

Jika tubuh Anda tidak bisa mengantarkan oksigen ke darah Anda, dokter Anda mungkin menyarankan penggunaan terapi oksigen, seperti menggunakan oksigen di rumah.

Selain itu, dokter Anda mungkin merekomendasikan program rehabilitasi paru – program pernapasan yang diberikan oleh terapis.

Facebook Comments
Artikel Selanjutnya
Load More In Artikel Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Sayuran Terbaik untuk Diet yang Menakjubkan

Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang sayuran terbaik untuk diet. Mempunyai tub…