Depan Artikel Kesehatan Penyebab Hepatitis yang perlu diketahui

Penyebab Hepatitis yang perlu diketahui

5 min read
0
117
Penyebab Hepatitis yang perlu diketahui

Ada dua penyebab utama hepatitis: viral dan non-viral. Memahami penyebabnya akan membantu Anda mencegah dan mengobati hepatitis secara lebih efektif.

Apa kemungkinan Anda menderita hepatitis?

Hepatitis virus adalah penyakit spesifik yang mempengaruhi fungsi hati. Ini juga merupakan salah satu faktor risiko utama untuk kanker hati. Ini juga bisa disebabkan oleh penyalahgunaan alkohol atau dengan menghabiskan sistem kekebalan Anda. Perilaku ini meningkatkan risiko hepatitis Anda:

  • Menyuntikkan obat-obatan. Berbagi jarum dapat memudahkan Anda untuk terinfeksi virus. Anggota secara teratur memantau hepatitis periodik di pusat-pusat HIV. Mereka melakukan tes 3 bulan untuk memastikan bahwa pengguna narkoba suntikan tidak terinfeksi hepatitis;
  • Infeksi HIV. Jika Anda terinfeksi HIV melalui berbagi persediaan medis seperti jarum, infeksi virus berdarah atau seks yang tidak aman, risiko hepatitis meningkat. Namun, bahaya cairan tubuh menempatkan Anda dalam bahaya daripada status HIV;
  • Tato, tindik dan aktivitas tanpa kontak lainnya. Jika Anda berniat memiliki tato, tindik atau bahkan akupunktur tanpa menggunakan jarum bersih, risiko hepatitis dan penyakit lain yang ditularkan melalui darah seperti HIV akan meningkat secara signifikan;
  • Seks yang tidak terlindungi (baik anal dan oral). Meskipun hepatitis A dan E terutama disebarkan oleh makan makanan dan air yang terkontaminasi, seks oral atau anal dapat menyebarkan virus hepatitis;
  • Tinggal bersama seseorang yang menderita hepatitis;
  • Jadilah pekerja perawatan kesehatan. Jika Anda seorang pekerja perawatan kesehatan, Anda berisiko terpajan tinggi dari darah pasien dan peralatan perawatan kesehatan, seperti jarum;
  • Jika Anda bepergian ke luar negeri, Anda mungkin terpapar dengan air yang tidak aman dan itu juga bisa menjadi penyebab infeksi virus hepatitis.

Mengapa Anda bisa mendapatkan hepatitis non-viral?

Hepatitis non-viral termasuk hepatitis karena penyalahgunaan alkohol atau hepatitis autoimun. Untuk setiap jenis, Anda perlu melihat lebih dekat penyebabnya.

  1. Hepatitis beralkohol

Anda bisa mendapatkan hepatitis alkohol jika Anda minum terlalu banyak alkohol. Namun, mekanisme cedera ini belum diklarifikasi. Alkohol menyebabkan hati membengkak dan meradang. Agen beracun lainnya termasuk penyalahgunaan obat atau paparan racun.

  • Tubuh menyerap alkohol dan kemudian mengubahnya menjadi zat beracun;
  • Bahan kimia beracun menyebabkan pembengkakan dan penghancuran sel-sel hati;
  • Seiring waktu, jaringan parut menggantikan jaringan hati yang sehat, meninggalkan hati tidak dapat berfungsi secara efektif;

Sirosis adalah tahap terakhir penyakit hati alkoholik.

Faktor-faktor lain yang dapat berkontribusi atau memperburuk hepatitis alkohol termasuk:

  • Jenis hepatitis. Jika Anda minum alkohol, bahkan dalam jumlah sedang, ketika Anda menderita hepatitis C, risiko penyakit akan berkembang menjadi sirosis.
  • Kekurangan nutrisi berkontribusi terhadap kerusakan hati. Mereka yang minum banyak sering kurang gizi, karena mereka makan dengan buruk atau karena alkohol dan komponennya mencegah tubuh menyerap nutrisi.
  1. Hepatitis autoimun

Sistem kekebalan biasanya menyerang virus, bakteri, dan patogen lainnya. Sistem kekebalan tubuh dapat membingungkan hati sebagai objek berbahaya dan mulai menyerangnya, menghambat aktivitas hati dan menyebabkan hepatitis.

Baca juga : Cara mengobati hepatitis C

Dokter telah mengidentifikasi dua bentuk utama hepatitis autoimun:

  • Tipe 1: Ini adalah tipe yang paling umum dan dapat terjadi pada semua usia. Sekitar setengah dari orang dengan hepatitis tipe 1 autoimun memiliki gangguan autoimun, seperti penyakit celiac, rheumatoid arthritis atau kolitis ulserativa.
  • Tipe 2: Meskipun tipe hepatitis 2 autoimun dapat berkembang pada orang dewasa, penyakit ini paling sering terjadi pada anak-anak dan remaja. Penyakit autoimun lain juga dapat dikaitkan dengan jenis hepatitis autoimun.

Ketika Anda memahami penyebabnya, Anda akan tahu cara mencegah penyakit untuk diri sendiri dan keluarga secara efektif.

Artikel Selanjutnya
Load More By Lucy Anike Putri
Load More In Artikel Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Diagnosis, Perawatan dan Pengobatan Penyakit TBC

Penyakit TBC termasuk salah satu dari berbagai macam sakit kritis. Reaksi tuberkulosis ada…