Depan Artikel Kesehatan Tanda dan gejala penyakit hepatitis C

Tanda dan gejala penyakit hepatitis C

4 min read
0
43
Tanda dan gejala penyakit hepatitis C

Hepatitis C adalah penyakit serius yang disebabkan oleh virus hepatitis. Hepatitis C tidak hadir hingga di usia lanjut. Faktanya, banyak orang tidak tahu bahwa mereka menderita hepatitis hingga beberapa dekade kemudian untuk melihatnya melalui tes kesehatan secara berkala, pada saat hati sangat rusak.

Baca juga : Cara mengobati hepatitis C

Bagaimana Anda tahu tentang tanda dan gejala hepatitis C?

Sekitar 80% orang dengan hepatitis C akut tidak menunjukkan gejala. Namun, dalam beberapa kasus mereka mungkin menunjukkan gejala setelah infeksi selama beberapa waktu.

Gejala-gejala ini mungkin ringan tetapi mungkin berat untuk beberapa orang, termasuk demam, kelelahan, anoreksia.

Sekitar 20-30% orang menunjukkan tanda-tanda hepatitis C tepat setelah infeksi, misalnya:

  • Lelah;
  • Mual atau muntah;
  • Nyeri perut;
  • Mencapai seluruh tubuh;
  • Inkontinensia urin abnormal atau defekasi;
  • Penyakit kuning atau menguning mata;
  • Urin gelap;
  • Gatal;
  • Perubahan persepsi atau koma;
  • Hemoragi di dalam tubuh.

Gejala awal akan muncul dalam 6 hingga 7 minggu setelah terpapar virus hepatitis C. Namun, yang lain mungkin melihat gejala untuk jangka waktu yang lebih lama. Misalnya, mungkin diperlukan waktu 6 bulan hingga 10 tahun atau lebih sebelum Anda memperhatikan gejalanya, karena butuh bertahun-tahun bagi virus untuk menyebabkan kerusakan hati.

Anda hampir tidak dapat melihat keberadaan virus hepatitis di tubuh Anda dan apakah Anda menderita hepatitis atau tidak, berdasarkan gejala sehingga Anda perlu menjalani tes untuk memeriksanya. Setelah dokter Anda menerima hasil tes darah Anda, mereka mungkin merekomendasikan biopsi hati untuk menentukan apakah Anda memiliki hepatitis C kronis.

Tindakan apa yang membantu Anda mencegah hepatitis C?

Anda perlu mengambil tindakan pencegahan untuk melindungi diri dari hepatitis C, karena sulit untuk menyimpulkan bahwa Anda memiliki penyakit jika hanya berdasarkan gejala. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah melakukan hubungan seks dengan aman. Jika Anda ingin mendapatkan tato atau tindik, pastikan staf menggunakan jarum steril dan bersih. Anda tidak berbagi jarum atau pisau cukur dengan yang lain. Juga, cuci tangan Anda setelah menggunakan toilet.

Temui dokter Anda segera jika Anda memiliki tanda dan gejala hepatitis. Jika Anda tidak mengambil perawatan tepat waktu dapat menyebabkan sirosis. Anda perlu membuat janji dengan dokter Anda jika anggota keluarga Anda sakit karena perawatan. Jika Anda bepergian ke negara di mana penyakit ini lazim, berhati-hatilah karena Anda juga berisiko terinfeksi.

Anda bisa terkena hepatitis C tanpa mengetahuinya karena mereka tidak memiliki gejala atau diagnosis. Kadang-kadang, hepatitis C memiliki banyak tanda yang terkait dengan banyak penyakit lain, seperti flu.

Artikel Selanjutnya
Load More By Lucy Anike Putri
Load More In Artikel Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Ini Dia Kelainan Khusus yang Sering Menyerang Balita

Kelainan khusus yang terjadi pada balita bukan tergolong penyakit. Melainkan kondisi tubuh…