Depan Artikel Kesehatan Cara Praktis Menurunkan Berat Badan Saat Tidur

Cara Praktis Menurunkan Berat Badan Saat Tidur

5 min read
0
278
Menurunkan berat badan

Menurunkan berat badan bisa lewat berbagai cara, bahkan saat kita tidur pun. Tentunya manfaat yang didapatkan akan semakin maksimal saat kita bisa menjaga pola makan yang tepat. Cara ini sangat cocok bagi Anda yang malas keluar rumah untuk berolahraga atau pergi ke gym.

Cara Menurunkan Berat Badan Saat Tidur

Langsung saja simak cara praktis menurunkan berat badan saat tidur berikut ini :

  1. Matikan lampu saat tidur

Kondisi kamar yang gelap bisa membuat tubuh banyak menghasilkan melatonin. Menurut riset univeristas kedokteran menyebutkan bahwa fungsi kadar melatonin akan meningkatkan produksi brown fat atau lemak coklat yang dapat membakar kalori.

  1. Mendinginkan suhu ruangan

Bagaimana bisa dengan mengatur suhu ruangan kamar Anda bisa menurunkan berat badan? Penelitian lainnya menyebutkan kalau seseorang tidur di dalam ruangan dengan suhu 18 derajat celcius akan membakar 7 persen lebih banyak kalori dibandingkan tidur dalam ruangan hangat. Aturlah AC kamar Anda sebelum tidur, namun tetap dalam suhu yang tidak terlalu dingin dan tetap gunakan selimut yang hangat.

  1. Matikan gadget kita

Tahu kah Anda? Ternyata cahaya yang dipancarkan dari gadget Anda ternyata bisa menghambat produksi hormon melatonin, lho! Sebuah penelitian yang dilakukan di terhadap 100 orang mengungkapkan hasil surveinya bahwa menonton televisi hingga larut malam bisa meningkatkan kadar triglicerida atau lemak darah.

Hal ini bisa menghambat produksi adiponectin atau pengatur glukosa dalam tubuh yang meningkatkan risiko diabetes. Jadi lebih baik matikan semua gadget dan televisi Anda saat mau tidur, ya!

  1. Minum susu tinggi protein

Faktanya, minum susu dengan kandungan 30 gram protein sebelum tidur bisa membakar kalori dibandingkan yang tidak. Selain itu, minum susu tinggi protein juga bisa memperbaiki otot yang cedera saat berolahraga, sehingga rasa pegal bisa mereda keesokan harinya. Anda bisa memilih susu rendah lemak namun tinggi protein dan meminum segelas sebelum Anda tidur.

  1. Hindari Makanan Instant sebelum Tidur

Makanan instant seperti mie atau makan kemasan dan makanan cepat saji tergolong makanan yang wajib dihindari saat Anda diet menurunkan berat badan. Karena selain mengandung kalori yang kelewat tinggi, makanan ini juga menagandung terlalu banyak garam dan bahan pengawet yang berbahaya untuk kesehatan terlebih makanan instant susah untuk dicerna tubuh, akibatnya jika malam hari Anda mengonsumsinya maka Akan berdampak kenaikan berat badan serta energi Anda saat tidur akan dipakai untuk mencerna makanan instant tersebut.

  1. Minum Air Putih

Setiap orang harus minum air putih minimal delapan gelas per hari. Untuk  Anda yang sedang program diet, aturan ini pun juga berlaku. Karena selain tubuh tetap terhidrasi dengan baik kebutuhan cairannya, lambung akan terasa penuh sehingga rasa lapar berkurang. Air putih juga potensial membuang sisa kalori dan lemak dalam tubuh dalam bentuk urine ketika Anda tidur.  Minum air putih hangat sebelum tidur juga dapat membuang dan meluruhkan lemak ketika Anda terbangun dari tidur.

Baca juga : Membersihkan Paru-Paru Dengan Makanan Dan Minuman Ini

Nah itulah cara menurunkan berat badan saat tidur yang bisa Anda maksimalkan, namun jangan lupa cara tersebut juga harus diimbangi dengan pola hidup sehat lainnya seperti makan seimbang, olahraga dipagi hari secara teratur, tidak merokok dan minuman keras, menghindari stres serta menerapkan pola hidup sehat lainnya. Semoga bermanfaat.

Artikel Selanjutnya
Load More By Masroni
Load More In Artikel Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tanda, Gejala dan Penyebab Polio

Polio dalam sejarah telah dibagi menjadi beberapa kategori, terutama tergantung pada bagia…